Cat ini dapat membuat tampilan papan fiber semen Anda tampak natural seperti kayu, dan juga membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Serupa tapi tak sama. Inilah penampakan papan fiber semen yang sering digunakan sebagai pengganti kayu. Bahan fiber semen memiliki tampilan menyerupai kayu, lengkap dengan guratan-guratan urat kayu alami hanya saja jika tidak di cat maka tampilannya masih seperti semen. Penggunaan fiber semen mulai banyak digunakan mengingat material kayu alami yang berkualitas mulai sulit ditemukan dan harganya pun relatif tinggi. Oleh karena itu material fiber semen mulai di gandrungi masyarakat sebagai solusi pengganti material kayu.

Salah satu project reference Fiberkote pada gerbang perumahan

Agar fiber semen tampil seperti kayu dan kesan urat kayu lebih menonjol, papan fiber semen harus dilapisi cat transparan berwarna. Penggunaan cat ini akan memberi efek gelap-terang dan tebal-tipis pada permukaan papan fiber semen sehingga tampilannya terlihat lebih natural. Selain itu, cat akan melindungi substrat sehingga material akan lebih tahan lama.

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih cat transparan berwarna untuk fiber semen adalah tingkat ketahanan cat tersebut terhadap alkali semen. Campuran serat fiber dan semen yang terkandung dalam papan fiber semen membuat material ini memiliki sifat-sifat layaknya semen. Rembesan air, genangan air, atau curahan air hujan dapat meningkatkan kelembapan yang berakibat keluarnya garam alkali.

Produk Fiberkote untuk fiber semen

Menyikapi hal ini, PT Propan Raya sebagai cat asli Indonesia mempersembahkan produk FIBERKOTE. FIBERKOTE merupakan cat transparan berwarna yang dapat melindungi dan memperindah papan fiber semen, baik di dalam maupun di luar ruangan. Selain dapat membuat papan ini tampil seperti kayu, cat ini juga tahan cuaca, tahan alkali, serta anti lumut dan anti jamur. Tersedia dalam dua pilihan FBK – 888 dengan tampilan akhir glossy (mengkilap) dan FBK–889 dengan tampilan akhir doff.

Hal yang tidak kalah penting dalah pengecatan fiber semen adalah penggunaan FIBERKOTE Penetrating Sealer FPS-820 SB, cat dasar yang mampu menembus permukaan fiber semen hingga ke bagian dalam. FIBERKOTE Penetrating Sealer FPS–820 SB juga mampu meratakan penyerapan warna pada seluruh permukaan bidang dan memberikan daya lekat yang baik bagi cat akhir. FIBERKOTE tak hanya membuat papan fiber semen Anda terlihat lebih natural, tetapi juga membuatnya awet dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Papan fiber semen memiliki serat kayu tetapi berwana seperti semen, agar tampilannya seperti kayu dan tahan lama Anda harus melapisinya dengan cat khusus fiber semen.

Hasil fiberkote pada lantai dan atap bangunan

Tampilan cat yang transparan membuat Anda harus lebih teliti dan hati-hati saat proses pengaplikasian. Agar tampilannya maksimal, Anda perlu menerapkan langkah pengalikasian FIBERKOTE berikut.

  • Pastikan permukaan papan yang akan dicat kering dan bersih, serta bebas dari debu, jamur, lumut, minyak, atau kotoran lainnya.
  • Aplikasikan cat dasar FIBERKOTE Penetrating Sealer FPS–820 (Solvent Based) menggunakan kuas secara jenuh tanpa pengenceran. Dengan kebutuhan bahan yang digunakan : ± 200ml/m2 (sekitar 5m2/liter). Biarkan kering minimal 2 jam (30°C).
  • Setelah lapisan cat dasar kering sempurna, aplikasikan FIBERKOTE FBK–888 atau FBK-889, dengan pengenceran menggunakan air bersih sebanyak 10%—20% sesuai kebutuhan aplikasi.
  • Aplikasikan sebanyak dua hingga tiga kali lapis secara merata menggunakan kuas, dengan selang waktu pengecatan minimal 2 jam (30°C).

Cat Fiberkote untuk lantai

APLIKASI KHUSUS UNTUK LANTAI

Pengaplikasian FIBERKOTE pada lantai sama seperti aplikasi pada dinding, hanya saja pada tahap akhir, biarkan lapisan terakhir kering sempurna minimal 24 jam (30°C). Setelah kering sempurna, aplikasikan PROPAN USE-60 CLEAR GLOSS, 2 kali kuas/semprot dengan rentang waktu pengecatan minimal 4 jam (30°C). Biarkan cat kering sempurna 3 – 5 (tiga hingga lima) hari sebelum lantai siap digunakan atau difungsikan.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Dalam rangka menyambut pesta olahraga Asian Games 2018, memperindah wajah…
Anda ingin mengubah tampilan furnitur kayu lama menjadi baru? Anda…
PT Propan Raya turut berpartisipasi di acara gathering komunitas HobiKayu…
Setelah diresmikan acara Kick Off Pengecatan Mural Youth Park, pada…
Pintu kayu eksterior rumah Anda mulai memudar karena terus-terusan terpapar…
Tahukah Anda batuan alam memiliki cara tersendiri lho dalam perawatannya.…
Pernah terpikir membuat jam dinding, lampu tidur, aksesori meja, atau…