Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya boneka barbie. Boneka yang pada awalnya diproduksi oleh perusahaan Amerika, Mattel, pada Maret 1959 ini mampu menyihir banyak orang di seluruh dunia. Tak hanya anak perempuan, orang dewasa pun banyak yang menyukai boneka barbie. Daya pikat inilah yang menginspirasi banyak orang untuk membuat karya boneka sejenis, termasuk aksesori pendukungnya. Salah satunya, yang dibuat oleh Rocky.

Sejak 1988, Rocky mulai menggeluti bisnis pembuatan “Rumah Barbie” yang berlokasi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Awalnya, ia menggeluti bisnis rumah barbie ini sebagai sebuah keisengan belaka karena melihat banyaknya penggemar boneka barbie. Berawal dari keisengan, Rocky merasa lama-kelamaan bisnis ini memiliki daya pikat tersendiri dan sangat menjanjikan. Apalagi, di masa liburan kenaikan kelas atau menjelang Hari Raya Natal. Omset yang ia terima, bisa melonjak tajam. Dari sinilah, ia pun mulai serius menjalankan bisnis pembuatan rumah barbie ini.

Walau terinspirasi dari boneka barbie, apa yang dibuat Rocky berbeda dengan barbie buatan dari Amerika. Rocky lebih fokus ke pembuatan rumahnya dibandingkan ke bonekanya. Jika diperhatikan secara seksama, rumah barbie yang dibuat Rocky pun beda dan memiliki karakteristik tersendiri. Rocky mengandalkan kreativitas dirinya dan selalu mengedepankan prinsip dimana harus membuat mainan yang aman bagi buah hati tercinta. Itulah mengapa, bisnisnya terus berkembang hingga saat ini.

Menggunakan produk Acrylux untuk finishing coating rumah barbie

Berbicara mainan aman bagi anak-anak, ada 3 hal yang Rocky selalu perhatikan. Pertama, memilih desain yang tidak berbahaya bagi anak-anak. Misal, menghilangkan sudut tajam yang bisa melukai anak-anak, meminimalisir paku, dan membuat standar kehalusan pada permukaan. Kedua, memilih bahan baku yang berkualitas. Bahan baku yang digunakan Rocky menggunakan HMR yang memiliki karakteristik kuat, padat, dan halus pada permukaannya. Ketiga, memilih finishing yang tak hanya indah, tetapi aman dan ramah bagi anak-anak.

Ketiga hal di atas menjadi harga mutlak yang tidak bisa ditawar. Bahkan, Rocky sangat konsen terutama dalam memilih finishing beserta ragam warnanya. “Sebagus apapun desain kalau warnanya gak bagus dan gak aman, hasilnya gak akan maksimal,” ucap Rocky. Ia pun kini mempercayakan finishing catnya dengan menggunakan Acrylux, yakni cat serba guna berbahan dasar air (waterbased) dan berkualitas tinggi yang diformulasikan secara khusus untuk interior dan eksterior. Dengan keunggulannya bisa ditinting membuat pengrajin seperti Rocky ini bisa meng-custom warna yang diinginkan.

“Saya berterima kasih kepada Propan, karena berkat Cat Acrylux rumah barbie saya terlihat lebih premium dan aman bagi anak-anak. Dulu saya menggunakan cat 2 komponen dengan tiner, cat tersebut mengganggu karena aromanya sangat menyengat. Banyak customer juga tidak menyukai aromanya dan tidak ramah bagi anak-anak tauapun lingkungan sekitarnya,” ungkap Rocky.

Setelah 4 tahun mengenal produk Acrylux, Rocky mengatakan bahwa kini rumah barbienya semakin berkelas dan berkualitas karena bebas bahan kimia berbahaya. Belum lagi banyaknya pilihan warna yang ditawarkan dengan keunggulan dapat ditinting, membuatnya tidak perlu mencampur warna secara manual. Beliau mengatakan bahwa pasar internasional semakin percaya dan tidak ragu membeli Rumah Barbie produksinya.

Furnitur barbie menjadi pelengkap rumah barbie

Selama 32 tahun berdiri, Rocky sudah memiliki 10 pilihan Rumah Barbie dengan range biaya mulai dari Rp450.000 yaitu Tipe Osaka sampai Rp2.500.000 untuk Tipe Super Classic. Rumah Barbie juga menyediakan jasa custom baik dari segi ukuran maupun bentuk yang customer inginkan. Selain itu Rumah Barbie juga menjual furnitur boneka, seperti kursi, meja, tempat tidur, cermin dandan, westafel, dan lain lainnya, yang dijual mulai dari Rp45.000.

Rumah Barbie dipasarkan secara online melalui website, instagram, dan market place yang ada, saat pandemi ini penjualan Rumah Barbie tidak mengalami penurunan bahkan bertambah seiring kebiasaan masyarakat yang berdiam di rumah. Masyarakat jadi berbondong-bondong membeli mainan anak yang aman untuk mengisi waktu luang di rumah. Target pasar Rumah Barbie ini adalah kolektor rumah barbie dan anak-anak, baik pasar lokal maupun internasional. Oleh karena itu kualitas dari Rumah Barbie haruslah tinggi.

Bapak Rocky dengan berbagai macam pilihan rumah barbie miliknya

“Inovasi harus tetap ada, baik dari kualitas produk yang digunakan maupun gaya ataupun warna Rumah Barbienya, hal ini dilakukan agar pasar kita akan selalu tertarik membeli produk yang kita buat.” tambahnya.

Ke depannya beliau ingin membuka showroom Rumah Barbie di Tanjung Barat. Jadi customer bisa mengunjungi showroom tersebut untuk melihat berbagai macam pilihan rumah barbie yang ada. Sukses buat Pak Rocky semoga makin menginspirasi generasi muda untuk terus bekerja keras!

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Nama Toko Cat Hartono Jaya kini semakin popoler dan diperhitungkan…