Permukaan lantai beton yang tidak rata atau bergelombang dapat membuat tampilan lantai jadi tidak enak dilihat dan tidak nyaman diinjak. Untuk mengatasi masalah ini, PT Propan Raya mengeluarkan produk inovasi terbarunya bernama Propan Polymer Flooring System.

Business Unit CPC Departement Head of PT Propan Raya, Timotius Lingga, mengungkapkan bahwa permukaan lantai beton yang rata menjadi syarat mutlak untuk membuat tampilan lantai terlihat menarik. Jika permukaan lantai betonnya bergelombang, maka dipastikan cat lantainya akan terlihat bergelombang juga. Kondisi ini akan membuat keindahan lantai jadi berkurang. Selain itu, dapat mengganggu kenyamanan penggunanya.

“Untuk membuat lantai terlihat rata, biasanya para aplikator atau tukang menambah ketebalan pada lantai dengan menggunakan beton instan atau epoxy motar. Cara lain adalah dengan mengikis permukaan lantai beton dengan menggunakan mesin gerinda. Namun, cara ini mempunyai beberapa kekurangan,” ucap Timotius Lingga.

Timotius Lingga menjelaskan bahwa untuk beton instan, material ini rentan terjadi retakan pada permukaannya dan baru dapat diaplikasi setelah umur beton 28 hari. Kelembapannya juga tidak bisa dipastikan, sulit diaplikasi untuk ketebalan yang terlalu tipis, dan tidak self-leveling (tidak bisa meratakan sendiri dan harus dibantu dengan alat).

Sementara, penggunaan epoxy mortar dianggap tidak ramah lingkungan karena materialnya berbasis tiner (solvent based). Produk ini sulit diaplikasi dengan ketebalan yang tipis (harus tebal), yang membuat harganya jadi mahal sekali. Produk ini juga tidak self-leveling. Inilah yang membuat penggunaan kedua material ini dianggap tidak efektif dan efisien.

Beberapa aplikator atau tukang memilih menggunakan mesin gerinda untuk meratakan permukaan beton. Proses ini memang efektif membuat permukaan lantai beton menjadi lebih rata. Hanya saja, dibutuhkan mesin khusus untuk menghaluskan permukaan, tenaga ahli yang terampil, dan waktu pengerjaan yang lebih lama untuk meratakan permukaan beton.

Melalui riset yang mendalam dengan melihat berbagai kekurangan yang ada, PT Propan Raya berhasil mengembangkan produk cat lantai yang mampu membuat permukaan lantai beton terlihat rata. Yang menarik, produk ini sangat mudah diaplikasi karena cukup dituangkan ke permukaan beton, memiliki self-leveling yang baik, tidak perlu menggunakan alat khusus, dan proses pengerjaannya cepat.

“Propan Polymer Flooring System ini dapat membuat proses pengerjaan pengecatan lantai jadi lebih cepat, mudah, dan murah. Tinggal tuangkan saja pada permukaan betonnya, maka produk ini akan self leveling sendiri dan membuat permukaan beton menjadi super rata,” ucap Presiden Direktur PT Propan Raya, DR. Hendra Adidarma.

Produk ini dikategorikan menjadi 3 jenis. Pertama, Polyfloor Epoxy Solvent Free PFT-213N-2K SF, yaitu epoxy solvent free generasi baru dengan harderner polyaminoamine yang mempunyai daya leveling sangat baik. Produk ini mempunyai tingkat kilap yang tinggi dan dapat diaplikasi untuk ketebalan 500 micron – 1 mm  dengan hasil akhir permukaan yang halus dan rata.

Kedua, Polyfloor Epoxy Mastic Solvent Free PFT-215M-2K SF, yaitu epoxy solvent free generasi baru dengan harderner polyaminoamine yang mempunyai daya leveling sangat baik dan high build sehingga dapat diaplikasi untuk ketebalan 1-2 mm. Dibandingkan produk pertama, aplikasi produk ini bisa lebih tebal dan lebih murah.

Ketiga, Epogreen Concrete EPGC-225-3K WB, yaitu water based epoxy cementitious 3K yang didevelop khusus untuk mengatasi lantai beton yang tidak rata dengan ketebalan 2-10 mm. Produk ini bisa di-topping dengan menggunakan beberapa varian topping: Epoxy series (PFT-213N/215M), Epogreen series (EPG-233/237), serta produk Propan Hot Tire Resistant, seperti PU anti-stratch PUAS-620-2K WB dan Top Seal TS-204-1K WB.

“Dikeluarkannya Propan Flooring System ini semoga dapat menjadi solusi yang tepat bagi semua masalah lantai,” tutup Hendra Adidarma.

KOMENTAR

Ada 2 komentar untuk artikel ini
Nur Budiyanto15-Jun-2018 11:57:56
Apakah product ini dapat dikatagorikan FOOD GRADE...?? dengan temperature Tertentu...?? misalkan untuk Penggelarang Kpoi setelah di panggang..?? atau Daun Teh setelah di panggang dengan temperature tertentu....?? Nur Budhy, Prima Cat Bumiayu Brebes.. 08111272233
Nur Budiyanto15-Jun-2018 11:58:10
Apakah product ini dapat dikatagorikan FOOD GRADE...?? dengan temperature Tertentu...?? misalkan untuk Penggelarang Kpoi setelah di panggang..?? atau Daun Teh setelah di panggang dengan temperature tertentu....?? Nur Budhy, Prima Cat Bumiayu Brebes.. 08111272233
Berita Terkait
Proses pengecatan lantai beton sangat dipengaruhi oleh permukaan lantai betonnya.…
PT Propan Raya terus berinovasi dengan melahirkan produk cat berkualitasnya.…
Cat lantai dengan industri makanan, memang ada hubungannya? Bukankah yang…
PT Propan Raya terus berinovasi dengan melahirkan beragam produk cat…
Propan Raya kembali hadir pada pameran International Flooring Technology bertempat…
SIAL Interfood 2023 ke-24 merupakan pameran makanan dan minuman terbesar…
Demi lebih mendekatkan diri dengan para konsumennya, PT Propan Raya…
Mengusung tema “Polymer Flooring dan Waterfroofing”, acara yang ditujukan bagi…
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiago Uno dan jajaran Pemprov DKI…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia bernama 'Indobuildtech…
Anda yang berdomisili di Medan dan sekitarnya, kini tak perlu…
Tennokote dan Polyfloor, Cat Lantai Propan Raya berhasil meraih penghargaan…
International Flooring Technology atau dikenal juga dengan nama Floortech Indonesia…