Pusing karena kamar mandi di rumah selalu bermasalah? Bisa jadi, ada proses pengerjaan yang salah atau material yang Anda pilih kurang tepat.

Kamar mandi termasuk area yang paling sering bermasalah di rumah. Pada dindingnya sering terlihat basah seperti bekas ompol. Jika dibiarkan, cat dinding rentan mengelupas, menggelembung, dan ditumbuhi jamur. Selain dinding, lantai kamar mandi yang tidak diproteksi rentan bocor/rembes dan merusak benda di bawahnya.

Yang menyebalkan, masalah ini tak hanya berdampak pada kamar mandinya saja. Ruang di sebelah atau di bawahnya juga rentan terkena masalah serupa. Memperbaikinya pun bukan perkara mudah. Banyak kasus yang memaksa kamar mandi harus dibongkar ulang. Padahal, membongkar kamar mandi memerlukan biaya relatif besar.

Sttt... Ini Rahasianya!

Agar kamar mandi bebas masalah, rahasianya adalah tambahkan pelindung berupa waterproofing pada lantai dan dindingnya. Karena area ini selalu basah, Anda tak bisa menggunakan waterproofing biasa. Gunakan tipe semen mortar yang tahan rendam, seperti Ultralastic UL-920, yaitu semen mortar waterproofing 2 komponen yang dapat melindungi bangunan, terutama area yang tergenang air secara terus-menerus. Produk ini cocok diaplikasi di lantai, dinding, dan bak, serta kolam renang dan kolam ikan.

Lapisan semen mortarnya sangat elastis dan berdaya rekat kuat, hingga tidak mudah retak. Produk ini tidak beracun dan ramah lingkungan karena berbahan dasar air. Produk ini dijual Rp 85.000 per 5kg set dan Rp 415.000 per 25kg set. Tiap kg setnya dapat melapisi lantai atau dinding seluas 0,5 m2 (tebal 1mm).

Solusi Pengganti Keramik

Selain mengaplikasi waterproofing, meminimalisir sambungan pada lantai dan dinding dapat menjadi solusi jitu mencegah kamar mandi bermasalah. Ada banyak kasus air masuk melalui nat atau sambungan keramik. Untuk menghindari sambungan, Anda bisa memilih produk Epogreen EPG-233-2K WB. Karena prinsipnya sama dengan mengecat dinding, material ini tidak memiliki sambungan, tetapi tetap tahan air dan juga lebih higienis.

Cat epoxy berbasis water based ini juga memiliki kelebihan anti-slip. Selain itu, produk ini memiliki daya lekat yang kuat terhadap beton, mudah dibersihkan, cepat kering, tidak berbau tajam, dan mudah diaplikasi. Produk ini tersedia dalam kemasan 40kg set. Tiap kg setnya dapat mengkaver area seluas 1,25 m2 (tebal 300mm). Untuk harganya relatif lebih murah dibanding keramik.

Dengan menggunakan Ultralastic UL-920 dan Epogreen, dijamin kamar mandi Anda bebas masalah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mendatangi Propan Inspiration Center (PIC), Propan Service Center (PSC), dan Propan Paint Center (PPC) di seluruh Indonesia.

Agar Tak Salah Aplikasi, Cek Tahapannya

A. Aplikasi Ultralastic UL-920

  1. Bersihkan area yang akan diproteksi Ultralastic UL-920 dari kotoran dan sisa adukan beton. Jangan lupa, perbaiki terlebih dahulu permukaan beton yang berlubang dan retak sebelum diaplikasi.
  2. Campurkan komponen A bubuk dengan komponen B cair dengan perbandingan berat 4:1 (tidak perlu diencerkan dengan air ataupun larutan lainnya), lalu aduk hingga rata.
  3. Kuaskan campuran pada substat. Setelah setengah kering, aplikasi kembali yang kedua dengan pola menyilang. Apabila diperlukan, aplikasikan tahap ketiga.

 

B. Aplikasi Epogreen

Fungsinya sebagai sebagai seemless floor untuk kamar mandi pengganti lantai keramik dan seamless coatings untuk menggantikan cat tembok dan dinding keramik.

  1. Untuk substrat (dinding/lantai) baru, pastikan beton kering sempurna (minimal 28 hari). Untuk subtrat yang sudah dicat, pastikan daya lekat cat lama masih bagus.
  2. Bersihkan permukaan subtrat dari debu dan kotoran lainnya.
  3. Sebelum diaplikasi, gerinda permukaan beton untuk menghilangkan kulit semen agar pori-pori terbuka dan cat dapat melekat kuat pada substrat.
  4. Aduk komponen A dan B terlebih dahulu sebelum dicampur. Tuang komponen B ke dalam Komponen A dengan perbandingan berat 1:1 (seri EPG-233), kemudian aduk menggunakan mixer secara perlahan selama ± 2 menit.
  5. Tuangkan cat yang sudah dicampur ke lantai dan ratakan dengan rubber squeegee dan roll epoxy, lalu tunggu ± 4-6 jam untuk aplikasi selanjutnya. (Konsumsi untuk lantai 0,8km/m2 tebal 0,3mm dan dinding 0,45 km/m2 tebal 0,2 mm). Khusus aplikasi akhir, tunggu ± 10-12 jam sebelum kamar mandi digunakan agar Epogreen melekat sempurna.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Tak bisa dihindari, sisa-sisa sabun dan air yang menempel di…
Terletak di kawasan bibir Pantai Anyer, Aston Anyer Beach Hotel…