Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCI) menggelar rakornas pada Kamis, 14 November 2019, di Hotel Holiday Inn Kemayoran. Selain membahas strategi para produsen cat untuk memajukan industri cat tanah air, juga dilakukan pemilihan Ketua umum APCI 2020-2023. Setelah melalui proses, Kris Rianto Adidarma terpilih menjadi Ketua Umum APCI 2020-2023.

Kris Rianto Adidarma. Beliau dikenal sebagai generasi kedua yang menjalankan bisnis cat Propan Raya. Di tahun 1979, sang ayah tercinta—Hendra Adidarma—yang bergelar Doktor Kimia lulusan Jerman mendirikan perusahaan Propan Raya. Dengan cepat, cat Propan mampu melesat cepat dan menguasai pasar cat, khususnya cat kayu dan rotan. Kini, produk Propan Raya merambah hingga cat tembok, cat batu, cat besi/metal, cat lantai, cat aerosol, cat mobil, cat kapal, dll.

Sejak tahun 2012, Kris—nama panggilannya—dipercaya untuk memimpin Propan Raya, sekaligus menjalankan seluruh aspek operasional dan manajerial sebagai CEO. Sementara, ayahnya masih tetap aktif di belakang layar sambil merumuskan inovasi-inovasi produk terbaru Propan.

Seperti ayahnya, Kris juga mengenyam pendidikan kimia. Ia adalah mahasiswa lulusan dari University of Notre Dame, Illinois, Amerika Serikat. Selain itu, Kris juga mengambil Master of Science untuk subjek Teknik Manajemen di Western Michigan University.

Kombinasi bidang keilmuan antara ilmu kimia dan manajemen, membuat Kris menjadi sosok yang tepat sebagai pemimpin perusahaan. Paham akan dunia cat yang berbasiskan kimia dan paham mengelola perusahaan secara manajemen.

Meski menjalankan bisnis yang didirikan oleh ayahnya, Kris tidak serta merta menjadi pemimpin perusahaan. Ia bergabung ke Propan Raya sejak 2002 dan memulai karirnya dari bawah. Sepuluh tahun kemudian, setelah sangat memahami lika-liku perusahaan, ia diangkat menjadi CEO.

Di masa kepemimpinannya, Kris telah menerapkan berbagai kebijakan operasional yang kekinian dan ramah digital agar relevan dengan zaman. Kris juga mempelopori Propan Raya dalam penggunaan teknologi digital untuk mengerjakan percampuran warna secara online, yang disebut dengan Unicolor Tinting System.

Kris juga menjadi pemimpin yang konsen mengedepankan isu lingkungan. Didirikannya Propan Dekorindo Raya menjadi bukti dan komitmen perusahaan dalam mendukung gerakan go green dan memerangi efek global warming. Bahkan, melalui komitmen ini, Propan Raya berhasil memperoleh Green Company Award 2019, sebagai perusahaan yang ramah lingkungan.

Kepedulian Propan Raya pada lingkungan juga terrefleksi pada kegiatan sosial yang diselenggarakan selama ini. Propan Raya telah menyelenggarakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara selama 8 tahun (dari mulai 2012 hingga 2019). Propan Raya juga mendukung banyak program beautifikasi kampung-kampung kumuh jadi terlihat cantik.

Apa yang dilakukan seorang Kris, memang luar biasa. Tetapi Kris juga menyadari bahwa, kesuksesan perusahaannya sangat ditentukan oleh kerja tim yang kuat. Ia percaya bahwa sukses tidak bisa diraih sendirian. “Di Propan Raya, saya selalu menerapkan kebersamaan dan kekeluargaan sebagai dasar dari berjalannya perusahaan,” ujar Kris menyimpulkan filosofi bisnisnya.

Hal ini jugalah yang ingin ia bawa kepada jabatan barunya sebagai Ketua Umum APCI 2020-2023. Kris berharap, ia mampu memajukan industri cat tanah air untuk menjadi tuan di negerinya sendiri. Melalui tagline “Bersatu, Maju Bersama Membangun Negeri”, ia mengobarkan semangat baru kepada semua orang di bawah asosiasi yang dipimpinnya. Kris yakin industri cat tanah air akan maju dan berkembang.

Selamat berkarya Pak Kris!

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Keputusan-keputusan bisnis seorang Chief Executive Officer (CEO) sangat menentukan nasib…