Deretan tiang beton di sepanjang Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, kini tampak lebih indah dan berwarna. Kekakuan yang selama ini dirasakan oleh pengguna jalan dan masyarakat yang tinggal di sepanjang jalan ini pun mulai sirna. Semua berkat warna-warni mural yang kini menghias permukaannya.

Supriyono, salah satu warga yang tinggal di kawasan ini secara tegas memuji kinerja pihak penyelenggara yang berinisiatif mempercantik tiang jalan tol ini. “Jadi bagus, enak dilihat. Daripada kemarin-kemarin, kelihatan kaga dirawat. Boro-boro mau lihat, ngapain juga mau lihat, lha wong beton doank,” ucap Yono, nama panggilannya, saat dimintai pendapat tentang CMNP Mural Competition 2019.

Ungkapan ini sedikit-banyak menjawab apa yang diharapkan Kepala Bagian Umum Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Machbullah Nurdin. “Dengan adanya gambar mural, orang jadi nggak jenuh dan capek. Selain memperindah lingkungan sekitar, juga bantu pengemudi refreshing hindari kejenuhan,” katanya.

Propan Ecoshield dan Propan Zebra Pro adalah 2 produk yang digunakan untuk kompetisi mural ini.

Di sisi lain, bagi Machbullah Nurdin mengungkapkan bahwa kompetisi ini bukan sekadar mempercantik, tetapi juga sarana memberikan ruang bagi seniman untuk berkreasi. “Kompetisi mural ini sangat positif sebagai upaya nyata mendukung minat dan bakat positif para generasi muda yang hobi menggambar,” ucapnya.

Berlangsung padal 26-28 Juli 2019, sebanyak 32 tiang di sepanjang Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dihias beragam mural. Ada 29 peserta yang ikut berpartisipasi mengikuti kompetisi ini, serta 3 artis seni undangan yang diminta untuk mempercantik tiang tol. Ketiganya adalah Ladies on Wall, Tahi Lalats, dan Wacky.

Dengan adanya kegiatan ini semoga membuka ruang kreativitas bagi para pecinta seni menggambar di jalanan.

Ada 2 produk Propan yang siap tampil eksis menemani para artis mural ini dalam menghias karyanya, yakni Propan Ecoshield dan Propan Zebra Pro. Propan Ecoshield mampu melindungi tembok luar dengan baik sehingga permukaan tembok tidak mudah kotor, tahan terhadap alkali, anti jamur, anti lumut, tahan terhadap sinar UV dan matahari, memiliki warna lebih cerah, dan tidak mudah pudar. 

Sementara, Propan Zebra Pro adalah cat aerosol yang dapat digunakan pada segala jenis subtrat seperti metal, plastik, dan kayu; memiliki daya rekat yang sangat baik; memiliki daya tutup (hiding power) yang cepat; tahan terhadap bahan kimia, serta harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

Apapun substratnya, warna-warni cat Propan mampu mempercantik kaya kreativitas Anda.

Art Manager Glitch Safri Effendi menjelaskan bahwa tema yang diusung untuk acara ini adalah ‘We Unite’ Sementara, untuk nama acaranya adalah Highway Art Competition Klan (HACK). Dipilihnya tema ini untuk mengingatkan kita bahwa perbedaan bukan sebuah hal yang perlu dipermasalahkan.

“Semboyan bangsa kita saja adalah Bhineka Tunggal Ika. Tak masalah berbeda-beda, tetapi kita satu, Indonesia. Perbedaan juga jangan selalu dijadikan sebagai alat pemecah, tetapi pemersatu bangsa. Dengan perbedaan juga, kita pun akan menjadi bangsa yang kaya,” ungkap Safri Effendi, menutup pembicaraan.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
PT Propan Raya ikut mendukung kegiatan positif yang dilakukan Komunitas…
Dalam rangka menyambut pesta olahraga Asian Games 2018, memperindah wajah…
Dalam rangka pelaksanaan dan pengawasan barang yang beredar di pasaran,…
Menghubungkan Bandara Ngurah Rai dengan kota-kota penting di Bali membuat…
PT Propan Raya melalui 2 inovasi produknya, yakni Ecoshield dan…
PT Propan Raya mendukung kompetisi menggambar mural yang diselenggarakan Kelompok…