Klinik Darma Nusantara dan Yayasan Adidarma kembali menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada anak Batita (Bawah Tiga Tahun) karyawan Propan Group. Acara penyuluhan diselenggarakan di Kantor Pusat Propan Raya pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Anak rentang usia 0-3 tahun atau Batita (Bawah Tiga Tahun) mengalami perkembangan otak dan pertumbuhan jasmani yang sangat pesat. Masa ini tergolong periode kritis perkembangan atau yang sering disebut Golden Age. Pada masa ini lah diperlukan pemantauan khusus bagi batita untuk melihat tumbuh kembangnya.

Pemantauan tumbuh kembang bertujuan untuk mengetahui apakah pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan anak pada umurnya serta menemukan secara dini apabila ada gangguan tumbuh kembang, sehingga dapat ditindaklanjuti secara medis.

screening awal batita di acara penyuluhan

Berangkat dari hal inilah, Yayasan Adidarma dan Klinik Darma Nusantara mengadakan Program Penyuluhan Gizi Batita. Penyuluhan ini terbuka bagi seluruh karyawan Propan Group yang memiliki anak Batita. Tercatat, ada 120 anak-anak batita yang terdaftar mengikuti program penyuluhan gizi.

“Yayasan Adidarma memiliki perhatian khusus bagi tumbuh kembang anak, terutama pada anak-anak karyawan Propan Group. Seluruh karyawan, termasuk keluarganya harus memiliki kesehatan yang baik. Oleh karena itu, kegiatan ini kami adakan,” ujar Hendra Adidarma, Founder Yayasan Adidarma, dalam kata sambutannya melalui platform zoom.

Panitia penyelenggara program penyuluhan gizi batita

 

Turut hadir dalam penyuluhan ini Erwin Widjaja selaku COO Propan Raya, Yuwono Imanto selaku Direktur Propan Raya, dan dr. Christian Sutiono, MARS. Dalam penyuluhan gizi batita, Yayasan Adidarma turut menghadirkan dokter spesialis anak, dr. Yuliana Masnita, Sp.A dan ahli gizi, Dini Yulianti, S.Gz yang tak hanya jadi narasumber di acara talkshow, tetapi juga memeriksa anak-anak Batita yang memerlukan konsultasi khusus.

dr. Aloysius Arifin, MARS selaku Ketua Pelaksana program penyuluhan mengatakan bahwa terdapat dua agenda besar yang diusung. Pertama, pemaparan materi tumbuh kembang anak. Kedua, screening dan konsultasi anak-anak. “Pada penyuluhan gizi batita ini selain orang tua dapat mengikuti talkshow tumbuh kembang batita yang dibawakan langsung oleh dokter spesialis anak, anak-anak pun dapat diperiksa secara gratis oleh dokter spesialis anak dan ahli gizi,” ujar dr. Aloysius Arifin, MARS.

sesi konsultasi oleh dokter spesialis anak dan ahli gizi

Pemaparan materi yang dibawakan oleh dr. Yuliana Masnita, Sp.A selaku dokter spesialis anak mengenai tumbuh kembang pada anak terutama batita, termasuk hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam masa golden age ini. Pada sesi ini juga, dr. Yuliana Masnita, Sp.A menjelaskan bahwa orang tua harus secara aktif memantau tumbuh kembang anaknya, baik secara jasmani (Berat Badan,Tinggi Badan, Lingkar Kepala, dan Pemantauan Grafik Kurva) maupun perkembangan motorik pada anak, jadi bisa menemukan secara dini jika ada penyimpangan dalam pertumbuhan.

Dini Yulianti, S.Gz, selaku ahli gizi pun menjelaskan bahwa pemenuhan gizi pada masa golden age sangat penting. Perlunya meningkatkan konsumsi protein pada anak, mulai dari asupan telur, ayam, daging, atau susu. Sebagai informasi tambahan, Dini Yulianti, S.Gz akan bertugas di Klinik Darma Nusantara sebagai ahli gizi.

Area bermain anak

Menariknya, selain diadakan penyuluhan dan pemeriksaan anak batita, pada program ini anak-anak bebas bermain di arena bermain yang telah disiapkan, sehingga anak-anak tidak akan bosan selama acara berlangsung. Acara juga dimeriahkan dengan berbagai macam games menarik untuk anak-anak, tak ketinggalan kegiatan menari dan bernyanyi bersama-sama. Acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada peserta yang hadir. Menarik kan!

Bagi rekan-rekan Propan Group yang belum berkesempatan mengikuti keseruan program penyuluhan gizi batita jangan bersedih, karena program ini akan kembali diadakan pada Sabtu, 26 November 2022. Yuk daftarkan anak-anak Anda!

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Klinik Darma Nusantara bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten…
Klinik Darma Nusantara dan Yayasan Adidarma kembali menyelenggarakan kegiatan bakti…