Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah hari yang selalu dinantikan oleh seluruh Umat Muslim. Hari suci, dimana seluruh umat Muslim merayakan kemenangan setelah berpuasa di bulan Ramadhan. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka menyambut Lebaran. Salah satunya adalah mempercantik rumah.

Anies Walsh, desainer interior sekaligus host acara The Project Trans TV, mengungkapkan bahwa rumah yang nyaman dan tampilan yang cantik akan menjadi perhatian para tamu, keluarga, maupun kerabat, yang datang pada saat acara Halal Bihalal. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan agar rumah terlihat cantik dan menarik saat Lebaran? Menurut Anies Walsh, ini rahasianya!

1. Tentukan Tema

Jangan pernah berbelanja apapun sebelum menentukan tema dan konsep yang akan Anda usung saat Lebaran karena akan membuat bingung dan membeli barang yang mungkin tidak Anda butuhkan.

2. Ubah Warna Cat Dinding

Lebaran identik dengan mengecat ulang rumah. Perlu diingat, Lebaran bukan berarti harus mengganti cat rumah dengan warna hijau, kuning, dan biru. Sebaiknya sesuaikan dengan selera saja. Anda bisa mengubahnya dengan warna yang terang, lembut, dan bisa memberikan efek rasa damai, misalnya putih, abu muda, cream muda, beidge, atau biru pastel. Jangan lupa untuk melihat kondisi tembok rumah Anda. Jika bermasalah, maka masalah pada tembok harus diselesaikan dulu dan dinding harus diperbaiki sebelum dilapisi dengan cat baru. Anda bisa memilih produk cat interior: Go Fast A-100, Decor Lotus, Decor Cryl,  Decor Save, Ceria, atau Decor Leganza. Sementara cat eksterior, Anda bisa memilih produk cat Decor Flex, Decor Shield, Eco Shield, atau Ultraproof yang bisa ditinting warnanya.

Desainer Interior Anies Walsh yang juga pembawa acara The Project di Trans TV.

3. Perhatikan Furnitur

Pilih furnitur sesuai dengan tema ruang. Jika furniturnya sudah jadul, Anda bisa menggantinya dengan yang baru atau Anda dapat me-refinish ulang furnitur lama. Pilihan cat untuk furnitur kayu adalah Acrylux (warna solid), Impa Aqua Lacker (warna transparan). Catatan, jika dindingnya sudah berwarna, pilih warna furnitur yang netral saja, misalnya warna putih atau warna kayu netral. Jangan terlalu banyak warna karena bisa membuat mata kurang nyaman (kecuali memang temanya pop art). Jika Anda menyukai interior dengan konsep warna–warni, pastikan perpaduan warnanya serasi.

4. Pajang Aksesori Interior

Jangan terlalu banyak memajang aksesori yang membuat ruangan terlihat penuh. Pilihlah aksesori interior yang Anda sukai. Pasang aksesori interior sesuai dengan komposisi ruang, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar atau bulky juga. Komposisi yang tepat antara luas ruang keseluruhan, luas bidang dinding, dan ukuran serta bentuk aksesori yang diletakkan pada ruangan menjadi sangat penting karena komposisi yang baik mempengaruhi estetika ruangan.

5. Beri Sentuhan “Gold”

Untuk menambah keanggunan interior pada saat Lebaran, Anda bisa memberi sentuhan warna gold atau emas. Warna emas bisa diaplikasi pada perlengkapan makan, aksesori interior, bahkan pada dinding ruangan yang menjadi center point. Pilihan cat untuk warnas emas adalah Propan Super Gold.

 

Catatan:

Jika biaya tidak memadai untuk melakukan perubahan secara keseluruhan rumah, jangan dipaksakan. Pilih beberapa ruang yang sekiranya bisa dilihat banyak tamu yang berkunjung, seperti fasad atau wajah muka rumah, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur (jika area dapur menyatu dengan area keluarga). Sisanya, biarkan apa adanya dulu. Yang penting kondisinya rapi.

KOMENTAR

Ada 1 komentar untuk artikel ini
Ade15-Sep-2018 22:55:23
Semangat pagi mba Anies, kalau mau konsul kemana ya. Terima kasih
Berita Terkait
CEO PT Propan Raya Kris Rianto Adidarma yang memiliki hobi…
Siapa bilang rumah bersubsidi itu desainnya tidak menarik dan dibuat…
Cirebon menjadi salah satu kota yang sangat berkembang pesat di…
Dalam rangka menyambut pesta olahraga Asian Games 2018, memperindah wajah…
Bosan dengan tampilan atau warna furnitur kayu yang begitu-begitu saja…
Seni menggambar/melukis di atas media dinding, beton, atau permukaan luas…
Jika Anda liburan ke Manado, sempatkan berkunjung ke Jalan Raya…