Tanya

Atap dak rumah saya terdeteksi bocor. Saya sudah cek bagian atas atap dak, tetapi saya tidak menemukan adanya masalah. Apa yang harus saya lakukan? Produk apa yang tepat untuk mengatasi dak atap rumah saya yang bocor?

Hendri Syah Putera, BSD

Jawab

Dear Pak Hendri Saputra,

Kebocoran pada dak memang sulit terdeteksi. Titik bocornya di A, sumber bocornya belum tentu di tempat tersebut. Air bisa merambat melalui celah yang ada di dalam dak beton. Jika memang sudah dicek dan tidak terdeteksi, Anda harus memproteksi semua permukaannya.

Caranya, lapisi semua permukaan dak atap dengan waterproofing. Anda bisa menggunakan campuran Ultraproof, semen, dan pasir halus dengan perbandingan 1:1:4, lalu aplikasikan adukan setebal 2-4 mm. Perhatikan juga kemiringan permukaannya, minimal 20 yang diarahkan langsung ke saluran pembuangan. Bagaimanapun, air tak boleh menggenang di atas permukaan dak karena rentan membuat atap dak bocor.

Atau, Anda bisa menggunakan produk Ultralastic UL-920, yaitu semen mortar waterproofing 2 komponen yang dapat melindungi bangunan dari bocor. Lapisan semen mortarnya sangat elastis dan berdaya rekat kuat, sehingga tidak mudah retak. Hanya saja, Anda wajib menambahkan plesteran atau keramik sebagai pelindung Ultralastic UL-920 karena produk ini tidak tahan UV.

Gambar Boks 1a.JPG

Kemiringan 20

Pasangan Keramik/plesteran

Ultralastic UL-920

Dak beton

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Tidak Ada Berita Terkait!