Semangat PT Propan Raya dalam mendukung kemajuan Arsitektur Indonesia terus berkobar. Setelah secara konsisten mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara dan roadshow Arsitektur Nusantara, PT Propan Raya kini siap menyelenggarakan pagelaran arsitektur terakbar di abad ini. Namanya adalah Indonesia Architecture Creative Forum (IACF). Acara ini akan berlangsung di Ruang Indraprasta 3 Hotel Sahid Jaya, Yogyakarta.

Indonesia Architecture Creative Forum (IACF) yang diinisiasi dan diorganisasikan oleh PT Propan Raya merupakan bagian dari rangkaian acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2018 yang diselenggarakan oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN). ICCF kali ini merupakan gelaran yang keempat, setelah Solo (2015), Malang (2016), dan Makassar (2017). Sementara, IACF baru diadakan tahun 2018 ini. Acara ICCF akan berlangsung pada 15—19 Oktober 2018, sementara acara IACF berlangsung pada 16 Oktober 2018.

Sebagai gambaran, ICCF dilakukan setiap tahun oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN) yang saat ini beranggotakan 160 kota kabupaten kreatif se-Indonesia. Festival ini selalu dihadiri komunitas, pegiat kota, pelaku usaha, akademisi, dan pemerintah daerah untuk mengikuti perkembangan kota kreatif di Indonesia yang terhubung dengan jejaring kota kreatif dunia. Pada tahun ini, tema yang diusung ICCF adalah “Holopis Kutha Baris”, sebuah undangan kota-kota berjejaring dan bersinergi untuk mewujudkan hal besar bersama yaitu Indonesia yang kaya dengan karya.

Acara ini diresmikan oleh Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, M.S.i., yang ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan cendera mata dari Propan Raya.

Sementara, pada pagelaran perdananya, IACF mengusung tema “Be Creativepreneur in Architecture Today with Local Genius”. Ketua panitia IACF 2018 Yuwono Imanto yang menjabat Direktur PT Propan Raya sekaligus Dewan Pengarah Indonesia Creative Cities Network menjelaskan bahwa diambilnya tema ini bertujuan untuk mengobarkan semangat kepada para arsitek-arsitek muda di tanah air untuk mengibarkan Arsitektur Indonesia, baik di kancah nasional maupun internasional.

“Kami ingin menularkan semangat kepada arsitek-arsitek muda Indonesia untuk terus menjaga, melestarikan dan mengkinikan Arsitektur Nusantara. Tidak ada cara lain untuk membela Arsitektur Indonesia, kecuali para lulusan arsitek ini tetap fokus menjalani dunia kearsitekannya dan membuka kantor arsitek sendiri ataupun menjadi professional architects, dengan tetap mengangkat  nilai-nilai budaya Indonesia dalam karya desain arsitekturnya. Tujuan kami, menjadikan architects as a profession, not title only,” ucap Yuwono Imanto yang juga dikenal sebagai inisiator Arsitektur Nusantara.

Sebagai penyelenggara acara IACF, PT Propan Raya Raya berkolaborasi dengan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF), serta bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF). Tak hanya itu, acara ini juga menggandeng media patner, seperti Bluprin.com, Metro TV, SWA, Koran Sindo, Koran Bernas, Radar Jogya Radio Sonora Jogja, dan Radio Star Jogja.

 

Para pembicara pada sesi satu yang mengisi acara IACF 2018.

Para pembicara yang mengisi Indonesia Architecture Creative Forum (IACF) terbilang sangat luar biasa. Mereka adalah para profesional yang ahli di bidangnya. Berikut daftarnya:

  1. Hari Sungkari; Deputi Bidang Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, membawakan tema “Creative Cities Development as The Infrastructure of Creative Economy”.
  2. Yuwono Imanto MM. MBA., Ketua panitia IACF 2018, Direktur PT Propan Raya sekaligus Dewan Pengarah Indonesia Creative Ciries Network (ICCN), membawakan tema “Innovation Ecosystem for Creative Industry in Architecture Today and Creative Cities Context”.
  3. Helen Agustine Rusli, B. Arch, M.A., Founder and Principal Architect SENIMAN RUANG – Architect & Interior Designer – membawakan tema “Start Up Firm in Architecture Today”.
  4. Andy Rahman, S.T. IAI, Founder and Principal Architect Andy Rahman Architect, membawakan tema “Creativity and Craftsmanship in Architecture Today”.
  5. Dr. Ir. Josef Projotomo, M. Arch., Guru Besar Arsitektur dan Peneliti Arsitektur Nusantara, membawakan tema “Arsitek yang Creativepreneur dan Arsitektur Nusantara yang Menjagad”.
  6. Hendra Adidarma, Founder & President Director of PT Propan Raya, membawakan tema “Durable Paint System for Architecture Today”.
  7. Daliana Suryawinata, B. SC., M. Arch., Founding Partner and Director of SHAU – Design & Urban Planning Architect, membawakan tema “Local and Global Network in Architecture Today”.
  8. Andra Matin, IAI, Principal Architect and Founder of Andramatin, tema “Legacy in Architecture Practice Today in Local and Govermental Context”.
Helen Agustina menjadi salah satu inspirator. Di usianya yang masih muda, ia sukses membangun firma arsitek dan sudah melahirkan banyak karya.

“Pada acara IACF, kami hadirkan para narasumber terbaik tanah air yang ahli di bidangnya masing-masing. Semua demi berjayanya Arsitektur Nusantara. Kami yakin, ada banyak ilmu dan manfaat yang bisa didapat dari mereka: bagaimana meyakinkan diri terjun menjadi seorang arsitek, bagaimana membangun biro arsitek sendiri, bagaimana agar karya Anda sebagai para arsitek dikenal orang, serta bagaimana menjadi arsitek yang profesional,” ucap Yuwono Imanto.

Helen Agustine Rusli sebagai narasumber termuda berbagi pengalaman bagaimana menjadi seorang arsitek dan bagaimana membuka biro arsitek. “Sebenarnya menjadi seorang arsitek itu tidak susah dan tidak perlu modal yang besar. Apalagi, di era milenial seperti sekarang ini, yang sangat melimpah dengan yang namanya media sosial. Yang penting kita tahu siasatnya, tools yang harus dipersiapkan sebagai start up architect, cara membangun branding, lalu mengelola networking-nya,” ucapnya.

waajah beberapa panitia yang menyukseskan acara IACF 2018.

Andra Matin, sebagai seorang arsitek yang sudah melanglang buana dengan karya yang luar biasa, akan menjadi bintang utama dalam acara IACF ini. Tak hanya mengulas proyek-proyek pribadi dan swasta, ia bahkan akan membongkar bagaimana arsitek menyikapi pengadaan jasa perencanaan sebuah bangunan/kawasan yang dikelola oleh pemerintah.

“Jika dibandingkan proyek pribadi atau swasta, pastinya proyek pemerintah cenderung banyak tantangannya. Hal ini dikarenakan proyek pemerintah sangat ketat dan terbatas dalam pendanaan, waktu, dan memiliki standar tertentu. Bagi banyak arsitek, batasan-batasan ini sering menjadi penghalang dalam menciptakan desain-desain yang menarik dan kreatif. Tetapi bagi saya, ini menjadi sebuah tantangan. Dengan pendekatan yang tepat dan penyampaian yang benar, kita masih dapat mempertahankan idealisme sebagai arsitek dengan ciri khas dari karya kita,” ucapnya.

Berbagai topik menarik ini tentunya hanya dapat Anda temukan di IACF 2018. Perlu diketahui, selain mengadakan IACF, PT Propan Raya juga ikut menyemarakkan acara Indonesia Creative Cities Gallery (ICCG) yang berlokasi di Atrium Sahid Jwalk Yogyakarta. Ayo, datang dan jadilah saksi dari kehebatan acaranya.

 

Link terkait:

https://koranbernas.id/berita/detail/160-perwakilan-kota-kreatif-berkumpul-di-jogja#.W8U6UMZ0yck.whatsapp

http://www.jognews.com/pendidikan/561-arsitektur-nusantara-harus-dilestarikan

http://www.beritasurabaya.net/index_sub.php?category=25&id=21973&tags=IACF,-Sumbangsih-Propan-Buat-Arsitektur-Indonesia

http://ekbis.harianjogja.com/read/2018/10/16/502/946223/para-arsitek-harus-majukan-arsitektur-indonesia

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang menghargai nilai arsitektur dan…
Beberapa pasang mata menatap tajam ke arah kami, tim Propan…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang memiliki keterikatan dengan arsitek…
Acara penghargaan Indonesia Most Creative Company 2018 telah dilangsungkan pada…
Sebagai bagian dari kegiatan penguatan internal kelembagaan, Indonesia Creative Cities…
PT Propan Raya terus melakukan dukungan terhadap perkembangan pembangunan ekonomi…
PT Propan Raya mengadakan pelatihan dan workshop pengecatan bagi para…
Rasa lelah dan kantuk yang menghampiri kami sepanjang perjalanan, karena…
Sebagai perusahaan asli Indonesia yang sedang menggaungkan slogan “Think Big,…
Pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik yang dikenal dengan nama…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia bernama 'Indobuildtech…
Propan Raya bekerjasama dengan Perkumpulan Pelaku Usaha Bambu Indonesia (PERPUBI)…
Komitmen PT Propan Raya dalam mengembangkan beragam produk inovasi cat…
Tak dapat dipungkiri, dunia arsitektur kini memiliki peran yang sangat…
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia,…
Propan Raya, Alkindo Mitra Raya, Apotek Bionic Farm, dan Klinik…
BANDUNG - Destinasi Digital di Jawa Barat (Jabar) kembali bertambah,…
Majalah SWA dan Yayasan Kehati kembali menggelar malam penghargaan Indonesia…
Propan Raya, sebagai perusahaan cat yang peduli dengan kegiatan sosial,…
Tagline “Go to Waterbased, Save The Planet” yang digaungkan PT…
Heboh dan meriah. Suasana inilah yang terekam pada acara pembukaan…
Dinobatkan sebagai lokomotif pengembangan Arsitektur Nusantara yang merupakan bagian dari…
PT Propan Raya bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Badan Ekonomi…
PT Propan Raya turut menyemarakkan pameran INDEX MOZAIK Indonesia 2017…
Semua orang bisa menjadi pebisnis, tetapi belum tentu bisa mempertahankan…
Demi terus memberikan produk dan pelayanan terbaik bagi konsumennya, PT…
Cat lantai dengan industri makanan, memang ada hubungannya? Bukankah yang…
PT Propan Raya kembali meraih prestasi yang membanggakan. Pada ajang…
Baraya Hobi Kayu Jawa Barat merupakan tempat kumpulnya komunitas pecinta…
Di penghujung tahun 2015 lalu, PT Propan Raya resmi meluncurkan…
Beda dan tidak biasa. Hal inilah yang tampak terlihat pada…
Keberhasilan perusahaan salah satunya ditentukan oleh adanya kedisiplinan dalam menerapkan…
Dedikasi PT Propan Raya terhadap Arsitektur Nusantara bisa dikatakan sangat…
Arsitektur Nusantara sudah mendarah daging di tubuh PT Propan Raya…
Pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik yang dikenal dengan nama…
PT Propan Raya bekerjasama Fakultas Arsitektur Desain dan Perencanaan, Institut…
Sukses dengan program Mega Consumer Promo “Gosok Aja Pasti Untung”…
Sejak 10 tahun lalu, PT Propan Raya telah mengubah laju…
Menyadari akan bahaya global warming yang maha dahsyat, PT Propan…
Menjaga dan melestarikan bangunan cagar budaya bukan pekerjaan yang ringan.…
PT Propan Raya, Wings Group, dan Koran Sindo bekerja sama…
Visi PT Propan Raya yang ingin menjadi perusahaan cat dan…
Kapal umumnya terbuat dari material kayu. Namun, Dosen institut Teknologi…
Hingar-bingar pesta perayaan Asian Games XVIII-2018 kian terasa. Berbagai persiapan…
Sabtu, 25 Agustus 2018, Propan Jabar mengadakan acara workshop aplikasi…
Acara Makers BDG yang diselenggarakan komunitas Brotherwood Bandung dan didukung…
Acara Makers BDG yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 Agustus 2018,…
PT Propan Raya menerima penghargaan dari Pemprov DKI Jakarta pada…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Dalam rangka pengembangan industri melalui “Program Pengembangan Industri Argo” dengan…
Selain memamerkan dan menjual produk catnya, ada agenda lain yang…
  Demi mendekatkan diri dengan para konsumennya, PT Propan Raya…
Untuk menjawab kebutuhan finishing mebel dan furnitur kaum milenial, PT…
  Inovasi cat yang dikembangkan PT Propan Raya kini siap…
PT Propan Raya kembali menorehkan tinta emasnya pada ajang Social…
Jakarta, 5 Oktober 2018. Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, Badan Ekonomi…
PT Propan Raya terus menyebarkan edukasi dan informasi pengecatan kepada…
PT Propan Raya kembali berpartisipasi pada pameran WoodTalk & Festival…
Keputusan-keputusan bisnis seorang Chief Executive Officer (CEO) sangat menentukan nasib…
Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi terkait dengan Program Sejuta Rumah…
Propan Raya turut memamerkan berbagai macam produk catnya pada acara…
Deretan pemenang Panasonic Gobel Awards 2018 telah dibacakan di Ballroom…
Ada kebimbangan dari kami, panitia pengumpul dana, saat memutuskan akan…
Gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) yang mengguncang Palu…
PT Propan Raya turut berpartisipasi dalam acara gathering yang diselenggarakan…
Minimnya pemahaman masyarakat terkait dengan seni jalanan, terutama di Provinsi…
Dalam rangka mempertajam pengetahuan dan pengalaman tentang industri marine coating…
Indonesia kembali berduka. Sabtu, 22 Desember 2018, musibah tsunami melanda…
Wood Creativity Fair 2019 digelar di Kota Batu, Malang, pada…
Demi memberikan informasi yang tepat terkait dengan pengecatan cat kayu,…
Badan Pendidikan & Pelatihan DPP REI dan PT Bank Tabungan…
Dalam rangka memperkuat destinasi Tanjung Kelayang yang ditetapkan oleh Presiden…
Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-37, Ikatan Nasional Konsultan…
Komitmen PT Propan Raya untuk mendukung pembangunan Indonesia yang lebih…
Pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik yang dikenal dengan nama…
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60, GAPENSI menyelenggarakan…
Komitmen Propan Raya dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui pemberian edukasi…
Demi memberi edukasi di bidang seni kriya, Jejaring Craft (Komunitas…
Tim Propan Raya tak henti-hentinya menyebarkan edukasi pengecatan kepada khalayak…
Sabtu, 6 April 2019, komunitas Hobikayu bersama dengan Kementerian Pendidikan…
Bekerjasama dengan Ciputra Group, Propan Raya—perusahaan cat asli Indonesia—melakukan peresmian…
Acara “Ngofi” atau Ngobrol Finishing yang digagas oleh Tim Cat…
Sukses dengan program Mega Consumer Promo “Gosok Aja Pasti Untung”…
Demi lebih mendekatkan diri dengan semua kalangan sekaligus mempermudah masyarakat…
Propan Raya terus menunjukkan tajinya di industri tanah air. Sukses…
Demi semakin mendekatkan diri dengan para customer-nya, Propan Raya dan…
Sabtu, 11 Mei 2019, Propan Raya melalui divisi cat kayu…
Demi memenuhi kebutuhan material cat untuk mendukung program pengadaan rumah…
Puluhan pelukis mural dan artis graffiti dari berbagai daerah ikut…
Propan Raya cabang Cirebon mengadakan acara Halal Bihalal bareng Komunitas…
Asosiasi Chief Engineer (ACE) Lombok atau Lombok (CEA) Chief Engineers…
Setelah menandatangani Nota Kerjasama (MOU) pada 24 Mei 2019 lalu,…
Propan Raya terus menyebarkan edukasi pengecatan kepada masyarakat Indonesia. Kali…
Kamis, 3 Juli 2019, DPD REI Banten (Dewan Pengurus Daerah…
Do it yourself atau biasa disingkat DIY untuk memperbaiki atau…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia, PT Propan Raya turut terpanggil…
PT Propan Raya kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung seni dan…