Pusing dengan kondisi dinding eksterior yang retak-retak hingga menyebabkan air masuk ke dalam bangunan? Perbaiki saja dengan Decorflex DF–97, yaitu cat dinding elastomeric yang dapat melindungi dinding eksterior bangunan atau rumah dari retak dan pengaruh perubahan cuaca.

Retak termasuk masalah yang banyak terjadi pada dinding eksterior bangunan atau rumah. Lokasinya yang berada di area luar dan bersentuhan langsung dengan cuaca, membuat area ini rentan retak. Kondisi ini semakin diperparah dengan proses penggunaan material dan pengerjaan pembangunan di bawah standar. Misal, penggunaan pasir yang tidak bersih dan mengandung lumpur/tanah, plesteran belum kering sempurna (menyusut maksimal) tetapi sudah dilakukan pengacian dan pengecatan, serta masih banyak lagi. Agar tak terjadi masalah ini, Anda harus menerapkan standar pekerjaan se-ideal mungkin.

Perlu Anda ketahui, retak ini tak semuanya muncul di awal pembangunan. Retak bisa muncul dalam rentang waktu tertentu setelah pengerjaan. Inilah yang perlu Anda waspadai. Walaupun bangunan sudah menggunakan cat eksterior tahan cuaca, retak bisa muncul kapanpun dan terlihat pada lapisan cat yang ikut retak. Oleh karena itu, dibutuhkan material cat yang memiliki kemampuan lebih, terutama dari sisi elastisitas agar retak yang terjadi pada plesteran atau acian tetap tidak nampak di permukaan bangunan.

 

Dinding retak-retak menjadi masalah banyak terjadi pada bangunan saat ini. Selain mengurangi keindahan, dinding retak-retak juga dapat menjadi sumber bocor.

 

Untuk memenuhi kebutuhan khusus ini, Propan menyediakan produk bernama Decorflex Durable Elastomeric Exterior Wallpaint DF–97 (Decorflex DF-97), yaitu cat tembok elastomeric yang dapat melindungi tembok eksterior dari berbagai hal. Produk ini dapat menutupi retak dan mencegah rembesan air ke dalam tembok karena terbuat dari bahan elastomeric acrylic polymer yang fleksibel dan elastis.

Terkait elastisitas produk ini pun sudah teruji. Produk ini memiliki koefisien elongation (kemampuan elastisitasnya) hingga 200%. Misal, pada kondisi dinding normal (tanpa retakan) diaplikasikan cat ini dengan tebal 140 mikron, maka cat ini bisa menutupi retak rambut sampai 280 mikron. Ini yang membuat cat Decorflex DF-97 mampu menutup retak dan mencegah rembesan air hujan masuk ke dalam tembok

The Pakubuwono Residence Jakarta, salah satu bangunan prestisius yang menggunakan produk Decorflex DF-97.

 

 Cat Decorflex DF-97 juga tahan terhadap cuaca minimal 8 tahun. Ketahanan jangka panjang ini telah dibuktikan di berbagai proyek besar yang pernah menggunakan cat ini, seperti WTC Mangga Dua Jakarta (2003); The Pakubuwono Residences Jakarta, sebanyak 5 tower (2004); The Belleza, Permata hijau, Jakarta, 3 tower (2005); Setiabudi Residence, Kuningan, Jakarta (2006), The Pakubuwono House Jakarta(2013), Jogja Plaza Hotel, Jogjakarta (2006); dan masih banyak lagi. Ya, produk ini masih tetap melindungi dan mempercantik bangunan walau sudah berumur di atas sepuluh tahun.

Aplikasinya pun mudah. Tahapannya sebagai berikut.

  1. Pastikan permukaan dinding kering sempurna. Untuk lebih yakin, ukur kadar air di tembok dengan alat Protimeter (≤ 16%) dan kadar alkali dengan menggunakan Universal pH Indikator (pH 7-8). Jangan lupa untuk membersihkan dinding dan memastikannya bebas dari debu atau kotoran lainnya.
  2. Lapisi dinding dengan cat dasar menggunakan Decor Alkali Resisting Primer AS-310. Diamkan selama 2 jam hingga cat mengering.
  3. Lapisi dengan cat Decorflex DF-97 ke seluruh permukaan dinding sebanyak 2-3 lapis. Selang waktu pengecatan minimal 2 jam (pada suhu 300C).

Yang makin membuatnya menarik, cat berbasis water based ini tidak mengandung logam berat dan rendah kandungan kimia organiknya. Tak heran, jika cat ini mendapatkan sertifikat Green Label Singapore sebagai cat berkualitas yang ramah lingkungan. Dengan segala kelebihannya ini, gunakan selalu cat Decorflex DF-97 untuk cat eksterior bangunan dan rumah Anda.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Tidak Ada Berita Terkait!