Lebaran merupakan momen yang tepat untuk berkumpul—menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, sambil bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Tak hanya keluarga, dari mulai sodara, tetangga, hingga teman dekat pun kadang datang berkunjung rumah. Pastinya, rumah butuh tempat untuk berkumpul yang nyaman.

Permasalahan yang terjadi saat kumpul Lebaran adalah ketersediaan ruang yang cukup di dalam rumah. Jika tidak dicarikan solusi, orang akan berdesak-desakan di dalam rumah dan timbul rasa tidak nyaman. Merenovasi rumah demi meluaskan ruang pun bukan perkara mudah. Selain butuh waktu pengerjaan yang cukup lama, biaya yang dikeluarkan untuk merenovasi rumah juga tidak sedikit.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami hal ini? Jangan bersedih, 5 tips jitu ini dapat membuat rumah Anda terasa lebih luas.

1. Buang Barang Yang Tidak Berguna

Coba cek barang, seperti furnitur dan aksesori interior Anda di dalam rumah. Pastikan, apakah barang tersebut benar-benar berguna atau tidak? Jika dirasa tidak begitu berguna, sebaiknya Anda bisa menaruh barang di gudang. Atau, jika Anda tega, mulailah membuang atau menjual barang lewat online. Malah bisa jadi uang kan?

2. Tata Ulang Interior di Rumah

Setelah memilah mana barang yang dibutuhkan dan tidak, tata ulang interior rumah Anda. Penataan interior yang kurang tepat dapat membuat ruang terlihat sempit. Tata ulang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang paling efektif dan efisien. Jika memang dirasa kurang efektif, Anda bisa mengubah layout interior rumah Anda.

3. Ubah ke Warna Terang

Memilih warna terang bisa menjadi solusi dalam membuat ruang terasa lebih luas. Anda bisa mengecat ulang dinding interior rumah Anda ke warna putih atau warna-warna pastel yang cerah. Pilihan catnya bisa Decorlotus, Eco Emulsion, Ceria, dan lain sebagainya. Selain itu, pernak-pernik interior juga sebaiknya diubah ke warna yang lebih cerah.

4. Tambahkan Cermin

Cermin dapat menjadi senjata memanipulasi ruangan agar terlihat lebih luas. Anda bisa menempatkan cermin di salah satu dinding ruang tamu dan ruang keluarga. Atau, cukup di ruang keluarga saja sebagai ruang berkumpul. Pantulan refleksi ruangan secara psikologis dapat membuat ruang di dalam rumah terasa lebih luas.

5. Buka Pintu dan Jendela

Selain membuat udara di dalam ruangan jadi lebih sehat, dengan membuka udara dapat membuat rumah terasa lebih segar. Selain itu, cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah juga dapat membuat ruang terasa lebih terang sehingga terkesan lebih lega. Jadi, jangan tutup gorden dan jendela rumah Anda.

Selamat mencoba!

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Anda memiliki furnitur kayu berukir model lama di rumah dan…
Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah hari yang selalu…
Anda memiliki furnitur kayu berukir model lama di rumah dan…
Hari ini, Minggu, 21 April 2019, masyarakat Indonesia memperingati salah…
Street Dealin XI, sebuah projek kerjasama yang diinisiasi oleh Gardu…
Keberhasilan perusahaan salah satunya ditentukan oleh adanya kedisiplinan dalam menerapkan…
Bosan dengan tampilan atau warna furnitur kayu yang begitu-begitu saja…
Alkana Vietnam menyelenggarakan seminar dan pameran produk cat water based…
Anda tinggal di Yogyakarta dan sedang mencari tempat yang tepat…
Di tengah merebaknya Virus Covid-19, berbagai tindakan preventif wajib dilakukan…
Belum lama ini pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi warganya berpergian.…
Ingin mengubah suasana interior rumah tetapi dana yang Anda miliki…
Sebagai klinik keluarga pilihan utama, Klinik Darma Nusantara terus menghadirkan…