Anda ingin mengubah tampilan furnitur kayu lama menjadi baru? Anda bisa coba mengaplikasi teknik pengecatan dengan menggunakan Polyurethane (PU) Colour Multipurpose ini.

Furnitur yang akan kami aplikasi dengan teknik Polyurethane (PU) Colour Multipurpose ini adalah meja berbahan dasar kayu jati Belanda. Secara prinsip, teknik pengecatan dengan menggunakan Polyurethane (PU) Colour Multipurpose ini akan mengubah tampilan kayu secara total sehingga Anda tidak akan melihat lagi fisik kayu sebelumnya. Karena perubahannya drastis, teknik ini tidak disarankan untuk Anda yang ingin mengekspos kealamian kayu.

Teknik Polyurethane (PU) Colour Multipurpose ini cocok diaplikasi ke dalam furnitur kayu baru atau lama yang ingin diubah tampilannya menjadi lebih berwarna dan modern. Teknik ini pun sangat cocok diaplikasi untuk Anda yang memiliki furnitur yang cacat, banyak dempulan, atau jumlah mata kayunya banyak. Ini dikarenakan hasil akhir catnya mampu menutup kekurangan dari furnitur kayu yang rusak.

Agar Anda lebih memahami prosesnya, ini dia tahapan pengerjaannya.

Alat dan Bahan

  1. Kain lap/kain majun
  2. Kertas amplas no.180
  3. Kertas amplas no.240
  4. Kertas amplas no.400
  5. Dempul kayu Propan: Aqua Wood Putty AWP-919
  6. Cat dasar PU/PU Surfacer: PUSF-781-2K
  7. Cat PU Acrylic Propan: PUC-786-2K

Langkah-langkah pengerjaan

  1. Amplas permukaan kayu dengan kertas amplas no.180. Kemudian, gunakan dempul kayu Propan: Aqua Wood Putty AWP-919 berwarna putih untuk mengisi pori-pori kayu sekaligus menutup permukaan yang cacat seperti mata kayu.
  2. Setelah proses pendempulan, keringkan dempul di tempat yang teduh. Jangan taruh di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan dempul retak. Waktu pengeringan sekitar 1 jam.
  3. Amplas sel uruh permukaan furnitur kayu dengan menggunakan kertas amplas no.240 hingga rata searah serat kayu. Setelah semua teramplas, lalu bersihkan dengan kain lap majun/kuas.
  4. Lakukan proses pengecatan dasar dengan menggunakan cat dasar PU/PU Surfacer: PUSF 781-2K berwarna light grey, dengan cara di-spray.
  5. Lakukan proses pengeringan 3—4 jam di tempat teduh untuk menghindari retak pada permukaan cat. Setelah kering, lakukan proses pengamplasan dengan menggunakan kertas amplas no.400. Kemudian, ulangi untuk lapisan kedua.
  6. Lakukan proses pengecatan akhir dengan menggunakan cat PU Acrylic Propan: PUC-786-2K warna chili red. Lalu, lakukan proses pengeringan 2—4jam di tempat teduh untuk menghindari retak pada permukaan cat.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Bosan dengan tampilan atau warna furnitur kayu yang begitu-begitu saja…
Anda memiliki furnitur kayu berukir model lama di rumah dan…
Dalam rangka menyambut pesta olahraga Asian Games 2018, memperindah wajah…
Acara Festival Street Dealin XI resmi dibuka pada hari ini,…
Setelah diresmikan acara Kick Off Pengecatan Mural Youth Park, pada…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia bernama 'Indobuildtech…
Dalam keheningan malam, gema takbir berkumandang di penjuru langit Cirebon.…
Mau makan enak, harga terjangkau, plus dapat diskon menarik? Datang…
Jakarta, 5 Oktober 2018. Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, Badan Ekonomi…
Hari ini, Minggu, 21 April 2019, masyarakat Indonesia memperingati salah…