Setelah melalui proses pengujian, produk cat kapal keluaran PT Propan Raya bernama Propan Marine resmi mendapatkan sertifikat antifouling. Cat antifouling ini mampu mencegah menempelnya organisme laut yang tidak diinginkan pada lambung kapal di bawah garis air.

International Maritime Organization (IMO) telah mengeluarkan aturan tentang perlindungan pada lambung kapal yang berada di bawah garis air. Peraturan ini tertuang dalam resolusi IMO MEPC. 207 (62) 2011 tentang “guidelines for the control and management of ship’s biofouling to minimize the transfer of invasive aquatic species. Salah satunya mewajibkan penggunaan cat antifouling pada area ini.

Cat antifouling adalah sistem pencegahan terhadap menempelnya biota laut pada lambung kapal yang dapat merugikan pemilik kapal karena dapat meningkatkan biaya operasional. Biota laut yang menempel pada kapal juga dapat  mengurangi kecepatan kapal serta meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Di Indonesia, penggunaan cat antifouling sudah diwajibkan melalui Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2010, tentang “Perlindungan Lingkungan Maritim” yang di dalamnya tercantum mengenai penggunaan lapisan cat anti-teritip untuk mencegah menempelnya organisme laut yang tidak diinginkan.

PT Propan Raya sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang memproduksi marine coating atau cat kapal bernama Propan Marine, mendaftarkan produk cat antifouling-nya untuk disertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan Bureau Veritas (BV). BKI dan BV salah satunya melaksanakan survei dan sertifikasi statutoria atas nama pemerintah Republik Indonesia dalam hal Load Line, ISM Code, ISPS Code, antifouling, dan masih banyak lagi.

Hasilnya, Propan Marine lolos standar uji yang ditetapkan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan Bureau Veritas (BV) sehingga berhak memperoleh sertifikat “Antifouling System” dengan nomor sertifikat BKI 13.0006 MA dan nomor sertifikat BV 50326/A0 BV. Sertifikat ini dikeluarkan pada tanggal 10 April 2013 oleh BKI dan 14 September 2017 oleh BV.

“Dengan diperolehnya sertifikat Antifouling System ini menegaskan bahwa Propan Marine yang diproduksi PT Propan Raya memiliki kualitas yang baik dan sesuai standar internasional,” ucap Presiden Direktur PT Propan Raya, Hendra Adidarma.

Jadi, untuk penggunaan cat kapal Anda, jangan lupa untuk menggunakan cat Propan Marine.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
TKDN atau Total Komponen Dalam Negeri adalah gagasan yang dibuat…
Heboh dan meriah. Suasana inilah yang terekam pada acara pembukaan…
PT Propan Raya resmi meluncurkan pabrik cat water based terbaru…
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia, Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan…
Mengusung tema “Polymer Flooring dan Waterfroofing”, acara yang ditujukan bagi…
ITS terus berinovasi dengan terobosan-terobosan barunya. Setelah berhasil membawa motor…
PT Propan Raya, sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang memiliki…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Dalam rangka mempertajam pengetahuan dan pengalaman tentang industri marine coating…
PT Propan Raya terus melebarkan pangsa pasarnya di dunia pengecatan…
Sebagai perusahaan asli Indonesia yang sedang menggaungkan slogan “Think Big,…