Tak bisa dihindari, sisa-sisa sabun dan air yang menempel di setiap sudut permukaan kamar mandi lama-kelamaan akan menimbulkan kerak, baik itu pada lantai keramik, dinding keramik, kloset, wastafel, hingga bathtub. Kerak yang timbul dapat mengurangi keindahan kamar mandi Anda, bahkan menjadi sarang kuman dan bakteri jahat. Lantas, apakah kamar mandi harus dibongkar atau ada solusi lain?

Product Manager PT Propan Raya, Arief K. Hartono, menegaskan bahwa jika kondisi demikian, jangan dibongkar terlebih dahulu. “Membongkar kamar mandi sebaiknya menjadi jalan terakhir yang dilakukan untuk mengembalikan keindahan dan kebersihan kamar mandi,” ucapnya. “Kenapa terakhir? Karena merenovasi kamar mandi membutuhkan biaya yang besar, waktu yang lama, dan dapat mengganggu aktivitas penghuni,” ucap Arief, menambahkan.

Arief pun menjelaskan, solusi ampuh dalam mengubah tampilan kamar mandi yang kusam dan bernoda tanpa harus membongkar adalah dengan mengecat seluruh permukaan kamar mandi menggunakan Cerakote CTC-998 dan Cerakote CTC-997 PU. “Cerakote ini dapat mengubah tampilan kamar mandi, seperti keramik, wastafel, Urinoir, atau bathtub menjadi bersih, kilap, dan seperti baru kembali,” ucap Arief.

Produk Cerakote bisa Anda temukan di toko bahan bangunan modern atau tradisional.

Cerakote CTC-998 adalah suatu paket sistem untuk pengecatan keramik-keramik tua dan dekil sehingga terlihat keramik baru kembali tanpa bongkar. Cerakote CTC-998 terdiri atas 1 kg-set Primer Coat Waterbased (CTP-980 WB) dan 2 kg-set Top Coat (CTC-988) yang terbuat dari resin berkualitas tinggi, yang dapat digunakan untuk aplikasi 12-14 m². Keunggulannya adalah mempunyai daya lekat yang baik pada ubin keramik, mempunyai ketahanan kimia rumah tangga pada sabun detergen dan cairan pembersih, dan mudah diaplikasi.

Sementara, Cerakote CTC-997 PU merupakan cat polyurethane 2K kualitas terbaik seri produk Cerakote yang didesain khusus untuk bathtub tua/dekil menjadi baru kembali. Produk ini tidak menguning, mudah merata, gampang diaplikasi (bisa dikuas). Tersedia dalam kemasan 1 liter set. Cat ini juga tahan terhadap air panas dan tidak gampang mengelupas. Bisa digunakan di area interior maupun eksterior.

Tim Propan Raya sedang memberikan edukasi aplikasi pengecatan Cerakote kepada tim Aston Anyer Beach Hotel.

Aplikasi Cerakote CTC-998 

  1. Bersihkan keramik yang akan dicat dari kerak kotoran, jamur, dll, sampai betul-betul bersih, lalu diamplas. Pastikan permukaan kering sebelum memulai pengecatan
  2. Campurkan satu set primer (CTP-980 WB) dengan perbandingan berat pr.imer Komponen A: Primer Komponen B = 4:1. Aduk hingga merata. Bisa diencerkan dengan air 5-10% (bila diperlukan). Campurkan secukupnya karena campuran ini akan mengeras dalam 30 menit.
  3. Lapiskan cat primer yang sudah dicampur menggunakan roll, kuas, atau spray. Biarkan kering 6-8 jam sebelum pelapisan Top Coat.
  4. Campurkan satu set Top Coat (CTC-998) dengan perbandingan berat Komponent A : Komponen B = 4:1. Tidak perlu diencerkan. Aduk hingga merata. Campurkan secukupnya karena campuran ini akan mengeras dalam 45 menit.
  5. Lapiskan cat yang telah dicampur dengan roll atau kuas diatas cat dasar. Untuk mendapatkan hasil yang optimum, tunggulah 3-4 jam sebelum melakukan pengecatan lapisan top coat kedua.

 

Aplikasi Cerakote CTC-997 PU

  1. Bersihkan bathtub yang akan dicat dari kotoran, jamur, dll, sampai betul-betul bersih kemudian amplas dengan kertas amplas no.240—400, tergantung kotoran yang melekat.
  2. Campurkan satu set cat primer coat (Cerakote CTP – 980 WB) dengan perbandingan berat komp A: komp B = 4: 1. Dapat diencerkan dengan air 5-10%. Semprotkan campuran cat tersebut dengan menggunakan spray gun, cukup sekali lapis sampai merata.
  3. Setelah cat dasar CTP-980 WB kering (6-8 jam), segera lakukan pengecatan top coat dengan terlebih dahulu melakukan pengamplasan menggunakan kertas amplas yang halus no. 400, untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  4. Campurkan satu set Cerakote CTC-997 PU dengan perbandingan volume komp. A: komp. B = 2:1, encerkan dengan thinner PU sekitar 10–20%, aduk hingga merata, lalu semprotkan. Untuk hasil yang lebih bagus gunakan spray gun jenis HVLP (High Volume Low Pressure). Untuk Top Coat dapat dilakukan dengan satu kali lapis saja dengan cara menyemprot merata dan agak tebal.

 

Dengan menggunakan rangkaian produk Cerakote Series, dijamin kamar mandi Anda yang kusam menjadi bersih, kilap, dan seperti baru kembali.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Demi memberikan edukasi terkait dengan dunia petukangan, Komunitas Hobikayu Medan…
Pusing karena kamar mandi di rumah selalu bermasalah? Bisa jadi,…
PT Propan Raya menggelar acara bincang santai bertema “Mempercantik Interior…
Bunga Fatia, grafitti artist muda Indonesia, tak sekadar memamerkan karya…
Demi terus memberikan produk dan pelayanan terbaik bagi konsumennya, PT…
Kerjasama antara PT Propan Raya dengan Pemprov DKI Jakarta terus…
Selain mengadakan pameran dan memberikan talkshow edukatif, PT Propan Raya…
PT Propan Raya terus melakukan dukungan terhadap perkembangan pembangunan ekonomi…
Acara Makers BDG yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 Agustus 2018,…
Anda memiliki furnitur kayu berukir model lama di rumah dan…
Terletak di kawasan bibir Pantai Anyer, Aston Anyer Beach Hotel…