Hari ini, Minggu, 21 April 2019, masyarakat Indonesia memperingati salah satu hari bersejarah, yakni Hari Kartini. Diperingatinya Hari Kartini sebagai bentuk penghormatan kepada Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia yaitu Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang biasa kita kenal dengan R. A Kartini.

Perjuangan R. A Kartini demi wanita Indonesia memang sangat luar biasa. Sebagai perempuan, ia memperjuangkan emansipasi dan kesetaraan gender untuk wanita Indonesia yang saat itu memiliki status sosial dan kedudukan yang sangat jauh berbeda dibanding kaum pria. Ia juga berpikir bahwa wanita memerlukan kebebasan, otonomi, persamaan hak, maupun kesetaraan hukum.

Berkat perjuangan dan cita-cita luhur beliau, maka wanita Indonesia saat ini dapat menikmati pendidikan yang layak dan memiliki kesempatan untuk menggapai mimpi dan cita-citanya. Inspirasi luar biasa inilah yang membuat banyak orang merayakan hari kelahiran beliau.

Selain memberi ucapan pada keluarga dan kerabat wanita, ada berbagai cara unik yang dilakukan untuk merayakan sekaligus mengenang jasa beliau. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah membuat bingkisan menarik “Box Kayu untuk Tempat Aksesori” bertema Kartini atau wanita Indonesia, lalu membagikannya ke orang yang Anda cintai.

Inilah tips yang dibagikan Irene Andriani, crafter sekaligus anggota komunitas Decolouvers Bandung (IG: @surprisedreamcatcher).

  1. Buat kotak dari bahan kayu terlebih dahulu, ukuran 15cm x 25cm (atau sesuai selera).
  2. Ampelas permukaan kayu dengan menggunakan ampelas no.240, lalu bersihkan.
  3. Buat aksen bermotif dengan menggunakan Propan Aqua Putty, lalu tunggu hingga mengering.
  4. Tempel gambar decoupage di bagian atas. Pilih yang mewakili gambaran wanita Indonesia.
  5. Tambahkan tulisan sebagai pemanis dengan bantuan Stensil Cadence.
  6. Finishing dengan menggunakan cat tampilan vintage agar makin terlihat menarik.

Bagaimana idenya, menarik kan? Semoga dengan berbagai ide ini dapat terus mengenang jasa beliau. Anda juga dapat membagikan bingkisan ini kepada orang tersayang. Sebelum menutup, ada kalimat menarik yang dituliskan R. A Kartini selagi masih hidup: “Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.”

Selamat Hari Kartini, maju terus wanita Indonesia.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Senin, 17 Desember 2018. Klinik Darma Nusantara bekerjasama dengan Palang…
Anda memiliki furnitur kayu berukir model lama di rumah dan…
Anda ingin mengubah tampilan furnitur kayu lama menjadi baru? Anda…