TANYA

Kepada PT Propan Raya,

Mau tanya tentang cara pengecatan plafon gipsum. Bagaimana metode yang tepat untuk pengecatan plafon gipsum? Bolehkah plafon gipsum yang baru selesai di-compound lalu dicat dengan menggunakan produk Propan? Selain itu, bolehkah plafon gipsum diratakan dengan sealler lalu dicat dengan produk Propan?

Demikian mohon penjelasannya.

Bravo Putra, kontraktor.

 

JAWAB

Dear Pak Bravo Putra,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Plafon gipsum yang baru selesai di-compound harus ditunggu dahulu sampai compound-nya kering, lalu amplas bagian compound yang tidak rata dan dibersihkan dari debu sebelum dilakukan pengecatan. Untuk pengecatan pada plafon gipsum kita sarankan untuk menggunakan cat dasar terlebih dahulu karena kita harus menyamaratakan serapan pada compound gipsum dan kertas gipsum.

Tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Meminimalkan terjadinya tampilan gloss-dof atau gelap-terang pada lapisan akhir cat.
  2. Meminimalkan terjadinya glancing light atau bayangan yang nampak saat di lihat ke atas datangnya sinar yang memperlihatkan ketidakrataan permukaan sambungan gipsum/compound gipsum.
  3. Meminimalkan terjadinya peel off atau gelembung pada pengecatan di atas compound gypsum.

 

Ada 2 alternatif sistem yang kami tawarkan, disesuaikan dengan pengecatan dasar.

Alternatif 1: pengecatan baru

  1. Gunakan cat dasar khusus gipsum (ECO GYPSUM Primer EPG–4049 Water Based).
  2. Jika ada perbaikan compound di atas permukaan gipsum yang sudah dicat, jangan gunakan compound gypsum yang sama dengan saat penyambungan gipsum karena bisa menyebabkan terjadinya peel off. Anda bisa menggunakan DECOR Wall Filler DWF–200 untuk mendempul bagian yang cacat, berlubang, atau permukaan compound yang kurang rata, setelah dilakukan pengecatan.
  3. Ulangi cat dasar khusus pada bagian yang diperbaiki saja dengan menggunakan ECO GYPSUM Primer EPG–4049.
  4. Lakukan pengecatan akhir menggunakan cat interior yang diinginkan, bisa menggunakan DECORCRYL DI–400, ECO EMULSION EE–4010, atau ECO GYPSUM EE–4050.

Alternatif 2: perbaikan jika terjadi peel off

  1. Kupas bagian cat yang mengalami peel off (lepas), sampai bagian lapisan cat dan compound gypsum yang keras.
  2. Gunakan cat dasar khusus DECOR Wall Sealer DWS–380 Solvent Based untuk mengikat partikel-partikel compound gypsum, pada bagian yang dikupas.
  3. Jika ada perbaikan peel off di atas permukaan gipsum yang sudah dicat, jangan gunakan compound gypsum yang sama dengan saat penyambungan gipsum karena bisa menyebabkan terjadi peel off Anda bisa menggunakan DECOR Wall Filler DWF–200 untuk mendempul bagian yang cacat, berlubang, atau bagian yang tidak rata setelah dilakukan pengecatan.
  4. Ulangi kembali cat dasar DECOR Wall Sealer DWS–380 pada bagian yang diperbaiki saja (sedikit lebih lebar ±2cm)
  5. Lakukan pengecatan akhir dengan menggunakan cat interior yang diinginkan. Anda bisa menggunakan DECORCRYL DI–400, ECO EMULSION EE–4010, atau ECO GYPSUM EE–4050.

Tips:

  1. Jangan gunakan compound gypsum yang sama untuk perbaikan pada gipsum karena dapat menyebabkan peel off atau cat mengelupas.
  2. Pastikan kerataan aplikasi compound gypsum untuk meminimalkan terjadinya perbedaan ketinggian permukaan gipsum dan compound yang akan membuat bayangan penyambungan pada saat dilihat ke arah datangnya sinar.

Semoga bermanfaat!

 

Sunardi Liemantika, Product Manager PT Propan Raya

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Puasa Ramadhan sebentar lagi dan Hari Raya Idul Fitri atau…