Anda memiliki furnitur kayu berukir model lama di rumah dan ingin mengubah tampilannya menjadi baru? Anda bisa coba mengaplikasikan teknik finishing bedak pupur ini agar tampilan furnitur terlihat lebih menarik.

Furnitur yang akan kami aplikasikan dengan teknik finishing bedak pupur ini adalah meja kayu berukir. Secara fisik, meja ini terbuat dari material kayu solid dan di-finishing dengan pelitur warna gelap.

Untuk jenis kayu solidnya bisa diabaikan karena pengaplikasian teknik ini tidak membutuhkan kriteria kayu khusus. Apapun kayunya, bisa. Walau tidak ada kriteria, furnitur kayu ukiran biasanya tidak jauh dari kayu jati, bangkirai, dan mahoni, yang termasuk ke dalam kriteria kayu bagus untuk furnitur.

Teknik bedak pupur ini cocok diaplikasikan pada furnitur berukir karena beberapa alasan. Pertama, teknik ini dapat mengubah tampilan furnitur yang awalnya jadul menjadi artistik. Kedua, dapat menonjolkan ukiran dengan gaya yang lebih modern. Ketiga, dapat mengubah tampilan secara cepat, singkat, dan tak merepotkan, karena tidak perlu melalui proses pengerokan cat pada permukaan furnitur lama dan bisa langsung diaplikasikan.

Ini dia tahapan aplikasinya.

1. Aduk terlebih dahulu cat Propan Antique Glaze sebelum digunakan agar kandungan yang berada di dalam kaleng cat rata. Bila dirasa cat terlalu kental, Anda bisa mengencerkan cat dengan Propan Tiner Glaze secukupnya.

2. Bersihkan seluruh permukaan furnitur dari debu dan kotoran yang menempel dengan menggunakan ampelas serabut. Ampelas ini sangat lembut, bisa menghilangkan debu dan kotoran tanpa merusak lapisan permukaan cat.

3. Setelah permukaan furnitur bersih, Anda bisa melakukan proses pengecatan dengan menggunakan cat Propan Antique Glaze hingga rata. Lalu, diamkan cat selama 1—1,5 menit.

4. Lap cat yang sudah menempel di permukaan furnitur dan masih basah dengan kain bertekstur halus. Ini dilakukan saat cat dalam kondisi basah untuk menghasilkan warna gradasi yang cantik, khususnya di area ukiran kayunya. Setelah itu, keringkan selama 2 jam.

5. Setelah kering, aduk cat Propan Impra Aqua Wood Finish yang akan digunakan sebagai top coat (lapisan cat paling akhir). Setelah cat diaduk, aplikasikan pada seluruh permukaan furnitur. Pengecatan harus dilakukan searah dengan serat kayu agar tak merusak tampilan.

6. Keringkan furnitur di area yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Waktu pengeringan minimal 2 jam. Furnitur dengan teknik finishing bedak pupur pun jadi.

Bagaimana tampilan furniturnya? Jadi tampil beda, kan!

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Anda memiliki furnitur kayu berukir model lama di rumah dan…
Selain seri fancy color PROPAN WOODSTAIN PWS-633 yang mampu mencerahkan…
Do it yourself atau biasa disingkat DIY untuk memperbaiki atau…
Bukan sekadar memamerkan produk catnya saja. Pada acara Pameran Perkembangan…
Dalam rangka menyambut pesta olahraga Asian Games 2018, memperindah wajah…
Warna emas dianggap sebagai simbol kejayaan, kemewahan, kemenangan, dan kemuliaan.…
Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran adalah hari yang selalu…
Bosan dengan tampilan atau warna furnitur kayu yang begitu-begitu saja…
Propan Raya Group kembali mengadakan acara Improvement Competition. Acara ini…
Propan Raya Group kembali mengadakan acara Improvement Competition. Acara ini…
Anda ingin mengubah tampilan furnitur kayu lama menjadi baru? Anda…
Tak bisa dihindari, sisa-sisa sabun dan air yang menempel di…
Demi memberikan edukasi terkait dengan dunia petukangan, Komunitas Hobikayu Medan…