Gardu House kembali berhasil menunjukan eksistensinya sebagai komunitas penyelenggara Street Art terbesar se-Asia, bahkan siap mendunia. Melalui acara Street Dealin-nya, acara graffiti dan street art ini diikuti oleh banyak artis graffiti dari dalam dan luar negeri. Untuk pagelaran yang kesebelas ini, PT Propan Raya melalui Zebra Pro Graffitinya menjadi sponsor utama Street Dealin XI.

Street Dealin XI, sebuah projek kerjasama yang diinisiasi oleh Gardu House, yakni komunitas kolektif yang berangkat dari seni graffiti yang berbasis di Jakarta, kembali mengaung. Bagi para pecinta graffiti, acara yang melibatkan banyak artis graffiti dan komunitas ini kini kerap ditunggu dan dinanti-nanti. Saking dikenalnya acara ini di kalangan pelaku dan pecinta graffiti, Street Dealin kerap disebut sebagai Lebarannya Komunitas Graffiti.

Untuk yang kesebelas kalinya, Street Dealin diselenggarakan pada 12-18 Desember 2017. “Masih dengan semangat yang sama, Street Dealin Festival menjadi ajang para penggiat dan peminat graffiti berkumpul untuk saling berkomunikasi, bertukar budaya, serta mendukung dan terus mengeksistensikan kultur graffiti,” ucap Bima Chris, Direktur Gardu House sebagai penyelenggara Street Dealin.

Baca: Street Dealin XI resmi dibuka hari ini.

Acara Street Dealin XI ini menyedot banyak perhatian masyarakat luas yang tertarik melihat aksi para artis graffiti dari dalam dan luar negeri.

 

Acara Street Dealin XI kali ini diselenggarakan di dua tempat utama yaitu Gudang Sarinah Ekosistem dan Jalan Jatayu (Kebayoran). Selain itu, acara ini berlangsung di tiga galeri berbeda yakni D’Gallery, Third Eyed Space, dan Ruru Gallery sebagai ruang memamerkan karya dengan konteks yang berbeda. Ada 5 program yang diusung Street Dealin XI tahun 2017, yakni Program Kampung (By Your Run Camp Project), Eksibisi (Party Collective Exhibition), Edukasi (Lenscaps), Eksibisi (Two Wheels Exhibition), dan Kumpul Lintas Komunitas (Big Bang!).

Baca: 5 Program Utama Street Dealin XI

Kampung yang padat dan kumuh pun jadi terlihat cantik dan menarik setelah dipercantik graffiti.

 

CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, sangat mendukung dan menyambut antusias Lebarannya Pecinta Graffiti. “Graffiti itu masih dianggap sesuatu yang negatif di masyarakat umum. Padahal, ada banyak sisi positifnya juga. Seperti acara Street Dealin ini, kita bisa melihat ada banyak sisi positifnya, dimana acara ini jadi ajang kolaborasi karya antar-seniman graffiti, pertukaran budaya, tempat berkumpul dan berbagi ilmu graffiti, hingga ajang memperkenalkan Indonesia di mata dunia,” ucapnya.

Kris Rianto Adidarma menambahkan, ajang ini juga akan menjadi sarana yang baik dalam memperkenalkan produk PT Propan Raya, terutama Propan Zebra Pro Graffiti, sehingga makin banyak digunakan oleh para artis graffiti. Di sisi lain, ia menambahkan bahwa karya graffiti yang baik harusnya didukung oleh cat graffiti yang berkualitas. “Propan Zebra Pro Grafitti ini memiliki kualitas produk yang mumpuni, warna yang memukau, dan daya rekat yang bagus ke substrat, sehingga dapat memaksimalkan hasil karya seni para artis grafitti,” ucap Kris Rianto Adidarma.

Baca: Luar Biasa! Ada Banyak Seniman Yang Terlibat di Street Dealin XI

Sebagai sponsor utama, Propan Zebra Pro Graffiti tampil eksis selama acara Street Dealin XI.

Dari tahun ke tahun pun pengunjung Street Dealin terus bertambah. Begitupun dengan seniman yang terlibat di dalamnya. Tak terkecuali dengan tahun ini. Selain banyak dihadiri para artis graffiti dari dalam dan luar negeri, juga dihadiri orang-orang pecinta graffiti.

“Semoga dengan acara ini pandangan orang tentang graffiti semakin lebih baik dan Indonesia sebagai tempat penyelenggara semakin dikenal masyarakat dunia,” tutup Bima Chris.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Street Dealin, festivalnya para pelaku street art dan mural berskala…
Acara Festival Street Dealin XI, ajangnya para penggiat dan peminat…
Acara Festival Street Dealin XI resmi dibuka pada hari ini,…
Festival Street Dealin kembali digelar untuk kesebelas kalinya. Acara yang…
Street Dealin XI, sebuah projek kerjasama yang diinisiasi oleh Gardu…
Bagi para pecinta graffiti, acara Street Dealin yang melibatkan banyak…
Puluhan pelukis mural dan artis graffiti dari berbagai daerah ikut…