Belum lama ini pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi warganya berpergian. Ini sebagai salah satu bentuk nyata dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia. Kebijakan ini pun didukung oleh berbagai pihak, termasuk banyak perusahaan di Indonesia dengan menerapkan work from home.

Pemberlakuan work from home mengharuskan karyawan untuk bekerja di dalam rumah, demi mengurangi kontak fisik secara langsung dengan orang lain. Walaupun memiliki flexibilitas yang tinggi, ketika Anda menjalani work from home akan mendapatkan banyak distraksi atau gangguan. Distraksi tersebut dapat menurunkan produktivitas dalam bekerja.

Nah, untuk tetap meningkatkan produktivitas dalam bekerja, penting bagi kita menciptakan ruang kerja (home office) yang nyaman di rumah. Bagaimana caranya? Inilah beberapa ide menarik yang perlu Anda ketahui untuk menciptakan home office menarik dan nyaman.

1. Buat Seperti Ruang Kerja

Walau lokasinya di rumah, buat suasana ruang kerja Anda seperti di kantor. Anda harus bekerja di meja dan kursi yang nyaman. Jangan sampai, Anda bekerja di atas kasur atau di tempat lainnya yang dapat mengurangi produktivitas kerja. Jika Anda tidak memiliki meja kerja, bisa menggunakan meja makan atau meja lainnya di rumah. Begitu pun dengan kursi.

2. Pilih Barang Yang Dibutuhkan

Jika meja untuk kerja di rumah berukuran mungil, singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dan fokuskan hanya menaruh barang yang penting saja di atas meja. Sebaliknya, jika ukurannya besar, Anda bisa menambahkan barang-barang yang dapat membuat mood kerja Anda naik. Ingat, terlalu banyak barang di atas meja, dapat membuat suasana kerja jadi tidak nyaman.

3. Pastikan Meja Dalam Kondisi Rapi dan Bersih

Memiliki meja yang rapi dan bersih dapat membuat mood bekerja Anda meningkat, lho! Atur barang-barang sedemikian rupa, mulai dari kalender, alat tulis, laptop atau komputer, atau berkas-berkas lainnya agar meja kerja terlihat menarik. Pastikan sebelum dipakai dan setelah dipakai, meja harus dalam kondisi rapi dan bersih.

4. Perhatikan Pencahayaan Ruang

Pilih lokasi peletakkan meja kerja di rumah pada area yang terang dan cukup cahaya, seperti di dekat jendela. Jika tidak memungkinkan, pastikan pencahayaan di dalam ruang cukup agar tidak mengganggu aktivitas kerja. Ruang kerja yang terlalu gelap akan membuat mata Anda mudah lelah, bahkan merusak mata. Anda bisa mengganti lampu yang lebih terang atau mengecat ulang dinding ruang yang dialokasikan untuk bekerja dengan warna cerah, seperti warna putih, kuning, hijau, dll. Pilihan catnya bisa Decorlotus, Eco Emulsion, atau Ceria.

5. Tambahkan Aksesori Pendukung

Untuk membuat suasana ruang kerja di rumah lebih lebih nyaman, Anda bisa menambahkan beberapa aksesori pendukung yang dapat membuat mood Anda bekerja bagus di rumah, seperti menaruh tanaman hidup, memasang pajangan kesukaan, atau menambahkan sound system untuk menyetel musik favorit.

 Yuk mulai atur dan ciptakan home office Anda di rumah agar bekerja di rumah tetap menyenangkan dan bersemangat.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Lebaran merupakan momen yang tepat untuk berkumpul—menghabiskan waktu bersama keluarga…