PT Propan Raya bersama dengan UPT Kayu dan beberapa sektor bisnis unit lain penunjang material kayu bekerja sama untuk mengedukasi IKM Kayu di Jawa Timur. Berlangsung dari 3-4 Februari 2021, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari mebel IKM.

IKM merupakan sebuah industri yang dapat meningkatkan ekonomi dalam masyarakat, melalui industri ini masyarakat dapat berinovasi dan mengembangkan potensi daerah yang ada untuk kemudian dijual dalam pasar lokal maupun internasional. Semakin banyak jumlah industri di sebuah daerah, maka semakin besar pula potensi kemajuan dari daerah tersebut.

Berbicara mengembangkan dunia industri sebenarnya gampang-gampang susah. Banyak masalah yang harus dihadapi apalagi di era new normal ini. Bagi industri besar permasalahan ini mungkin bisa diatasi dibandingkan pada industri kecil atau menengah. Melihat situasi ini, PT Propan Raya tergerak untuk mengedukasi Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada, terutama IKM Kayu agar mampu berkembang dan naik kelas hingga statusnya menjadi Industri Besar.

Diadakan sharing knowledge & workshop dengan tema "Produk Tepat Guna Untuk Mebel Berkualitas" merupakan bentuk nyata kepedulian Propan Raya terhadap IKM Kayu di area Jawa Timur. Dengan menggandeng Amplas Norton, Lem Presto, dan Spraygun Cosmostar, diharapkan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para IKM yang hadir.

Pemaparan teori PT Propan Raya pada pelatihan IKM

Pelatihan berlangsung selama dua hari, yaitu pada 3-4 Februari 2021 di UPT Pasuruan Jawa Timur. Pelatihan dihadiri oleh 50 peserta IKM yang terbagi menjadi 2 hari, perhari terdapat 25 peserta yang hadir dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada. Setiap sesinya pelatihan terdiri dari sharing teori dari Cat Propan Raya, Amplas Norton, Lem Presto, dan Spraygun Cosmostar, lalu dilanjut dengan workshop secara langsung pada material kayu.

Sharing knowledge & workshop diadakan guna memberikan edukasi yang tepat kepada IKM kayu mengenai komponen-komponen yang mendukung kualitas mebel. Selain itu pelatihan ini dapat menginformasikan produk tepat guna untuk menghasilkan mebel yang berkualitas, serta mengajak para IKM naik kelas baik dari sisi kualitas maupun nilai jual produk.

Agoes Dwie Poernama selaku Business Unit Industry Division Head, sebagai pihak penyelenggara memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan awal dan bekal yang baik bagi para IKM. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengembangkan usaha IKMnya menjadi lebih besar dan bernilai jual tinggi.

Praktek pelatihan produk yang dilakukan secara langsung pada material kayu

“Pelatihan ini merupakan lanjutan dari webinar yang telah dilakukan sebelumnya. Pada 17 Oktober 2020 lalu, Propan Raya sudah mengadakan webinar mengenai IKM Kayu dengan mengundang Wakil Gubernur Jawa Timur dan beberapa professional industri dibidangnya. Sekarang waktunya untuk pelatihan kepada IKM, melalui pelatihan ini diharapkan IKM bisa naik kelas dan dapat memanfaatkan limbah kayu secara maksimal” ujar Agoes.

Terdapat beberapa produk yang dikenalkan dalam pelatihan IKM yaitu Epoxy Casting EC - 973-2K untuk memanfaatkan limbah IKM menjadi produk mebel yang bernilai jual tinggi, PU High Quality low gloss PUSS -910 dan PUL-910 20 sheen untuk meningkat kelas dan kualitas finishing kayu, PU Acrylic Fast Dry Solid color PUP 52103 color dan PUC 930 AC color untuk mendapatkan hasil finishing yang tidak mengguning serta mudah dikerjakan di lingkungan IKM yang berdebu karena produk tersebut cepat kering.

Lalu terdapat produk Anti getah PUS-51107 untuk solusi permasalahan di IKM jika memproduksi mebel jati selalu ada masalah terkait jati. Lalu Propan Wood stain Waterbase Acrylic stain, Propan WS Fancy color PWS-633 dan Fulcolor effect DS 11300 FCE color untuk menciptakan efek warna antik dengan step yang singkat.

Panel Show Propan Raya yang memuat semua panel kayu

Selain diadakan pelatihan, Propan Raya juga membuka booth produk agar para peserta dapat melihat panel kayu secara langsung. Diharapkan para peserta tidak hanya berbekal teori, tetapi juga praktek secara langsung dan mengenali produk yang tepat guna meningkatkan kualitas mebel.

Tak hanya selesai pada kegiatan ini. Kedepannya, IKM-IKM lain akan mendapatkan pelatihan secara khusus untuk meningkatkan kualitas produk, mulai dari pembelajaran mengenai produk, bagaimana cara memasarkan secara jitu, mengelola manajemen IKM dengan baik, dan menjalin relasi dengan stakeholder.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
PT Propan Raya tak henti-hentinya membagikan pengetahuan bagi IKM di…
Proses pengecatan lantai beton sangat dipengaruhi oleh permukaan lantai betonnya.…
Diadakannya seminar bertema “Teknologi tercanggih untuk meningkatkan produktifitas industri mebel…
Menjaga dan melestarikan bangunan cagar budaya bukan pekerjaan yang ringan.…
Sebelum mendirikan toko cat dan pertukangan bernama Abdillah Jaya, Yusuf…
Kini, Anda tak perlu bingung lagi mencari produk cat Propan…