JAKARTA – Hei para arsitek dan desain interior di Indonesia, ada event seru buat kalian. Namanya Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata. Total hadiahnya fantastis. Mencapai Rp 1 miliar. Buruan kirim karya kalian.

Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata adalah hasil kerja bareng antara Kementerian Pariwisata dengan Propan, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan BRI. Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga tidak ragu mengajak para arsitek dan desain interior terbaik Tanah Air untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Destinasi pariwisata Indonesia sudah sangat menarik dengan atraksinya. Untuk itu, Saya mengajak para arsitek dan interior desainer di seluruh indonesia, untuk berpartisipasi dalam Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata. Lomba ini akan melibatkan 10 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia,” tutur Menpar dalam unggahan video di akun Instagramnya, Sabtu (3/11).

Kesepuluh destinasi prioritas itu adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu – Kota Tua (DKI Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo-Tengger–Semeru (Jawa Timur), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku).

 

Kondisi pada saat peluncuran Sayembara Desain Pusat Cenderamata.

Peresmian Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 sendiri telah dilakukan di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, 5 Oktober 2018 silam. Sedangkan pendaftaran dilakukan mulai 16 Oktober 2018.

Buat kalian para arsitek dan desainer interior Indonesia yang ingin berpartisipasi, perlu diketahui bahwa batas untuk menyerahkan karya adalah 16 November 2018. Selanjutnya, karya kalian akan diverifikasi pada 21 November 2018. Penjurian final 27 November 2018. Hasil sayembara diumumkan 30 November 2018. Untuk aturan main sayembara, silahkan kunjungi website arsitekturnusantara.propanraya.com.

“Dengan hadiah total mencapai Rp 1 miliar, saya berharap muncul gagasan terbaik. Bagaimana menampilkan arsitektur dan tata pamer kerajinan souvenir dan oleh-oleh yang bernuansa modern. Namun, sarat kearifan lokal,” katanya.

Para juri yang akan menilai Sayembara Desain Pusat Cenderamata 2018.

Juara di tiap-tiap destinasi akan ditetapkan 3 pemenang. Yaitu, tiga pemenang utama yang masing-masing akan mendapatkan Rp 50 juta, 1 Pemenang Harapan I yang akan mendapatkan Rp 25 juta, dan 1 Pemenang Harapan II yang akan mendapat Rp 15 Juta. Yang tak kalah menarik, bagi pemenang utama, karyanya akan dilombakan kembali dan dipilih sebagai juara umum dengan tambahan uang sebesar Rp 100 juta. Jadi, total hadiah yang akan dibawa pemenang utama adalah Rp 150 juta.

Juri-juri yang akan dilibatkan pun berkelas. Seperti dari Himpunan Desainer Interior Indonesia Lea Azis, tiga arsitek Indonesia Anneke Prasyanti, Endy Subijono, dan Yori Antar. Serta Desain Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari.

Salah seorang dewan juri, Yori Antar mengatakan, sebuah pusat cenderamata selayaknya dapat memberikan kesan. Baik dari segi pelayanan maupun suasana ruangnya. “Untuk itu, desain harus mempunyai kesan tersendiri dari segi interiornya. Kesan-kesan tersebut dapat dibentuk pada elemen-elemen pembentuk. Juga pelengkap ruang yang merupakan unsur-unsur desain interior,” katanya.

Jadi, ayo ikuti Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia,…
Jakarta, 5 Oktober 2018. Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, Badan Ekonomi…
Setelah melalui proses panjang, Sayembara Desain Arsitektur Nusantara Pusat Informasi…
Jakarta, 4 Oktober 2019. Sayembara Desain Arsitektur Nusantara yang diselenggarakan…
Setelah melalui serangkaian proses yang cukup panjang, Kementerian Pariwisata (Kemenpar),…
Selasa, 27 November 2018. Setelah melalui serangkaian proses yang cukup…
Jakarta, 30 November 2018. Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018…
Setelah melalui serangkaian proses yang cukup panjang, PT Propan Raya…
Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 yang diselenggarakan PT Propan Raya…
PT Propan Raya bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Badan Ekonomi…
Setelah mengukir sejarah dan mencatatkan namanya pada Museum Rekor Indonesia…
Buku Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara resmi diluncurkan pada…
Setelah melalui proses penilaian, para juri Sayembara Desain Arsitektur Nusantara…
Setelah melalui serangkaian proses yang panjang dari mulai peluncuran, penjurian,…