Sabtu, 4 mei 2018, kantor pusat Propan Raya yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto KM. 8, Tangerang, kedatangan tamu spesial dari komunitas Hobikayu Tangerang. Mengusung tema “Ngofi Santai” atau Ngobrol Finishing Santai, tim Propan Raya berbagi ilmu dan edukasi terkait dengan pengecatan kayu untuk produk Polyurethane series.

Diadakannya acara “Ngofi Santai” ini tidak terlepas dari komitmen Propan Raya yang siap mendukung siapapun, termasuk anggota komunitas Hobikayu, baik nasional maupun chapter/area, untuk mendapatkan informasi dan edukasi yang tepat seputar finishing cat kayu. Apalagi, anggota komunitas Hobikayu ini merupakan kumpulan dari para pengrajin kayu, pekerja kayu (woodworker), pengusaha kayu, dan penggemar (penghobi) kayu.

Seperti halnya komunitas Hobikayu nasional, anggota komunitas Hobikayu Tangerang pun semuanya berkecimpung dengan dunia kayu. Informasi dan edukasi yang tepat tentunya sangat mereka butuhkan demi menambah dan menaikkan keahlian mereka di dunia kayu, sehingga karya yang dibuat semakin diakui dan dinilai harganya oleh orang lain.

 
Acara dimulai dengan sesi teori yang dibawakan oleh Aceng Muhaemin.

“Dengan adanya kegiatan Ngofi atau Ngobrol Finishing ini diharapkan dapat membuat para peserta semakin mahir dalam memilih dan mengaplikasi finishing cat kayu. Terutama, yang sedang kita bahas ini mengenai finishing cat kayu Polyurethane atau biasa disingkat dengan nama PU,” ucap Business Unit Departement Head PT Propan Raya, Aceng Muhaemin.

Pada acara Ngofi Santai kali ini, Aceng menjelaskan beberapa teori tentang cat kayu PU kepada peserta workshop. Ada beberapa produk yang dijelaskan oleh Aceng Muhaemin, meliputi PU Multipurpose, Propan PU Easy to Use, dan Propan PU-91. Materi yang dijelaskan seputar informasi produk, cara aplikasi, hingga keunggulan-keunggulan dari produknya.

Beberapa yang diterangkan Aceng secara garis besarnya dijabarkan seperi ini. PU Multipurpose adalah Acrylic Polyurethane 2K Solid Color yang tidak menguning dan tahan cuaca. Produk ini juga mempunyai daya lekat yang baik, dan mampu menempel sempurna di atas substrat kayu, besi, dan beton. Produknya pun cocok diaplikasi di interior dan eksterior.

Para peserta diperkenalkan dari mulai alat hingga teknik menyemprot cat PU yang benar.

Propan PU Easy to Use adalah cat PU 2 komponen yang berbahan dasar resin Polyurethane berkualitas tinggi yang didesain khusus untuk finishing furnitur dan interior bergaya modern-minimalis. Propan PU Easy to Use menghasilkan lapisan finishing yang halus, rata, serta menghasilkan grain firing yang bagus.

Sementara, PROPAN PU - 91 adalah PU Acrylic jenis non yellowing clear lacquer kualitas tinggi. PU-91 ini sangat cocok untuk finishing furniture dengan kayu netral yang sangat muda warnanya. PU Acrylic ini sangat keras namun fleksibel dapat dipoles dengan buffing compound setelah 24 jam.Top coat tersedia dalam 3 tingkatan : Clear Gloss (90 sheen), Semi Gloss (55 sheen) dan Clear Dof (15 sheen).

Walau materinya membahas tentang PU, Aceng tetap membuka sesi diskusi tentang produk cat kayu lainnya, seperti solid color, natural, dan masih banyak lagi. Bahkan, juga dibuka sesi terkait dengan masalah dan solusi yang terjadi di lapangan hingga dicarikan jalan keluar yang terbaik. Peserta sangat antusias bertanya.

Satu per satu para peserta langsung mencoba dan merasakan aplikasi finishing cat PU Propan.

Puas dengan sesi teori, sesi praktik pun dimulai. Dipandu oleh Teknik Aplikator Divisi cat Kayu Propan Raya, Rinto Bunawan, semua peserta workshop diajarkan cara mengaplikasi produk PU yang benar. Bahkan, mereka diberi kesempatan untuk mengenal alat, menggunakan alat, sekaligus merawatnya.

“Sejujurnya saya belum menggunakan produk ini. Sekarang ini, saya banyak menggunakan produk cat kayu Propan Raya yang water based, seperti Acrylux atau Propan Woodstain. Jadi tambah informasi dan edukasi buat saya pribadi. Seru!” ucap Ece Susanti, peserta sekaligus pemilik workshop interior Nalaktak Kai.

Dengan adanya acara ini semoga dapat menambah referensi dan keahlian bagi teman-teman komunitas Hobikayu Tangerang terkait dengan dunia finishing cat kayu. Bagi Anda yang memang tertarik mengadakan pelatihan, silahkan silahkan follow dan hubungi IG @catkayupropan atau FB @propanwoodfinishing.

Ingat, cari cat cari Propan. Belum pakai Propan, belum keren.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Hari ini, Sabtu, 28 April 2018, PT Propan Raya kedatangan…
Acara “Ngofi” atau Ngobrol Finishing yang digagas oleh Tim Cat…
PT Propan Raya turut berpartisipasi di acara gathering komunitas HobiKayu…
Demi mendekatkan diri dengan komunitas kreatif di Tangerang, yang meliputi…
Hobi Kayu Chapter Bekasi baru saja melakukan kegiatan “Goes to…
PT Propan Raya turut berpartisipasi dalam acara gathering yang diselenggarakan…
Demi memberikan edukasi terkait dengan dunia petukangan, Komunitas Hobikayu Medan…
PT Propan Raya turut berpartisipasi di acara WoodTalk & Festival…
Demi semakin mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan cat menjelang Hari…
Alkana Vietnam menyelenggarakan seminar dan pameran produk cat water based…
Sabtu, 25 Agustus 2018, Propan Jabar mengadakan acara workshop aplikasi…
Untuk menjawab kebutuhan finishing mebel dan furnitur kaum milenial, PT…
Demi memberikan informasi yang tepat terkait dengan pengecatan cat kayu,…
Tim Propan Raya tak henti-hentinya menyebarkan edukasi pengecatan kepada khalayak…
Sabtu, 6 April 2019, komunitas Hobikayu bersama dengan Kementerian Pendidikan…