Street Dealin XI, sebuah projek kerjasama yang diinisiasi oleh Gardu House, yakni komunitas kolektif yang berangkat dari seni graffiti yang berbasis di Jakarta, kembali mengaung. Pada tahun ini, acara yang disponsori PT Propan Raya melalui produk Zebra Pro Graffiti memiliki 5 agenda utama.

Kelima agenda utama acara Street Dealin XI kali ini diselenggarakan di dua tempat utama yaitu Gudang Sarinah Ekosistem dan Jalan Jatayu (Kebayoran). Selain itu, acara ini berlangsung di tiga galeri berbeda yakni D’Gallery, Third Eyed Space, dan Ruru Gallery sebagai ruang memamerkan karya dengan konteks yang berbeda. Berikut ini adalah program dari Street Dealin XI tahun 2017.

1. Program Kampung (By Your Run Camp Project); 12-13 Desember 2017

Program ini merupakan sarana komunikasi dan edukasi bagi seluruh komunitas yang yang dipersembahkan bagi masyarakat umum. Program ini diadakan di 9 RT yang berlokasi di Jalan Jatayu, wilayah Kampung Kebayoran Lama Selatan. Ada 19 tembok yang digambar sesuai dengan persetujuan masyarakat dengan melibatkan 35 artis graffiti dari dalam dan luar negeri. Untuk produk catnya, menggunakan Propan Zebra Pro Graffiti.

2. Eksibisi (Party Collective Exhibition); 12, 14, 16 Desember 2017

Sebanyak 17 artis graffiti yang terlibat di Street Dealin XI diundang untuk memamerkan karya mereka di ruang pamer (galeri). Masing-masing seniman menyerahkan 3 karya terbaik mereka untuk dipamerkan di 3 galeri berbeda yang berlokasi di D’Gallery, Thrid Eyes Spaces, dan Ruru Gallery.

3. Edukasi (Lenscaps); 14-16 Desember 2017

Acara ini dikemas dalam bentuk pemutaran film, diskusi pertuaran budaya, dan lokakarya komunitas. Tidak hanya pembahasan akan graffiti, tahun ini akan ada pembahasan lintas komunitas. Program ini dibuat sebagai ajang berkumpul, berkoneksi, dan berkembang bersama semua komunitas. Pada ajang ini, PT Propan Raya akan mengedukasi melalui Propan Zebra Graffitinya.

4. Eksibisi (Two Wheels Exhibition); 16 Desember 2017

Two Wheels adalah projek yang menjalin kerjasama dengan komunitas motor. Lima komunitas akan berperan aktif di dalam program ini. Tidak hanya menyuguhkan pameran lintas komunitas motor dan graffiti, tetapi juga mengundang dan menampilkan beragam karya jagoan roda dua dari berbagai kelompok di berbagai kota. Akan ada 20 artis yang terlibat di dalam program ini, 4 artis akan tampil live menunjukkan keahliannya, dan 3 karya film akan ditayangkan.

5. Kumpul Lintas Komunitas (Big Bang!); 16 Desember 2017

Big Bang! Merupakan acara puncak dari rangkaian Street Dealin XI. Ini merupakan ajang selebrasi untuk komunitas graffiti. Di sini, penggiat dan penikmat dapat bertemu dengan berbagai komunitas, menyasikan pesta graffiti, musik hip hop, pertunjukan skate, dan peragaan busana. Pameran kolektif, pemutaran film, diskusi dan loka karya pun diadakan untuk saling bertukar informasi dan membangun jaringan baru.

Penasaran dengan berbagai kegiatannya? Ayo, datang dan buktikan keseruan acaranya!

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Street Dealin, festivalnya para pelaku street art dan mural berskala…
Acara Festival Street Dealin XI, ajangnya para penggiat dan peminat…
Acara Festival Street Dealin XI resmi dibuka pada hari ini,…
Festival Street Dealin kembali digelar untuk kesebelas kalinya. Acara yang…
Bagi para pecinta graffiti, acara Street Dealin yang melibatkan banyak…
Gardu House kembali berhasil menunjukan eksistensinya sebagai komunitas penyelenggara Street…
ARTJOG menjadi salah satu pameran yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak…