Foreign Monolith merupakan karya instalasi yang dibuat oleh biro arsitektur ALIEN DC sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan Bintaro Design District (BDD) 2020 pada 14-24 September 2022. Berlokasi di Taman Menteng Sektor 7 Bintaro, Tangerang Selatan, karya instalasi ALIEN DC ini didukung oleh perusahaan cat asli Indonesia, Propan Raya.

Ide Foreign Monolith berawal dari keinginan tim ALIEN DC untuk menciptakan suatu instalasi yang di luar nalar dan akan memunculkan pertanyaan-pertanyaan bagi pengunjung yang melihatnya. Oleh karena itu, konsep dari instalasi ini adalah bangunan masif menyerupai batu yang melayang dengan pesawat luar angkasa yang seakan mendarat pada batu tersebut.

 

Sambutan dari Founder ALIEN DC pada Acara Serah Terima Instalasi “Foreign Monolith”

Tidak hanya sebagai pajangan, instalasi Foreign Monolith memiliki beragam fungsi untuk menaungi bermacam kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi bermain mobil-mobilan bersama di lintasan yang ada pada instalasi, bermain ayunan, serta duduk-duduk bersama di bawah instalasi.

Melihat ragamnya fungsi instalasi ini, maka Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyayangkan bila instalasi ALIEN DC ini dibongkar setelah pameran BDD usai. Oleh karena itu, pada 24 September 2022 ALIEN DC melakukan serah terima instalasi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk kemudian instalasi tersebut dijadikan permanen.

 

 

Talkshow bersama Direktur Propan sebagai Kolaborator ALIEN DC

“Berawal dari saya dan tim yang ingin menciptakan suatu instalasi yang out of the box dan buat orang bertanya-tanya. Tetapi, kita tidak mau kalau cuma buat sesuatu tapi tidak ada fungsinya. Jadi, saya dan tim coba buat instalasi yang bisa menciptakan aktivitas di bawahnya,” ucap Hardy Anthony Wiratama, Managing Director ALIEN DC.

Selain dihadiri oleh tim ALIEN DC, tim BDD, dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, acara ini juga dihadiri para kolaborator yang turut berkontribusi dalam berdirinya instalasi ini. Salah satunya adalah Propan Raya. Dihadiri oleh Yuwono Imanto selaku Direktur Propan Raya, beliau tak hanya sekadar hadir tetapi juga turut mengisi acara talkshow mengenai produk Propan yang dipakai pada instalasi ini serta proyek yang sudah dijalani Propan hingga saat ini.

 

Pemberian Kaos Propan kepada ALIEN DC untuk Acara Giveaway

“Saya merasa sangat bangga bisa turut berkolaborasi dan menjadi bagian dari instalasi ini yang nantinya akan menjadi sangat berguna bagi warga sekitar khususnya anak-anak. Kegiatan pengecatan instalasi public space ini juga menjadi salah satu program CSR bagi Propan yang diharapkan akan berguna bagi masyarakat sekitar,” ujar Yuwono Imanto.

Pada instalasi ini, Propan Raya mendukung melalui inovasi produknya dalam hal finishing karya. Instalasi ini menggunakan finishing produk Primtop untuk bagian struktur yang terbuat dari metal. Selain berfungsi mempercantik, produk cat Primtop dapat melindungi struktur dari hujan dan panas yang dapat menimbulkan korosi akibat lokasinya yang berada di luar ruang. Dengan adanya aplikasi produk Primtop, diharapkan instalasi menjadi lebih tahan lama dan berjangka panjang.

Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para pengunjung terutama anak-anak untuk menarik interaksi mereka ke dalam instalasi. Ke depannya, Propan akan terus mendukung dan berpartisipasi dalam acara serupa yang memberi banyak manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, selalu ingat “Cari Cat Cari Propan”!

 

Berbagi Hadiah kepada Warga Sekitar sebagai Penutup Acara

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Sebagai perusahaan asli Indonesia yang sedang menggaungkan slogan “Think Big,…
Bintaro Design District (BDD) 2023 kembali diselenggarakan ke-empat kalinya tahun…
Sabtu, 6 April 2019, komunitas Hobikayu bersama dengan Kementerian Pendidikan…
Bertepatan dengan momen Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang, Sekretaris…
Pameran seni Artjog kembali digelar tahun ini. Berlokasi di Jogja…
Visi PT Propan Raya yang ingin menjadi perusahaan cat dan…
Keinginan menjadi seorang pebisnis hebat sudah ada di benak Sigit,…
Sejak 2018, Klinik Darma Nusantara konsisten menjalankan Program Pengelolaan Penyakit…
Nama Toko Cat Hartono Jaya kini semakin popoler dan diperhitungkan…
Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya boneka barbie. Boneka…
Anda yang berada di Bali sedang kebingungan cari cat Propan?…
Indonesia kembali berduka. Sabtu, 22 Desember 2018, musibah tsunami melanda…