Sejak 10 tahun lalu, PT Propan Raya telah mengubah laju bisnisnya ke cat ramah lingkungan berbasis air (water based). Hari ini, rangkaian produk cat water based tersebut diperkenalkan dan dipopulerkan secara penuh di Vietnam, melalui anak perusahaan PT Propan Raya bernama Alkana. Langkah ini sebagai bentuk komitmen PT Propan Raya dan Alkana yang mendukung program “go green” dunia.

Perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global atau global warming telah menjadi isu besar di dunia. Bahkan, efek global warming yang terjadi saat ini semakin terlihat nyata. Sejumlah bukti terkait bahaya global warming sudah terlihat dan terasa oleh kita semua, seperti suhu bumi yang semakin memanas, naiknya level air laut, perubahan cuaca yang ekstrem, pergeseran musim, kualitas udara yang tidak bersih, dan masih banyak lagi. Jika terus dibiarkan, bumi beserta isinya dapat musnah dalam sekejap.

Menyadari hal ini, Dr. Hendra Adidarma sebagai pendiri perusahaan dan Presiden Direktur PT Propan Raya, secara berani mengubah laju produksi perusahaannya ke produk cat ramah lingkungan berbasis air. Bukan hal ringan untuk mengubah arah bisnis perusahaan. Selain membutuhkan biaya yang besar, perusahaan juga harus mendevelop ulang beberapa produk catnya. Tetapi, bagi Sang Legenda Cat, ia siap mengambil risiko dan tantangan ini.

CEO PT Propan Raya sedang menjelaskan perusahaan cat PT Propan Raya kepada para industri furnitur di Vietnam.

Apa yang dilakukan DR. Hendra Adidarma bukan karena adanya regulasi terkait penggunaan solvent based. Ia mengakui bahwa cat water based lebih ramah lingkungan dibanding dengan cat solvent based. Selain tidak ramah lingkungan, cat solvent based juga berbau menyengat dan memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) yang berbahaya baik bagi tubuh maupun lingkungan. Oleh karena itu, ia berkomitmen untuk ikut berkontribusi menjaga bumi dengan mendirikan pabrik cat ramah lingkungan bernama Propan Dekorindo Raya.

Pabrik Propan Dekorindo Raya ini dioperasikan dengan mesin-mesin berteknologi terbaru dan termutakhir bernama Rapid Production System (RPS) yang berasal dari Jerman. “Teknologi yang dipakai ini merupakan satu-satunya teknologi yang ada di Asia Pasifik. Dengan teknologi ini, seluruh proses produksi hingga barang jadi akan lebih ramah lingkungan,” ucap Hendra Adidarma. Keunggulan teknologi RPS antara lain produksi yang sangat cepat, yaitu 25 ton per batch dalam waktu 4 jam; produk yang dihasilkan konsisten dan stabil; penggunaan sumber daya manusia yang sedikit; serta hemat ruang.

Techical Director Alkana and PT Propan Raya Dr. Mircea Manea sedang menjelaskan bahaya global warming dan solusinya.

Yang menarik, selain catnya ramah terhadap lingkungan, cat water based ini memiliki kualitas yang setara dengan cat solvent based. Inilah beberapa keuntungan menggunakan cat water based yang diproduksi PT Propan Raya dan Alkana.

  1. Produk ini menggunakan air sebagai pengencernya sehingga lebih ramah lingkungan dan tidak mencemari lingkungan sekitarnya.
  2. VOC (Volatile Organic Compound) rendah bahkan hampir tidak ada sehingga dapat mengurangi efek pemanasan global.
  3. Tidak berbau sehingga dapat memudahkan proses aplikasi maupun setelah aplikasi.
  4. Bebas dari kandungan beracun, seperti formaldehida dalam melamin atau logam berat, yang biasa ditemukan pada cat berbasis solvent based.
  5. Menghasilkan kualitas dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan cat berpelapis NC atau solvent based.
  6. Memiliki ketahanan cuaca yang baik sehingga bisa diaplikasi untuk finishing interior dan eksterior.
  7. Meminimalisir risiko kebakaran. Dengan menggunakan produk cat water based produksi PT Propan raya dan Alkana dapat mengurangi mengurangi risiko kebakaran di sekitar area kerja secara tidak langsung karena dapat meminimalkan efek radiasi pelarut yang dikenal sebagai salah satu fakta api tigger.
Senior Technical Manager PT Propan Raya Soerono Handojo sedang memaparkan produk cat kayu untuk eksterior.

General Director Alkana Vietnam, Ali Sumanto, mengatakan siap mendukung perubahan bisnis yang telah dilakukan PT Propan Raya yang kini juga akan dilakukan oleh Alkana Vietnam. Apalagi, perubahan ini merupakan hal yang positif. “Akan membahagiakan bagi kami jika bisa berkontribusi positif kepada lingkungan. Makanya, kami siap mempopulerkan dan terus mengembangkan produk cat water based ini di Vietnam, terutama untuk produk cat kayunya,” ucap Ali Sumanto.

Untuk itu, pada hari ini, Rabu, 30 Mei 2018, Alkana Vietnam menyelenggarakan seminar dan pameran produk cat water based yang berlokasi di The Reverie Saigon Hotel, 23-36 Nguyen Hue Blvd, Distric 1, Ho Chi Minh City, Vietnam. Mengusung tema “Go to Water Based Wood Cooting”, acara ini menghadirkan pembicara-pembicara ahli seperti Dr. Mircea Manea, Techical Director Alkana and PT Propan Raya; Soerono Handojo, Senior Technical Manager untuk produk cat kayu eksterior; dan Muliana Logito Senior Technical Manager untuk produk cat kayu interior.

Senior Technical Manager PT pPopan Raya Muliana Logito menjelaskan rangkaian produk cat kayu interior.

Beberapa produk cat kayu water based yang diperkenalkan pada acara ini adalah sebagai berikut.

1. WB American Style of Finishing (WB ASOF)
ASOF (American Style of Finishing) adalah sistem finishing kayu yang ditujukan untuk pasar ekspor furnitur ke Amerika Serikat. Dalam sistem ini dihasilkan film yang transparan dan alami yang membuat warna furnitur menjadi lebih hidup, terkesan kuno, dan terlihat antik. Keuntungan lain, ketahanan kimia yang lebih baik dibandingkan dengan NC, tidak mengandung pelarut, ramah lingkungan, mudah digunakan dan cepat kering, sesuai dengan peraturan internasional yang terkait dengan senyawa tidak beracun dan pembatasan VOC.

2. WB Eksterior
Untuk pelapis eksterior fokusnya adalah pada daya tahan dan perlindungan terhadap kelembapan, sinar matahari, dan serangan mikrobiologi. Pelapis kayu water based untuk eksterior ini harus lulus tes uji. Tes yang paling penting menurut EN 927 adalah uji pelapukan alami dan buatan. Propan Water Based System ini nyatanya telah lulus uji. Produk ini cocok diaplikasi untuk furnitur taman, jendela, pintu, pergolas, pagar, bengkel tukang kayu, dan panel.


Parea peserta seminar sangat bersemangat melihat hasil aplikasi cat Propan berbasis water based yang dipamerkan.

3. WB Interior
Pelapis furnitur interior ini telah memenuhi peraturan VOC, memiliki ketahanan goresan, tahan gores dan kimia. Produk ini dapat diaplikasi pada kursi, bingkai foto, pintu, alat musik, kitchen set, serta dapat diaplikasikan pada substrat berbasis kayu seperti MDF atau kayu-plastik komposit.

4. UV Primer High Build
UV Primer High Build adalah UV sistem finishing yang sangat efisien untuk kayu tipe MDF dan Playwood. Sistem ini dapat membuat permukaan substrat menjadi lebih halus dan dapat langsung diaplikasikan pada permukaan yang dilapisi Melamine, NC Duco, atau cat PU. Adhesi dengan substrat sangat bagus. Aplikasi dengan menggunakan roller coater dapat lebih efisiensi hingga 98%.

5. Water Based 2K PU

Water Based 2K PU dalah cat polyurethane 2 komponen yang berbasis air dengan keunggulan ketahanan gores yang bagus. Water based 2K PU juga tahan terhadap bahan-bahan kimia rumah tangga seperti cairan pembersih furniture, saos, kecap, dll. Tersedia untuk tingkat kilap yang lengkap mulai dari dead matt sampai high gloss. Produk ini juga bisa di-buffing untuk menghasilkan furniture high gloss.

6. Nano Kristal Top
Nano Kristal Top adalah produk pengembangan terbaru untuk menghasilkan tingkat gloss tertinggi dengan ketahanan gores dan ketahanan terhadap bahan-bahan kimia rumah tangga yang paling baik. Dengan teknologi nano silika maka produk ini dapat mengisi pori-pori yang terkecil pada base coat sehingga menghasilkan tingkat gloss yang maksimal seperti kaca. Produk ini bisa diaplikasikan di atas bermacam-macam substrat seperti kayu, plastik, fiberglass, dan metal. Produk ini sangat cocok untuk finishing table top dan kitchen cabinet.

Hendra Adidarma berharap masyarakat mulai beralih dari cat solvent based ke cat water based yang lebih ramah lingkungan. “Produk cat water based ini adalah produk masa depan. Tetapi, sebagai perusahaan paling inovasi, PT Propan Raya sudah menyiapkan semuanya. Harapannya, dengan perubahan ini bumi kita akan semakin go green,” tutup Hendra Adidarma.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
PT Propan Raya turut berpartisipasi di acara WoodTalk & Festival…
Tim Propan Raya tak henti-hentinya menyebarkan edukasi pengecatan kepada khalayak…
Asosiasi Chief Engineer (ACE) Lombok atau Lombok (CEA) Chief Engineers…
Kamis, 3 Juli 2019, DPD REI Banten (Dewan Pengurus Daerah…
Propan Raya bekerjasama dengan Perkumpulan Pelaku Usaha Bambu Indonesia (PERPUBI)…
PT Angkatan Sungai Danau dan Penyebrangan Indonesia Ferry atau ASDP…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Propan Raya kembali adakan Applicator Gathering ketiga dengan tema “Always…
Propan Raya merupakan perusahaan cat 100% asli Indonesia yang senantiasa…
Propan Raya telah menjadi mitra Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan…
Propan Raya merupakan perusahaan cat asli Indonesia yang berdiri sejak…
Propan Raya mengikuti pameran IFMAG WOODMAC 2023 bertempat di Jiexpo…
PT Propan Raya resmi meluncurkan pabrik cat water based terbaru…
Demi memberikan informasi yang tepat terkait dengan pengecatan cat kayu,…
Dalam rangka memperkuat destinasi Tanjung Kelayang yang ditetapkan oleh Presiden…
Komitmen PT Propan Raya untuk mendukung pembangunan Indonesia yang lebih…
Pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik yang dikenal dengan nama…
Komitmen Propan Raya dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui pemberian edukasi…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia bernama 'Indobuildtech…
Sabtu, 6 April 2019, komunitas Hobikayu bersama dengan Kementerian Pendidikan…
Anda tinggal di Madura dan butuh cat Propan? Datang saja…
Sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus menyemarakkan acara pembukaan Toko Propan…
Demi memenuhi kebutuhan material cat untuk mendukung program pengadaan rumah…
Setelah menandatangani Nota Kerjasama (MOU) pada 24 Mei 2019 lalu,…
Propan Raya terus menyebarkan edukasi pengecatan kepada masyarakat Indonesia. Kali…
Warna emas dianggap sebagai simbol kejayaan, kemewahan, kemenangan, dan kemuliaan.…
Beda dan tidak biasa. Hal inilah yang tampak terlihat pada…
Semua orang mengharapkan bangunan miliknya terlihat menarik baik dari sisi…
Propan Inspiration Center (PIC) Satria Grogol menawarkan lebih dari sekadar…
Tak dapat dipungkiri, dunia arsitektur kini memiliki peran yang sangat…
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia,…
Diadakannya seminar bertema “Teknologi tercanggih untuk meningkatkan produktifitas industri mebel…
Propan Raya, Alkindo Mitra Raya, Apotek Bionic Farm, dan Klinik…
Majalah Marketing kembali menyelenggarakan Marketing Award untuk keempat belas kalinya.…
Hari ini, Sabtu, 28 April 2018, PT Propan Raya kedatangan…
Propan Raya, sebagai perusahaan cat yang peduli dengan kegiatan sosial,…
ACCOR Hotel Bali Lombok bekerjasama dengan Propan Raya mengadakan CSR…
Asosiasi Chief Engineering (ACE) Indonesia menandatangani kontrak kerja sama (MoU)…
Menyadari akan bahaya global warming yang maha dahsyat, PT Propan…
Peduli dengan kondisi negeri yang sedang berjuang melawan virus Corona…
Peduli dengan kondisi negeri yang sedang berjuang melawan virus Corona…
Menjaga dan melestarikan bangunan cagar budaya bukan pekerjaan yang ringan.…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia, Propan Raya tergerak untuk mengibarkan…
Visi PT Propan Raya yang ingin menjadi perusahaan cat dan…
Pandemi Covid-19 yang mewabah Indonesia hingga kini, tak lantas membuat…
Propan Raya sebagai perusahaan cat asli Indonesia menjalankan visi dan…
Hingar-bingar pesta perayaan Asian Games XVIII-2018 kian terasa. Berbagai persiapan…
Acara Makers BDG yang diselenggarakan komunitas Brotherwood Bandung dan didukung…
Acara Makers BDG yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 Agustus 2018,…
Sebuah pepatah kuno dari Suku Indian Cree mengatakan bahwa “Bila…
PT Propan Raya menerima penghargaan dari Pemprov DKI Jakarta pada…
Rumah veteran perang kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) Kapten CPM Purn…
PT Propan Raya sebagai perusahaan cat asli Indonesia patut berbangga…
Selain memamerkan dan menjual produk catnya, ada agenda lain yang…
Propan Raya bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Dinas Perindustrian dan…
PT Propan Raya tak henti-hentinya membagikan pengetahuan bagi IKM di…
Untuk menjawab kebutuhan finishing mebel dan furnitur kaum milenial, PT…
JHub Art Festival merupakan acara yang terselenggara pada 8-29 Mei…
Jakarta, 5 Oktober 2018. Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, Badan Ekonomi…
PT Propan Raya mengadakan pelatihan dan workshop pengecatan bagi para…
Semangat PT Propan Raya dalam mendukung kemajuan Arsitektur Indonesia terus…
PT Propan Raya terus berinovasi dengan melahirkan produk cat berkualitasnya.…
PT Propan Raya kembali berpartisipasi pada pameran WoodTalk & Festival…
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Lenteng Agung atau yang lebih dikenal…
Tennokote dan Polyfloor, Cat Lantai Propan Raya berhasil meraih penghargaan…
Jangan lewatkan kesempatan berharga untuk mengikuti program Happy Wheel 2022…
Pada Minggu (28/5), Propan Raya berdonasi kepada Panti Asuhan Arriyaadhul…
Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi terkait dengan Program Sejuta Rumah…
Pada 6 Juli 2022 bertempat di Propan Inspiration Center Grogol,…
Propan Raya turut memamerkan berbagai macam produk catnya pada acara…
Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sedang dalam tahap pembangunan. Berbagai…
Beberapa pasang mata menatap tajam ke arah kami, tim Propan…
Bekerjasama dengan Ciputra Group, Propan Raya sebagai perusahaan cat asli…
Rasa lelah dan kantuk yang menghampiri kami sepanjang perjalanan, karena…
Pada Kamis, 27 Oktober 2022, Propan Raya mengadakan acara workshop…
Pada Hari Kesehatan Nasional yang ke-58, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia…
Indonesia kembali berduka. Sabtu, 22 Desember 2018, musibah tsunami melanda…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia, The 21…
Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, memberikan apresiasi kepada…
BCI Central memberikan penghargaan kepada masing-masing 10 pengembang properti dan…
Anda seorang aplikator yang ingin menjadi tenaga ahli pengecatan? Bergabung…
Tagline “Go to Waterbased, Save The Planet” yang digaungkan PT…
Proaktif dalam percepatan mewujudkan pembangunan Indonesia, IndoBuildTech Expo kembali terselenggara…
Heboh dan meriah. Suasana inilah yang terekam pada acara pembukaan…
Pada Sabtu (17/6), Propan Raya meresmikan kantor cabang baru yang…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang menghargai nilai arsitektur dan…
Dinobatkan sebagai lokomotif pengembangan Arsitektur Nusantara yang merupakan bagian dari…
Jakarta, 2 Agustus 2023 - Propan Raya sebagai perusahaan cat…
Propan Raya kembali hadir pada pameran International Flooring Technology bertempat…
Sebagai perusahaan asli Indonesia yang sedang menggaungkan slogan “Think Big,…
Bintaro Design District (BDD) 2023 kembali diselenggarakan ke-empat kalinya tahun…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang memiliki keterikatan dengan arsitek…
SIAL Interfood 2023 ke-24 merupakan pameran makanan dan minuman terbesar…
Pameran Konstruksi Indonesia 2023 menjadi pameran konstruksi terbesar dari Kementerian…
Wood Creativity Fair 2019 digelar di Kota Batu, Malang, pada…
  Pengecatan perabotan rumah dan kendaraan adalah langkah penting dalam…
Badan Pendidikan & Pelatihan DPP REI dan PT Bank Tabungan…