Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada Kamis, 14 November 2019. Berlokasi di Hotel Holiday Inn Kemayoran, acara ini dihadiri oleh anggota APCI di seluruh Indonesia.

Mengusung tema “Bersatu, Maju Bersama Membangun Negeri”, Rakornas APCI pada tahun 2019 ini ditujukan untuk semakin menguatkan koordinasi dan konsolidasi diantara para anggotanya demi kemajuan asosisasi, perusahaan anggota APCI, dan bangsa Indonesia.

Acara ini dihadiri dan diresmikan oleh Menteri Perindustrian RI yang diwakili oleh Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil, Muhammad Khayam. Selain itu, acara ini dihadiri oleh Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Taufik Bawazier; Kasubdit Industri Kimia Hilir Lain, Salasta; Kepala Seksi, Àrni Yusnita; dan Kepala Seksi, Sutan Sinar Situmorang.

Muhammad Khayam dalam sambutannya mengungkapkan bahwa industri cat merupakan industri strategis yang pertumbuhannya sangat terkait dengan industri lain. Segmen pasar cat sangat luas meliputi Marine, Protective and Offshore Coating (MOPC), perumahan, sektor konstruksi/sipil, decorative, automotive, serta wood Finish seperti pada industri furnitur, mainan, dan industri kreatif lainnya.

“Besarnya potensi ini, kami mengharapkan agar APCI dapat memajukan industri cat tanah air yang berdaya saing, berperan signifikan dalam penguatan struktur industri cat nasional, memperluas kesempatan kerja, serta mampu memajukan industri cat ke tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Acara berlangsung sangat khidmat dan tertib.

Muhammad Khayam juga mengungkapkan bahwa total produsen cat dalam negeri sekitar 150 produsen dengan kapasitas sebesar 1.500.000 MT/tahun dan kebutuhan nasional sebesar 1.100.000 MT/tahun. Tetapi, harus diakui bahwa industri cat di Indonesia saat ini merupakan industri formulasi dan mixing, dimana sekitar 90% bahan bakunya diperoleh dari impor.

“Harapannya, bahan baku ini dapat diproduksi di dalam negeri,” ucap Muhammad Khayam. Untuk itulah, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, terus mencari upaya untuk meningkatkan daya saing industri melalui berbagai langkah kebijakan strategis yang berfokus pada penguatan struktur industri.

Selain itu, peningkatan Standar Nasional Indonesia (SNI), penciptaan iklim usaha yang kondusif, promosi industri prioritas, serta pengembangan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis digital untuk menciptakan nilai tambah tinggi di dalam negeri seiring dengan penerapan industri 4.0,” ucapnya.

Kris Rianto Adidarma menyerahkan kenang-kenangan kepada Muhammad Khayam.

Ketua Umum APCI, Kris Rianto Adidarma, secara tegas siap memajukan industri cat demi kepentingan semua pihak. Tak heran, jika pada rakornas APCI kali ini dibahas beberapa agenda penting terkait strategi menguasai pasar cat lokal.

Pertama, memperkuat APCI sebagai wadah berkumpulnya para produsen cat di dalam negeri. “Apapun kondisinya kita harus siap menopang industri cat tanah air. Secara internal ataupun eksternal, akan kami perkuat semuanya. Jangan sampai industri cat di dalam negeri dikuasai asing,” ungkap Kris.

Kedua, industri cat tanah air perlu diproteksi. “Siapa lagi yang akan melindungi para produsen kalau bukan kita, para asosiasi. Perlu diketahui, kita memiliki lebih dari 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia. Kalau tidak ada yang memproteksi atau melindungi, nanti akan terjadi persaingan yang tidak sehat. Ini yang kami tidak harapkan,” terang Kris.

Dengan adanya Rakornas APCI 2019, industri cat semakin berkembang.

Ketiga, APCI mendukung program pemerintah mengenai pemenuhan akan Tingkat Komponen Dalam Negeri sebuah perusahaan yang tinggi atau biasa dikenal dengan TKDN. “Dengan mendukung program ini sama saja kita turut andil dalam memajukan perusahaan-perusahaan dalam negeri. Semakin banyak perusahaan lokal yang maju, berarti semakin sedikit kita mengimpor bahan baku dari luar. Kita pun bisa menguasai pangsa pasar cat lokal,” tambah Kris.

Untuk mewujudkan ini, Kris mengajak semua pihak, yakni para produsen cat di tanah air, untuk bersatu padu menguatkan barisan demi memajukan industri cat. “Semoga, dengan semangat yang kami kobarkan, yakni Bersatu, Maju Bersama Membangun Negeri, menjadi langkah nyata bagi kami dalam memajukan industri cat Tanah Air. Amin,” ucap Kris.

Selain agenda di atas, pada Rakornas kali ini juga dilaksanakan pemilihan Ketua Umum APCI periode 2020-2023. Setelah melalui proses pemilihan akhirnya disepakati bahwa yang terpilih menjadi Ketua Umum APCI 2020-2023. Selamat buat ketua terpilih, ayo “Bersatu, Maju Bersama Membangun Negeri”.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Street Dealin, festivalnya para pelaku street art dan mural berskala…
Demi terus mendukung kreativitas anak muda, pemerintah Kota Denpasar memberikan…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia bernama 'Indobuildtech…
Demi memenuhi kebutuhan material konstruksi Indonesia, terutama cat pelapis akhir,…
Musibah kebakaran pada 2016 membuat Pasar Badung Bali luluh lantah.…