Tahukah Anda, dengan mengaplikasi cat SENGKOTE berbahan dasar air ini, atap seng atau metal galvanis Anda dijamin tak lagi mudah berkarat, lebih indah, dan tahan lama.

Walaupun material baru penutup atap bermunculan, seng atau metal galvanis tetap mendapat tempat di masyarakat Indonesia, baik untuk atap rumah, gudang, pabrik atau bangunan lainnya. Kepraktisan dan kemudahan pemasangan merupakan alasan utama mengapa masih banyak pemilik rumah dan bangunan menggunakan seng atau metal galvanis sebagai material penutup atap bangunannya.

Harga seng juga relatif lebih murah dibanding penutup atap lainnya. Selain itu, atap seng juga relatif lebih ringan jika dibandingkan dengan genting beton, genting keramik, atau genting tanah liat, sehingga secara umum dapat mengurangi beban konstruksi bangunan.

Walaupun bahan metal galvanis adalah material yang tahan karat, tetapi kondisi lingkungan Indonesia yang lembap, panas, berangin, serta memiliki tingkat curah hujan yang tinggi, membuat atap seng atau metal galvanis menjadi mudah berkarat. Karat akan menyebabkan tampilan seng kurang indah dan mudah rusak serta sewaktu-waktu bisa terjadi kebocoran.

Untuk mengurangi risiko kerusakan atap seng atau metal galvanis, atap seng harus dilapisi dengan cat. Cat ini akan melindungi seng sehingga mencegah munculnya karat pada atap seng dan memperpanjang umur penggunaannya.

Biasanya orang menggunakan cat minyak atau cat water based biasa untuk melapisi seng ini. Namun, cat minyak tidak dapat menempel dengan sempurna pada permukaan seng baru, demikian pula dengan cat water based biasa. Selain itu, cat water based biasa, juga tidak mempunyai bahan anti-karat di dalamnya.

Menjawab tantangan tersebut, laboratorium R&D PT Propan Raya dengan penelitian yang intensif serta didukung teknologi pembuatan cat modern, telah berhasil menciptakan cat anti-karat water based untuk seng atau metal galvanis, yang diberi nama SENGKOTE.

SENGKOTE adalah cat anti-karat untuk seng atau metal galvanis, berbahan dasar air dan mengandung bahan anti-karat. Cat ini melekat dengan sangat baik pada seng baru, seng yang sudah mulai berkarat atau bahkan pada seng yang sudah berkarat. Bahan anti-karat yang terkandung di dalam SENGKOTE dapat mencegah timbulnya karat dan menghambat penyebaran karat sehingga bisa memperpanjang umur atap seng.

Selain itu, pengaplikasian SENGKOTE juga mudah, cepat dan praktis karena cat ini hanya perlu diencerkan dengan air bersih, tidak perlu lagi mengaplikasikan cat dasar anti karat, bahkan tidak perlu mengaplikasikan cat Etching Primer untuk membuka pori-pori seng atau metal galvanis.

Walaupun berpengencer air, SENGKOTE mudah kering. Jadi, lapisi seng atau metal galvanis Anda dengan cat SENGKOTE. Anda pun tak perlu khawatir lagi soal karat.

 

Cara Aplikasi SENGKOTE

  1. Bersihkan permukaan dari dari karat, minyak, debu, atau kotoran lainnya. Sebaiknya gunakan sikat kawat atau ampelas untuk membantu membersikan karat. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa proses pengampelasan.
  2. Aduk SENGKOTE hingga rata. Encerkan dengan air bersih sebanyak 5–15%, lalu aduk kembali hingga rata.
  3. Sapukan dengan kuas secara merata pada seluruh permukaan seng atau metal galvanis. Biarkan kering kurang lebih 3-4 jam.
  4. Setelah lapisan pertama kering, aplikasikan kembali SENGKOTE, lalu biarkan kering. Cat SENGKOTE pun siap melindungi atap seng atau metal galvanis Anda.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Tidak Ada Berita Terkait!