Pada Kamis (20/10), PT Propan Raya berhasil membawa pulang 4 penghargaan bergengsi bintang 5 (tertinggi) di ajang Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2022 yang terbagi dalam 2 kategori yaitu 3 penghargaan untuk katagori perusahaan “Excellence Award for Quality Program of Safety & Health, The Best Green Company Award, and The Best Safety Innovation Award”, serta satu penghargaan untuk katagori individu yaitu “The Best CEO Focus on Safety Culture” yang dinobatkan kepada Bapak Kris Rianto Adidarma.

Sumber Daya Manusia (SDM) dan kepedulian terhadap linkungan hidup (environment) memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan. Pasalnya manusia merupakan aset utama yang memiliki pengaruh paling penting yang menentukan keberhasilan atau kegagalan sebuah perusahaan dan juga kelestarian lingkungan. Oleh karena itu, sudah semestinya SDM yang peduli pada lingkungan mendapatkan perhatian serius dan dikelola dengan sebaik mungkin.

Hal itu perlu dilakukan agar SDM yang dimiliki perusahaan mampu memberikan kontribusi yang optimal, dalam upaya mencapai tujuan perusahaan melalui beberapa aspek yang mempengaruhinya, termasuk dalam hal kepemimpinan dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). K3 dalam cakupan organisasi juga mencakup pengelolaan linkungan kerja dan sekitar (environment). Mengapa kepemimpinan dan K3 ini perlu diperhatikan?

Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, Dr. Ida Fauziah, M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa menurut data yang dirilis oleh BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2022 telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 61.805 kasus dan penyumbang terbanyak kecelakaan kerja tersebut merupakan tenaga kerja yang berusia muda.

Tim Propan Raya menerima penghargaan 

 

Untuk itu, guna mencapai produktivitas kinerja yang meningkat dan menekan tingginya angka kecelakaan kerja, perusahaan perlu melakukan berbagai upaya pendekatan dan sosialisasi K3 yang lebih intens dan inovatif. Khususnya, hal ini harus diberikan kepada kaum muda di perusahaan agar semakin peduli dalam melaksanakan K3 di tempat kerja.

Walau angkanya tergolong masih sangat tinggi, Majalah First Indonesia menyakini bahwa ada banyak perusahaan di Indonesia yang sudah melaksanakan K3 secara baik dan benar. Atas hal itu, Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2022 oleh Majalah First Indonesia hadir untuk mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas implementasi K3 dan pengelolaan linkungan (green company) dalam setiap kegiatan bisnis perusahaan.

ISEA 2022 merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi divisi K3 di setiap perusahaan, khususnya pada kondisi Covid-19 dengan bertransformasi pada dunia digital tanpa mengesampingkan keselamatan dan budaya kerja di lingkungan perusahaan masing-masing. 

Proses Penjurian Award Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2022

 

Proses penilaian ISEA 2022 ini diikuti beberapa perusahaan besar swasta, BUMN, dan BUMD melalui proses seleksi yang ketat. Penilaian dan penentuan pemenang dilakukan berdasarkan wawancara penjurian di beberapa kategori, yaitu implementasi SMK3, transformasi digital / implementasi kolaborasi dengan SMK3, inovasi program unggulan yg sudah dilakukan dalam K3, kebijakan dan prosedur K3 berdasar Eco Green, serta aspek budaya digital.

Propan Raya sebagai perusahaan cat asli Indonesia turut melakukan sesi penjurian oleh juri profesional yang terdiri akedemisi, pejabat teras disnaker dan juga konsultan senior dibidangnya secara online yang di wakili oleh tim SHE (Safety, Health, Environment) dan CEM (Center of Excellence Management) Propan Raya serta diketuai langsung oleh bapak Erwin Widjaja.

Propan Raya melalui Departemen SHE berperan secara berkesinambungan mengupayakan berbagai langkah safety, seperti mencegah kecelakaan dan cedera, membuat dan mengimplementasikan kebijakan dan prosedur sesuai peraturan perundang-undangan, serta arahan dari pemimpin, yakni Bapak Kris Rianto Adidarma, mengenai K3 dan pembentukan budaya Safety di Propan Raya Group.

Tim SHE Propan Raya juga memastikan bahwa kebijakan dan prosedur agar diikuti oleh semua pegawai, menjalankan inspeksi rutin, dan mencerminkan temuan mereka dalam penilaian risiko. Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa setiap bahaya diperbaiki dan risikonya berada minimal, serta menyelidiki semua kecelakaan yang telah terjadi.

Tim Propan Raya dalam Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2022

 

Selain itu, Propan Raya juga memiliki program unggulan keselamatan yang diperuntukan bagi sumber daya manusia Propan Raya, yaitu program unggulan keselamatan berbasis web sistem yang menangkap manajemen keselamatan ujung ke ujung yang terintegrasi ke perangkat seluler.

Berkat inovasi ini, Propan Raya berhasil membawa pulang penghargaan Indonesia Safety Excellence Awards 2022 dengan nilai bintang 5 yang merupakan tingkatan tertinggi untuk kategori Excellence Award for Quality Program of Safety & Health, The Best Green Company Award, dan The Best Safety Innovation Award. The Best Green Company Award dan The Best Safety Innovation Award sangat bergengsi sekali karena hanya diberikan pada perusahaan yang menerapkan teknologi digital secara menonjol dan inovatif dalam pengelolaan K3 dan lingkungan. Selain itu, Kris Rianto Adidarma selaku CEO Propan Raya juga berhasil membawa pulang penghargaan pada ajang yang sama yaitu The Best CEO Focus on Safety Culture.

Berlokasi di Hotel El Royal, Bandung, proses pemberian penghargaan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Ida Fauziah, M.Si., dan Wakil Bupati Bandung, H. Sahrul Gunawan, S.E melalui daring.

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Ida Fauziah, M.Si., yang membuka acara

COO Propan Raya Erwin Widjaja mengungkapkan bahwa tujuan mengikuti lomba ini adalah melakukan benchmark sekaligus uji pada konsep dan implementasi kebijakan terkait selain itu pencapaian ini merupakan pengakuan atas program-program keselamatan kerja di Propan Raya.

“Propan Raya sebagai perusahaan manufaktur yang memiliki banyak sekali SDM sangat memperhatikan keselamatan kerja di tempat kerja. Program-program yang kami jalankan untuk memaksimalkan keselamatan karyawan dan memastikan bahwa kebijakan dan prosedur diikuti oleh semua pegawai serta termonitor dengan baik,” ujar Erwin. Selanjutnya dikatakan oleh Erwin, penghargaan ini akan menjadi cambuk agar lebih baik lagi dalam pengelolaan K3 dan program safety lainnya. 

Senada dengan Erwin Widjaja, CEO Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, menyampaikan kebanggaan atas prestasi yang didapatkan oleh Propan Raya. “Keselamatan kerja merupakan hal yang utama bagi kami, apalagi Propan Raya memiliki ribuan pegawai yang tersebar di seluruh Indonesia. Memiliki suatu standar keselamatan merupakan kunci optimalisasi kerja. Semoga melalui pencapaian ini menjadi semangat Propan Raya untuk terus berinovasi disegala aspek,” ucap Kris Rianto Adidarma.

KOMENTAR

Ada 0 komentar untuk artikel ini
Berita Terkait
Prestasi hebat berhasil ditorehkan oleh CEO Propan Raya, Kris Rianto…
PT Propan Raya sebagai perusahaan cat asli Indonesia patut berbangga…
Pada Jumat, 26 Maret 2021 lalu melalui saluran online Youtube…
Kabar gembira terdengar dipenghujung tahun 2021, Propan Raya kembali meraih…
Pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik yang dikenal dengan nama…
Majalah Marketing kembali menyelenggarakan Marketing Award untuk keempat belas kalinya.…
PT Propan Raya terus melakukan dukungan terhadap perkembangan pembangunan ekonomi…
Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Klinik Darma Nusantara. Berkat komitmennya…
Masa pandemi tidak menyurutkan semangat majalah SWA untuk memberikan apresiasinya…
Propan Raya bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Dinas Perindustrian dan…
Tennokote dan Polyfloor, Cat Lantai Propan Raya berhasil meraih penghargaan…
ARCH:ID merupakan sebuah acara konferensi dan pameran arsitektur yang diselenggarakan…
Deretan pemenang Panasonic Gobel Awards 2018 telah dibacakan di Ballroom…
Propan Raya sebagai perusahaan cat asli Indonesia berhasil meraih penghargaan…
IAI Bali Awards kembali hadir memeriahkan pagelaran arsitektur di wilayah…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia, The 21…
Tagline “Go to Waterbased, Save The Planet” yang digaungkan PT…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang menghargai nilai arsitektur dan…
Sebagai perusahaan asli Indonesia yang sedang menggaungkan slogan “Think Big,…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia yang memiliki keterikatan dengan arsitek…
Demi memberikan informasi yang tepat terkait dengan pengecatan cat kayu,…
Badan Pendidikan & Pelatihan DPP REI dan PT Bank Tabungan…
Semua orang bisa menjadi pebisnis, tetapi belum tentu bisa mempertahankan…
Pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia bernama 'Indobuildtech…
PT Propan Raya kembali meraih prestasi yang membanggakan. Pada ajang…
Sabtu, 6 April 2019, komunitas Hobikayu bersama dengan Kementerian Pendidikan…
Propan Raya terus menunjukkan tajinya di industri tanah air. Sukses…
Demi semakin mendekatkan diri dengan para customer-nya, Propan Raya dan…
Baraya Hobi Kayu Jawa Barat merupakan tempat kumpulnya komunitas pecinta…
Puluhan pelukis mural dan artis graffiti dari berbagai daerah ikut…
Setelah menandatangani Nota Kerjasama (MOU) pada 24 Mei 2019 lalu,…
Di penghujung tahun 2015 lalu, PT Propan Raya resmi meluncurkan…
Propan Raya terus menyebarkan edukasi pengecatan kepada masyarakat Indonesia. Kali…
Kamis, 3 Juli 2019, DPD REI Banten (Dewan Pengurus Daerah…
Propan Raya bekerjasama dengan Perkumpulan Pelaku Usaha Bambu Indonesia (PERPUBI)…
Do it yourself atau biasa disingkat DIY untuk memperbaiki atau…
Komitmen PT Propan Raya dalam mengembangkan beragam produk inovasi cat…
Keberhasilan perusahaan salah satunya ditentukan oleh adanya kedisiplinan dalam menerapkan…
Pameran bahan bangunan, konstruksi, dan keramik yang dikenal dengan nama…
PT Propan Raya kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung seni dan…
PT Propan Raya bekerjasama Fakultas Arsitektur Desain dan Perencanaan, Institut…
PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) dan Glitch Art Management…
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia,…
Walikota Tangerang memberikan penghargaan kepada Propan Raya atas usaha dan…
BANDUNG - Destinasi Digital di Jawa Barat (Jabar) kembali bertambah,…
Majalah SWA dan Yayasan Kehati kembali menggelar malam penghargaan Indonesia…
Propan Raya, sebagai perusahaan cat yang peduli dengan kegiatan sosial,…
Sebagai bagian dari kegiatan penguatan internal kelembagaan, Indonesia Creative Cities…
Real Estate Indonesia (REI) kembali menyelenggarakan penghargaan Realestate Creative Awards…
Klinik Darma Nusantara berhasil menjadi yang terbaik di ajang Indonesia…
Propan Raya kembali mengadakan forum diskusi arsitek. Kali ini, Propan…
Asosiasi Chief Engineering (ACE) Indonesia menandatangani kontrak kerja sama (MoU)…
Sebagai perusahaan cat asli Indonesia, Propan Raya turut peduli dengan…
Menyadari akan bahaya global warming yang maha dahsyat, PT Propan…
Visi PT Propan Raya yang ingin menjadi perusahaan cat dan…
Kapal umumnya terbuat dari material kayu. Namun, Dosen institut Teknologi…
Walaupun dunia konstruksi tanah air menjadi salah satu sektor yang…
Hingar-bingar pesta perayaan Asian Games XVIII-2018 kian terasa. Berbagai persiapan…
Acara Makers BDG yang diselenggarakan komunitas Brotherwood Bandung dan didukung…
Acara Makers BDG yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 Agustus 2018,…
PT Propan Raya menerima penghargaan dari Pemprov DKI Jakarta pada…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Guna memberikan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa pengecatan rumah…
Dalam rangka pengembangan industri melalui “Program Pengembangan Industri Argo” dengan…
Pengecatan atap rumah di area fly over  Tapal Kuda mulai…
Selain memamerkan dan menjual produk catnya, ada agenda lain yang…
Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Propan Raya, ditengah pandemi nama…
Wilayah Tanah Tinggi, Tangerang, kerap dicap sebagai zona hitam karena…
Untuk menjawab kebutuhan finishing mebel dan furnitur kaum milenial, PT…
PT Propan Raya kembali menorehkan tinta emasnya pada ajang Social…
 Salah satu terobosan dari PT Propan Raya dengan mengeluarkan cat…
Semangat PT Propan Raya dalam mendukung kemajuan Arsitektur Indonesia terus…
PT Propan Raya kembali berpartisipasi pada pameran WoodTalk & Festival…
Klinik Darma Nusantara terus mengukir prestasi terbaiknya ditengah pelayanannya kepada…
Keputusan-keputusan bisnis seorang Chief Executive Officer (CEO) sangat menentukan nasib…
Propan Raya turut memamerkan berbagai macam produk catnya pada acara…
Beberapa pasang mata menatap tajam ke arah kami, tim Propan…
Bekerjasama dengan Ciputra Group, Propan Raya sebagai perusahaan cat asli…
Pameran IFMAC (International Furnitur Manufacturing Components) & Woodmac 2022 adalah…
International Flooring Technology atau dikenal juga dengan nama Floortech Indonesia…
PT Propan Raya turut berpartisipasi dalam acara gathering yang diselenggarakan…
Minimnya pemahaman masyarakat terkait dengan seni jalanan, terutama di Provinsi…
Dalam rangka mempertajam pengetahuan dan pengalaman tentang industri marine coating…
South-East Asian Sales Competition (SEASAC) 2022 merupakan sebuah kompetisi yang…
Indonesia kembali berduka. Sabtu, 22 Desember 2018, musibah tsunami melanda…
Anda seorang aplikator yang ingin menjadi tenaga ahli pengecatan? Bergabung…
Heboh dan meriah. Suasana inilah yang terekam pada acara pembukaan…
Dinobatkan sebagai lokomotif pengembangan Arsitektur Nusantara yang merupakan bagian dari…
PT Propan Raya resmi meluncurkan pabrik cat water based terbaru…
PT Propan Raya terus melebarkan pangsa pasarnya di dunia pengecatan…
PT Propan Raya turut berpartisipasi di acara WoodTalk & Festival…
PT Propan Raya turut menyemarakkan pameran INDEX MOZAIK Indonesia 2017…
Wood Creativity Fair 2019 digelar di Kota Batu, Malang, pada…
Dalam rangka memperkuat destinasi Tanjung Kelayang yang ditetapkan oleh Presiden…
Akademi Bambu Nasional (ABN) menyelenggarakan seminar dan workshop dengan tema…
PT Propan Raya menggelar acara bincang santai bertema “Mempercantik Interior…
Sukses mewarnai dan menggerakan para komunitas Do It Yourself (DIY)…
Artotel Project Series (APS) menyelenggarakan Artotel Week yang berlangsung di…