Saat ini, bangunan dan perumahan dengan arsitektur dan design kayu masih banyak diminati karena mampu menambah kesan kuat dan kokoh, serta dekat dengan alam. Namun, saat ini penggunaan material kayu pada bangunan-bangunan sudah semakin jarang karena jika dilihat dari harganya, kayu yang menjadi material utama sudah relatif mahal. Material lain yang dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan visual seperti kayu alami selain kayu asli adalah papan fiber cement. Jika dibandingkan dari segi harga, papan fiber cement relatif jauh lebih terjangkau. Papan fiber cement sendiri terdiri dari semen, pasir silika, dan serat selulosa. Walaupun dapat menjadi alternatif untuk menggantikan kayu, papan fiber cement tidak tahan terhadap air, karena berbahan dasar semen yang rentan terhadap air, genangan, atau curahan air hujan, papan fiber cement perlu perlindungan terhadap alkali untuk mencegah kelembaban sehingga memerlukan perlindungan dan perawatan khusus.

Pada dasarnya papan fiber cement dapat dicat menggunakan Polyture, akan tetapi polyture tidak tahan terhadap alkali sehingga tidak dapat memberikan perlindungan maksimal pada fiber cement. Selain polytur, cat dinding juga dapat digunakan pada papan fiber cement, namun hasil tampilannya akan terlihat lebih solid dan tidak berserat sehingga sulit untuk mendapatkan tampilan alami seperti kayu dengan penggunaan cat dinding pada papan fiber cement. Jika ingin mendapatkan hasil yang tahan alkali dan tampilan kayu yang lebih natural dan alami, papan fiber cement memerlukan cat khusus yang dapat melindungi dan tetap menonjolkan serat-seratnya agar terlihat seperti kayu. Fiberkote hadir sebagai solusi inovatif untuk pengecatan papan fiber cement pada bangunan-bangunan bernuansa kayu.

Fiberkote pada bangunan

Fiberkote pada area rumah

 

Fiberkote merupakan cat yang diformulasikan khusus untuk papan fiber cement yang dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap alkali dan memiliki warna transparant sehingga serat-serat pada papan fiber cement tetap dapat terlihat dan memberikan kesan kayu alami. Cat berwarna dan transparant ini terbuat dari bahan polymer acrylic khusus berbahan dasar air dengan pigment warna pilihan.

“Cat Fiberkote diformulasikan khusus untuk papan fiber cement, tidak disarankan untuk yang lain. Fiberkote ya untuk Fiber cement”, ujar Amelia Dewi selaku Product Marketing Manager.

Fiberkote terdiri dari dua jenis cat yang memberikan hasil tampilan berbeda. Untuk mendapatkan tampilan glossy, FBK-888 dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika ingin mendapatkan tampilan dof yang memberikan kesan kayu yang lebih natural, maka FBK-889 bisa menjadi solusi yang tepat.

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Fiberkote yaitu membuat tampilan papan fiber cement tampak seperti kayu alami, memberikan perlindungan dan memperindah papan fiber cement, tahan cuaca, anti lumut dan jamur, tahan alkali, dan karena berbahan dasar air (water-based), sehingga ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Fiberkote dapat digunakan pada seluruh area ruangan baik interior maupun exterior yang menggunakan papan fiber cement.

Pengaplikasian Fiberkote perlu dilengkapi dengan penggunaan Fiberkote Penetrating Sealer FPS-820. FPS-820 merupakan cat dasar acrylic berbasis solvent yang di desain khusus untuk papan fiber cement. FPS-820 digunakan untuk memberikan daya lekat yang baik bagi cat akhir, membantu meratakan daya serap cat pada seluruh permukaan papan, mencegah naiknya kelembaban substrat, dan dapat meresap sangat baik ke dalam substrat.

Fiberkote pada lantai area public

Fiberkote pada lantai area publik

Produk ini sangat mudah diaplikasikan, sehingga dapat digunakan sendiri di rumah atau bangunan apapun yang diinginkan. Pengaplikasian Fiberkote hanya dengan 2 tahapan aplikasi untuk pengecatan pada atap dan dinding yaitu: aplikasikan sealer FPS-820 pada fiber cement, kemudian aplikasikan fiberkote.

Fiberkote juga dapat digunakan pada lantai dengan 3 tahapan aplikasi yaitu : aplikasikan FPS-820, selanjutnya aplikasikan Fiberkote pada fiber cement, dan finishing dengan menggunakan Ultran Super Enamel USE-60 agar lebih tahan terhadap abrasi, tidak menguning dan mengapur, mudah dalam perawatan, mudah dibersihkan, lebih tahan terhadap cuaca, anti lumut, dan anti jamur.

Dengan hadirnya Fiberkote, memberikan kemudahan dan alternatif yang sangat baik untuk membuat bangunan dan ruangan bernuansa kayu dengan harga yang lebih terjangkau, namun tetap mendapatkan visual seperti kayu alami.

Ingat selalu, Cari Cat, Cari Propan!

 

 

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Memiliki mobil idaman tentunya harus dirawat guna menjaga warna mobil…
Tahap persiapan dalam mengecat sebuah kayu baru merupakan hal yang…
Kayu merupakan material alami yang paling sering digunakan sebagai bahan…
  Pengecatan perabotan rumah dan kendaraan adalah langkah penting dalam…
Tak pernah terlintas di benak Muhammad Kamil, ia akan terjun…
Sepandai-pandainya memendam rasa, jika itu memang datangnya dari hati sanubari…
Deretan tiang beton di sepanjang Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono…
Menjaga dan melestarikan bangunan cagar budaya bukan pekerjaan yang ringan.…
Kini, Anda tak perlu bingung lagi mencari produk cat Propan…
Cat ini dapat membuat tampilan papan fiber semen Anda tampak…
Tak pernah terlintas di benak Sesa Susanti atau kerap disapa…
Furniture kayu dengan menonjolkan serat kayu masih menjadi primadona di…
Dunia furnitur kayu sebenarnya bukan dunia pertama yang digeluti Om…
Pameran makanan dan minuman berskala internasional The Global Food Marketplace…
Seiring perkembangan teknologi yang meningkat pesat, anak bangsa terus berlomba…