Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, dan perusahaan cat PT Propan Raya, kembali meluncurkan sayembara terbaru dengan tema ‘Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata (Tourism Information Center) 2019’.

Ada yang berbeda dengan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara di tahun 2019 ini. Sebelumnya, sayembara desain hanya ditujukan untuk mendukung Pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Indonesia. Tetapi, di tahun ini, Sayembara Desain Arsitektur Nusantara juga ditujukan untuk pengembangan 1 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Sulawesi Utara, yang menjadi pendatang baru pada Sayembara Desain Arsitektur Nusantara tahun ini. “Bertambahnya 1 Kawasan Ekonomi Khusus diharapkan akan semakin mewarnai beragam desain para peserta sayembara dengan mengangkat nilai-nilai kelokalannya,” ucap Menpar.

Inilah suasana konferensi pers dan penjelasan teknis Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau Turis Information Center (TIC).

Sementara, 10 destinasi prioritas lainnya tetap sama, sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi. Kesepuluh destinasi pariwisata prioritas tersebut meliputi Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu – Kota Tua (DKI Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo-Tengger–Semeru (Jawa Timur), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku).

Penambahan destinasi wisata tidak hanya membuat para peserta menjadi lebih banyak pilihan dalam menentukan lokasi dan desain. Tetapi juga, kesempatan untuk menjadi juara semakin terbuka lebar, karena jumlah pemenangnya menjadi bertambah. Yakni, akan ada 11 pemenang sesuai dengan 11 destinasi wisata, baik untuk kategori pemenang pertama, pemenang kedua, maupun pemenang ketiga.

 

Kemenpar, Bekraf, dan PT Propan Raya menandatangani kontrak kerjasama penyelenggaraan sayembara.

“Total hadiah yang akan diperebutkan oleh para peserta Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau Turis Information Center (TIC) sebesar Rp1,1 Miliar, bertambah dari tahun sebelumnya Rp1 Miliar,” ucap Menpar. Rinciannya adalah sebagai berikut: akan ada 11 pemenang pertama @ Rp50 juta, 11 pemenang kedua @ Rp25 juta, 11 pemenang ketiga @ Rp15 juta, sesuai dengan destinasi.

Ini yang tak kalah penting diketahui, bahwa dari kesebelas pemenang pertama (juara satu) akan ditandingkan dan dipilih kembali satu pemenang utama ‘the best of the best’ atau juara umum yang akan mendapat hadiah uang Rp 100 juta. Sehingga, total hadiah pemenang ‘the best of the best’ menjadi Rp 150 juta. Fantastis kan nilainya!

Hadiah para pemenang Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau Tourism Information Center.

Informasi resmi peluncuran Sayembara Desain Pusat Informasi Pariwisata (Tourism Information Center) 2019 ini diumumkan langsung oleh panitia penyelenggara pada 13 Agustus 2019, berbarengan dengan acara penjelasan teknis sayembara. Lokasi peresmiannya bertempat di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat.  Acara ini dihadiri oleh empat dari lima juri Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau Turis Information Center (TIC).

Mereka adalah Yori Antar (Ketua juri sayembara dan Profesional Arsitek Indonesia); Lea Aziz (Vice President Asia Pacific Space Designer Association – APSDA); Anneke Prasyanti (Profesional Arsitek Indonesia); dan Hari Sungkari (Deputi Infrastruktur – Badan Ekonomi Kreatif Indonesia). Sementara, Ary Indra (Profesional Arsitek Indonesia) berhalangan hadir.

Para dewan juri yang akan menilai karya peserta Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau Tourism Information Center.

Yori Antar sebagai Ketua Juri mengungkapkan bahwa besarnya peningkatan jumlah pengunjung di sektor pariwisata mau tidak mau membutuhkan arus informasi yang super cepat, akurat, dan up to date. Apalagi, di tengah industri digital saat ini dimana sumber informasi dituntut untuk semakin cepat, mudah dicari, dan dapat diandalkan. “Untuk itu dibutuhkan satu tempat sebagai sumber terpercaya, yaitu Pusat Informasi Pariwisata atau Torism Information Center,” ucapnya.

Tourism Information Center (TIC) ini memiliki tugas memberikan pelayanan kepada wisatawan, mempromosikan wisata yang ada, serta melaksanakan event atau kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata kota tersebut. Kegiatan dan informasi ini pun idealnya dapat diakses melalui digital teknologi/internet.

Para arsitek dan desainer interior sangat antusias menyambut sayembara ini.

Fungsi lainnya adalah berperan aktif dalam mendatangkan pengunjung; meningkatkan lama tinggal dan jumlah pengeluaran wisatawan; menyampaikan informasi yang update dan terpercaya  meliputi Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, dan Aktivitas Wisata; serta mengedukasi wisatawan tentang nilai-nilai kearifan lokal dan adat istiadat yang berlaku di daerah tersebut.

“Pentingnya sebuah Pusat Informasi Pariwisata di tempat wisata membuat pihak penyelenggara memutuskan untuk mengangkat tema pada sayembara kali ini, yakni Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau Tourism Information Center,” ucap Yori Antar.

Acara ini dihadiri banyak arsitek, desainer interior, media, dan para pejabat.

Direktur PT Propan Raya Yuwono Imanto mengungkapkan bahwa tema ini dipilih untuk melengkapi Sayembara Desain Arsitektur Nusantara sebelumnya. “Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata ini merupakan sayembara ketujuh, dimana 6 diantaranya hasil kolaborasi antara PT Propan Raya, Kemenpar, dan Bekraf,” ungkap Yuwono Imanto.

Keenam sayembara hasil kolaborasi ini meliputi Sayembara Desain Rumah Budaya Nusantara (2013), Sayembara Desain Desa Wisata Nusantara (2014), Sayembara Desain Bandar Udara Nusantara (2015), dan Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara (2016), Sayembara Desain Restoran Nusantara (2017), Sayembara Desain Pusat Cendera Mata Nusantara (2018), dan tahun ini, Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau TIC (2019).

Jadwal penyelenggaraan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau Tourism Information Center.

Menpar Arief Yahya mengatakan bahwa melalui sayembara ini, pihak penyelenggara ingin memberikan kesempatan bagi para arsitek dan desainer interior di seluruh Indonesia, untuk memajukan Arsitektur Nusantara, serta mendukung Program Pengembangan 10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia dan 1 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Sulawesi Utara.

“Saya mengajak para arsitek dan desainer interior Indonesia untuk berpartisipasi mengikuti Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi Pariwisata atau Tourism Information Center,” ucap Menpar. Informasi lebih lengkap tentang sayembara beserta pendaftaran, klik website arsitekturnusantara.propanraya.com. Salam Arsitektur Nusantara, Wonderfull Indonesia.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Jakarta, 5 Oktober 2018. Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, Badan Ekonomi…
Setelah melalui proses panjang, Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi…
Jakarta, 4 Oktober 2019. Sayembara Desain Arsitektur Nusantara yang diselenggarakan…
Setelah melalui serangkaian proses yang cukup panjang, Kementerian Pariwisata (Kemenpar),…
PT Propan Raya bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Badan Ekonomi…
Setelah mengukir sejarah dan mencatatkan namanya pada Museum Rekor Indonesia…
Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang diselenggarakan PT Propan Raya…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang menghargai nilai arsitektur dan…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia bernama 'Indobuildtech…
Dedikasi PT Propan Raya terhadap Arsitektur Nusantara bisa dikatakan sangat…
Arsitektur Nusantara sudah mendarah daging di tubuh PT Propan Raya…
Tak dapat dipungkiri, dunia arsitektur kini memiliki peran yang sangat…
Denpasar, 11 Oktober 2019. Propan Raya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota…
Selasa, 27 November 2018. Setelah melalui serangkaian proses yang cukup…
Jakarta, 30 November 2018. Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018…
Setelah melalui serangkaian proses yang cukup panjang, PT Propan Raya…
Heboh dan meriah. Suasana inilah yang terekam pada acara pembukaan…
Buku Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara resmi diluncurkan pada…
Akademi Bambu Nasional (ABN) menyelenggarakan seminar dan workshop dengan tema…
Komitmen Propan Raya dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui pemberian edukasi…
Demi memberi edukasi di bidang seni kriya, Jejaring Craft (Komunitas…
Setelah melalui proses penilaian, para juri Sayembara Desain Arsitektur Nusantara…
Tim Propan Raya tak henti-hentinya menyebarkan edukasi pengecatan kepada khalayak…
Bali terpilih menjadi tempat pertama diadakannya roadshow Arsitektur Nusantara yang…
Demi semakin mendekatkan diri dengan para customer-nya, Propan Raya dan…
Demi memenuhi kebutuhan material cat untuk mendukung program pengadaan rumah…
Puluhan pelukis mural dan artis graffiti dari berbagai daerah ikut…
Setelah menandatangani Nota Kerjasama (MOU) pada 24 Mei 2019 lalu,…
Do it yourself atau biasa disingkat DIY untuk memperbaiki atau…
Beda dan tidak biasa. Hal inilah yang tampak terlihat pada…
Komitmen PT Propan Raya dalam mengembangkan beragam produk inovasi cat…
Setelah melalui serangkaian proses yang panjang dari mulai peluncuran, penjurian,…
Diadakannya seminar bertema “Teknologi tercanggih untuk meningkatkan produktifitas industri mebel…
ACCOR Hotel Bali Lombok bekerjasama dengan Propan Raya mengadakan CSR…
Real Estate Indonesia (REI) kembali menyelenggarakan penghargaan Realestate Creative Awards…
Propan Raya kembali mengadakan forum diskusi arsitek. Kali ini, Propan…
Suasana gegap gempita mewarnai acara 1st Anniversary ACE & Gathering ACE…
Menyadari akan bahaya global warming yang maha dahsyat, PT Propan…
Pandemi Covid-19 yang mewabah Indonesia hingga kini, tak lantas membuat…
PT Propan Raya terus melakukan dukungan terhadap perkembangan pembangunan ekonomi…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Dalam rangka pengembangan industri melalui “Program Pengembangan Industri Argo” dengan…
Alkindo Mitra Raya (AMR) bekerjasama dengan Klinik Darma Nusantara melakukan…
Selain memamerkan dan menjual produk catnya, ada agenda lain yang…
  Demi mendekatkan diri dengan para konsumennya, PT Propan Raya…
Untuk menjawab kebutuhan finishing mebel dan furnitur kaum milenial, PT…
PT Propan Raya mengadakan pelatihan dan workshop pengecatan bagi para…
Semangat PT Propan Raya dalam mendukung kemajuan Arsitektur Indonesia terus…
PT Propan Raya terus menyebarkan edukasi dan informasi pengecatan kepada…
JAKARTA – Hei para arsitek dan desain interior di Indonesia,…
Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi terkait dengan Program Sejuta Rumah…
Ada kebimbangan dari kami, panitia pengumpul dana, saat memutuskan akan…
Rasa lelah dan kantuk yang menghampiri kami sepanjang perjalanan, karena…
Minimnya pemahaman masyarakat terkait dengan seni jalanan, terutama di Provinsi…
Tagline “Go to Waterbased, Save The Planet” yang digaungkan PT…
Dinobatkan sebagai lokomotif pengembangan Arsitektur Nusantara yang merupakan bagian dari…
PT Propan Raya resmi meluncurkan pabrik cat water based terbaru…
Sebagai perusahaan asli Indonesia yang sedang menggaungkan slogan “Think Big,…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang memiliki keterikatan dengan arsitek…
Wood Creativity Fair 2019 digelar di Kota Batu, Malang, pada…
Demi memberikan informasi yang tepat terkait dengan pengecatan cat kayu,…
Badan Pendidikan & Pelatihan DPP REI dan PT Bank Tabungan…
Demi lebih mendekatkan diri dengan para konsumennya, PT Propan Raya…
Dalam rangka memperkuat destinasi Tanjung Kelayang yang ditetapkan oleh Presiden…
Pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik yang dikenal dengan nama…
PT Propan Raya menggelar acara bincang santai bertema “Mempercantik Interior…
Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-37, Ikatan Nasional Konsultan…
Bunga Fatia, grafitti artist muda Indonesia, tak sekadar memamerkan karya…
Semua orang bisa menjadi pebisnis, tetapi belum tentu bisa mempertahankan…
Komitmen PT Propan Raya untuk mendukung pembangunan Indonesia yang lebih…
Demi terus memberikan produk dan pelayanan terbaik bagi konsumennya, PT…
Indonesia sejatinya tidak pernah kekurangan arsitek. Buktinya, banyak arsitek Indonesia yang…
Pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik yang dikenal dengan nama…
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60, GAPENSI menyelenggarakan…
Bukan sekadar memamerkan produk catnya saja. Pada acara Pameran Perkembangan…
PT Propan Raya kembali meraih prestasi yang membanggakan. Pada ajang…
Dalam rangka memeriahkan acara ulang tahun yang ke-62 Depo Pemeliharaan…
Kerjasama antara PT Propan Raya dengan Pemprov DKI Jakarta terus…
Sabtu, 6 April 2019, komunitas Hobikayu bersama dengan Kementerian Pendidikan…
Demi memperindah wajah Jakarta sekaligus menyemarakkan pesta olahraga Asian Games…
Dalam rangka menyambut pesta olahraga Asian Games 2018, memperindah wajah…
Bekerjasama dengan Ciputra Group, Propan Raya—perusahaan cat asli Indonesia—melakukan peresmian…
Acara “Ngofi” atau Ngobrol Finishing yang digagas oleh Tim Cat…
Mengusung tema “Polymer Flooring dan Waterfroofing”, acara yang ditujukan bagi…
Dalam rangka pelaksanaan dan pengawasan barang yang beredar di pasaran,…
Demi lebih mendekatkan diri dengan semua kalangan sekaligus mempermudah masyarakat…
Propan Raya terus menunjukkan tajinya di industri tanah air. Sukses…
Tahukah Anda, Toko Cat Lancar sudah memiliki lebih dari 20…
Sabtu, 11 Mei 2019, Propan Raya melalui divisi cat kayu…
Baraya Hobi Kayu Jawa Barat merupakan tempat kumpulnya komunitas pecinta…
Propan Raya cabang Cirebon mengadakan acara Halal Bihalal bareng Komunitas…
Selain seri fancy color PROPAN WOODSTAIN PWS-633 yang mampu mencerahkan…
Satu lagi bukti PT Propan Raya mendukung arsitektur Indonesia. Setelah…
Asosiasi Chief Engineer (ACE) Lombok atau Lombok (CEA) Chief Engineers…
Di penghujung tahun 2015 lalu, PT Propan Raya resmi meluncurkan…
Propan Raya terus menyebarkan edukasi pengecatan kepada masyarakat Indonesia. Kali…
Kamis, 3 Juli 2019, DPD REI Banten (Dewan Pengurus Daerah…