Jangan biarkan atap dak beton di rumah Anda polos tanpa adanya perlindungan. Sekuat dan sekeras apapun atap dak beton di rumah Anda, material ini rentan terkena masalah jika terus terpapar panas dan hujan. Dak yang tidak dilindungi akan mudah retak dan menjadi sumber bocor. Jadi, lindungi atap dak beton rumah Anda dengan waterproofing.

Cuaca di Indonesia terbilang cukup ekstrim. Dalam sehari saja, perubahan cuaca berlangsung sangat cepat dan tak terprediksi. Dari cuaca yang awalnya panas terik dengan suhu tinggi, mendadak hujan deras hingga menyebabkan suhu menurun drastis. Perubahan ini ternyata tak hanya berimbas kepada fisik tubuh manusia yang gampang menurun, tetapi juga fisik bangunan. Dari sekian banyak elemen, atap dak beton adalah elemen bangunan yang rentan bermasalah.

Masalah yang biasa terjadi pada atap dak beton adalah rentan retak disaat musim panas. Jika tidak segera ditangani akan menjadi sumber bocor di saat musim hujan. Yang menyusahkan, penanganan bocor tidak dapat ditangani secara langsung dan di waktu itu juga karena dak harus dalam kondisi kering. Di sisi lain, bocor yang terjadi di titik A belum tentu sumbernya di titik A. Dalam kondisi bocor parah, Anda harus membongkar atap dak beton rumah Anda. Padahal, biaya membongkar atap dak beton terbilang mahal.

Dak Beton Pun Butuh Perlindungan

Melihat rumitnya penanganan dan biaya yang tak sedikit, sebisa mungkin Anda harus mencegah masalah yang timbul pada atap dak beton. Caranya, dengan menambahkan perlindungan pada atap dak beton rumah Anda agar masalah ini tak menghampiri. Waterproofing dapat menjadi solusi tepat dalam mencegah dan mengatasi bocor pada atap dak beton bangunan Anda.

Pilihan waterproofing yang tepat untuk atap dak beton adalah Ultralastic UL-920: semen mortar waterproofing 2 komponen yang dapat melindungi bangunan dari kebocoran. Lapisan semen mortarnya sangat elastis dan berdaya rekat kuat sehingga area ini tidak mudah retak. Produk ini tidak beracun dan ramah lingkungan karena berbahan dasar air (water based).

Setelah atap dak beton diaplikasi Ultralastic UL-920, tambahkan plesteran atau pasangan keramik di atasnya, agar waterproofing bekerja optimal. Produk ini tersedia dalam kemasan 5kg set dan 25kg set. Harganya Rp88.000/5kg set dan Rp415.000/25kg set. Tiap kg setnya dapat melapisi dak beton seluas 0,5 m2 (tebal 1mm).

Tahapan Aplikasi Ultralastic UL-920

 Agar hasil pengecatan waterproofing maksimal, jangan sampai salah dalam pengaplikasiannya ya. Ini tahapan yang benar.

  1. Bersihkan area yang akan diproteksi Ultralastic UL-920 dari kotoran dan sisa adukan beton. Jangan lupa, perbaiki terlebih dahulu permukaan beton yang berlubang dan retak sebelum diaplikasi.
  2. Campurkan komponen A bubuk dengan komponen B cair dengan perbandingan berat 4:1 (tidak perlu diencerkan dengan air ataupun larutan lainnya), lalu aduk hingga rata.
  3. Kuaskan campuran pada substrat. Setelah setengah kering, aplikasi ulang dengan pola menyilang. Apabila diperlukan, aplikasi ulang untuk ketiga kalinya.

Dengan menggunakan waterproofing Ultralastic UL-920 dari PT Propan Raya, dak beton pun jadi anti-bocor.

 

KOMENTAR

Ada 1 komentar untuk artikel ini
taufiq88523-May-2019 15:44:35
barangkali ada yg membutuhkan perbaikan/repair beton ,semisal bocor basement,dug atap bocor,kamar mandi lantai tingkat yg bocor ke ruangan bawah,tandon beton,kolam yg bermasalah saat mau dikeramik tetapi bocor, beton keropos,retak,ambrol bawah,dll hubungi : taufiq injek beton 081233764637 call wa sms surabaya & luar surabaya.sebaiknya wa chat dahulu dikarenakan kebisingan area proyek dikawatirkan mengganggu telepon anda ,terimakasih admin
Berita Terkait
Tidak bisa dipungkiri bahwa area dak beton atas sebuah bangunan…
Anda memiliki furnitur kayu berukir model lama di rumah dan…