Sebelum mendirikan toko cat dan pertukangan bernama Abdillah Jaya, Yusuf Eko Saputro, pernah bekerja sebagai pengrajin furnitur kayu ekspor. Hanya, perubahan peraturan pemerintah dan tingginya standar yang diterapkan untuk furnitur ekspor, membuat dirinya membanting stir dengan toko cat dan alat-alat pertukangan. Di titik inilah, ia berkenalan dengan PT Propan Raya.

Yusuf menerangkan bahwa keputusan beralih membuka toko cat dan pertukangan waktu itu sudah dipikirkan secara matang. Selain persyaratan ekspor yang kian sulit, ia melihat sebuah peluang, yakni adanya perubahan secara besar-besaran dimana para pengrajin di sekitar tempat tinggalnya mulai menjual furnitur secara langsung ke end user (konsumen), yang sebelumnya hanya mereka jual ke industri furnitur.

"Dulunya, semua pengrajin di sini menjual furniturnya ke perusahaan furnitur tanpa finishing. Hanya, karena faktor harga beli furnitur yang didapat para pengrajin terus menurun, sementara bahan baku terus naik, maka mulailah para pengrajin ini memilih untuk menjual furniturnya secara langsung kepada perorangan," ucap Yusuf. Perubahan ini memaksa para pengrajin untuk mem-finishing sendiri semua furniturnya.

inilah fasad bangunan toko Abdillah Jaya yang berlokasi di Klaten.

Melihat potensi dan kebutuhan finishing dari para pengrajin inilah yang membuat Yusuf memutuskan untuk membangun toko cat dan alat-alat pertukangan. Apalagi, ia melihat belum ada toko sejenis ini yang lengkap di daerahnya. Jikalau ada, toko tersebut letaknya cukup jauh. Memiliki latar belakang seorang pengrajin dan pernah menggunakan produk cat kayu untuk furnitur, Yusuf sudah tahu harus menjual alat pertukangan dan cat jenis apa.

"Kalau untuk alat, saya pastinya akan menjual alat yang berhubungan dengan pengrajin furnitur kayu. Sementara, untuk produk saya sudah memutuskan menjual Impra. Produk ini memiliki kualitas yang bagus karena mampu membuat furnitur jadi lebih cantik dan semakin bernilai harganya," ucapnya. Perjalanannya menjual produk Impra membawa dirinya berkenalan dengan tim Propan cabang Solo. Dari sinilah, ia semakin mengetahui semua jenis cat Propan.

"Setelah diterangkan, saya kaget ternyata produk cat Propan itu sangat lengkap. Pilihan warnanya pun luar biasa. Dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi, saya mantap untuk menjual produk cat Propan di toko ini," terang Yusuf yang menamai nama tokonya dari nama sang anak, Abdillah. Sementara, kata Jaya adalah doa bagi tokonya: semoga semakin jaya.

Walaupun tidak berada di kota besar, Toko Cat dan Pertukangan Abdillah Jaya, sudah dilengkapi Mesin Tinting yang dapat memproduksi ribuan warna.

Selain Impa, kini ia menjual banyak jenis cat Propan dari mulai Ultran Lasur, Propan Woodstain, Propan Antique Finish, Acrylux, Go Fast A-1000, Furnikote, Pastigloss, Durogloss, Tiner, Metalkote, dan masih banyak lagi. Insting Yusuf pun benar, para pengrajin di sekitarnya kini merasa terbantu dengan hadirnya toko cat kayu terlengkap yang lokasinya berada di Jalan Raya Sarenan, Juwiring, Klaten.

Tak hanya sekadar menjual cat dan alat pertukangan, ia pun terus mengasah pengetahuan dengan belajar semua produk. "Setiap ada kesulitan atau pertanyaan yang tidak bisa dijawab dari customer, saya langsung konsultasi dan tanya kepada tim Propan Solo. Begitu juga jika stok barang kosong, langsung saya kabari,” ucapnya.

“Saya merasa terbantu sekali selama ini karena responnya cepat. Enggak salah saya pilih menjual cat Propan. Produknya berkualitas, pelayanan bagus. Jadi, saya juga bisa melayani konsumen saya dengan maksimal," tutup Yusuf.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Perjalanan Toko Welly hingga menjadi seperti ini sudah melalui proses…
Anda tinggal di Madura dan butuh cat Propan? Datang saja…
Sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus menyemarakkan acara pembukaan Toko Propan…
Toko Cat Lancar kembali membuka cabang baru yang diberi nama…
Tahukah Anda, Toko Cat Lancar sudah memiliki lebih dari 20…
Dalam rangka memeriahkan acara Grand Opening Toko Cat Lancar Monjali,…
PT Propan Raya, sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang memiliki…
Anda tinggal di daerah Padang dan butuh cat Propan? Datang…
Keinginan menjadi seorang pebisnis hebat sudah ada di benak Sigit,…
Anda yang berdomisili di Medan dan sekitarnya, kini tak perlu…
Toko Cat Hartono Jaya di Medan berencana akan membuka cabang…
Anda pecinta seni grafitti di kawasan Makassar dan sedang mencari…
Anda yang berada di Bali sedang kebingungan cari cat Propan?…
Kini, Anda tak perlu bingung lagi mencari produk cat Propan…
  Demi mendekatkan diri dengan para konsumennya, PT Propan Raya…
Cirebon menjadi salah satu kota yang sangat berkembang pesat di…
Sebagai perusahaan asli Indonesia yang sedang menggaungkan slogan “Think Big,…