Wah tak terasa sebentar lagi kita akan menyambut lebaran. Selain baju baru dan kue kering khas lebaran, hari raya juga identik dengan menata ulang atau mendekorasi rumah. Hal ini dipercaya membawa suasana yang lebih baru bagi rumah. Tapi sering kali pengeluaran untuk hari raya membengkak, dan rumah jadi lupa untuk diperhatikan.

PT Propan Raya punya solusi tepat untuk meminimalisir pengeluaran dalam menata ulang dan mendekor rumah yaitu dengan mengecatnya sendiri, selain menghemat budget, Anda juga bisa berkreasi untuk tampilan dinding rumah, baik dari segi warna dan teknik yang digunakan. Hasilnya pun akan sesuai dengan keinginan Anda.

Mengecat rumah sendiri tidak sulit kok, teknik yang benar dalam mengecat bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan bagi seorang pemula. Tidak perlu takut gagal untuk menjadikan dinding rumah Anda cantik kembali.

Anda bisa berkreasi memadupadankan warna sesuai dengan kreatifitas 

Agar tidak salah, yuk simak 6 langkah mengecat rumah bagi pemula :

1. Cek kondisi dinding
Sebelum mengecat area dinding di rumah, penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi dinding yang akan di cat. Kenali masalah-masalah yang muncul seperti retak rambut, discoloration, ataupun cracking. Hal ini perlu diketahui agar Anda dapat melakukan penanganan secara tepat dan maksimal, pengecatan tidak sekedar memperindah tampilan tetapi juga melindungi dinding. Jika masalah-masalah dinding tidak ditangani maka nantinya masalah dinding yang baru dapat muncul. Mengecek kelembapan dinding juga perlu dilakukan dinding beton harus kering dengan kadar air ≤ 16% agar cat menempel sempurna nantinya. Pengecekan dapat dilakukan menggunakan alat Protimeter.

2. Pilih cat yang sesuai
Pemilihan cat pun menjadi langkah yang penting dalam keberhasilan pengecatan. Cat interior harus digunakan pada area interior, begitu pula cat eksterior. Kemampuan cat interior didominasi anti gores, sementara cat eksterior memiliki perlindungan UV yang baik, jadi akan maksimal jika digunakan pada area yang tepat. Cat pun harus memiliki kualitas yang baik, nah salah satu cat berkualitas adalah cat dari Propan Raya. Propan Raya memiliki banyak pilihan cat untuk segala jenis substrat baik interior maupun eksterior dengan berbagai macam keunggulan salah satunya produknya yang ramah lingkungan, sehingga tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak berbau. Selain itu produk cat Propan juga memiliki banyak ribuan warna melalui proses tinting yang canggih. Produk yang dapat digunakan untuk interior adalah Decorlotus atau Decorcryl, dan untuk ekterior dapat menggunakan Decorflex atau Decorshield.

3. Siapkan alat yang digunakan
Terdapat banyak alat yang digunakan untuk pengecatan, diantaranya manual roll, automatic roll, kuas, airspray, air less spray, elastrostatic spray, spatula, dan sponge. Beberapa alat pengecatan tersebut akan menghasilkan hasil akhir yang berbeda, mulai dari tekstur, ketebalan warna, hingga daya sebar akan berbeda. Bagi dinding rumah disarankan memakai roll, automatic roll, atau kuas agar dapat menjangkau seluruh area dinding ruangan. Penggunaan kape dilakukan pada saat membenahi masalah dinding yang ada. Selain itu dibutuhkan alat pendukung lainnya seperti wadah cat, koran atau plastik untuk menutupi area lantai, dan tangga (jika diperlukan).

4. Permukaan dinding harus siap
Menyiapkan permukaan dinding berarti membersihkannya dari sisa cat lama, membenahi masalah dinding yang timbul dan membersihkannya dari noda debu, minyak serta kotoran lainnya. Untuk membersihkan sisa cat lama pada dinding dapat menggunakan Propan Paint Remover yang dapat mengupas cat dinding dengan cepat sehingga lebih efisien. Pastikan juga kondisi dinding dalam keadaan kering sebelum dilakukan pengecatan.

5. Pencampuran cat harus tepat
Setiap cat memiliki panduan pengaplikasiannya, baik pencampuran produk atau jumlah pengulangan cat. Hal ini penting diperhatikan agar dapat menghasilkan cat yang maksimal. Kadar dari pencampuran cat akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhirnya, jadi takarannya harus sesuai. Tidak jarang cat juga memerlukan cat dasar sebagai fondasi awalnya. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian cat yang tertera pada produk.

6. Mulai pengecatan
Ketika dinding sudah kering dan siap di cat maka tahap selanjutnya adalah pengecatan. Agar tampilan cat maksimal dan mencegah masalah dinding, pengaplikasian cat primer atau dasar sangat dianjurkan. Cat Primer Propan bisa menjadi salah satu pilihannya karena dapat melindungi tembok Anda secara maksimal. Lalu setelah pengaplikasian cat dasar, selanjutnya adalah mengecat top coat. Pengaplikasian dapat dilakukan secara berkala untuk hasil warna yang diinginkan. Perlu diingat teknik dalam mengecat harus satu arah (atas bawah ataupun zigzag) agar hasilnya maksimal.

Nah itulah 6 langkah tepat untuk mengecat bagi seorang pemula, tidak sulit bukan? Anda bisa menghemat biaya jika melakukan pengecatan sendiri di rumah. Yuk jangan ragu untuk mencobanya. Ingat Cari Cat Cari Propan!

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Jika Anda liburan ke Manado, sempatkan berkunjung ke Jalan Raya…
Di tengah merebaknya Virus Covid-19, berbagai tindakan preventif wajib dilakukan…