Foto
Begini Potret Peresmian Desa Waruken Sebagai Desa Budaya Suku Dayak Maanyan
Oleh: M Irfan Hidayatullah | 2018-05-14 11:45:49

Pemandangan sangat berbeda nampak terlihat pada area Balai Adat Dayak Maanyan yang terletak di Desa Waruken, Tabalong, Kalimantan Selatan. Jika dulunya balai adat ini hanya berupa bangunan panggung dari kayu yang tampak kusam, kini tampil lebih menarik. Tak hanya itu, area pekarangan yang pada awalnya hanya berupa lahan kosong pun kini sudah berubah dan tampil lebih memesona. Semua perubahan ini berkat dukungan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), PT Propan Raya, dan PT Kamadjaja Logistocs. Direktur YABN Okty Damayanti mengungkapkan beberapa alasan yang membuat YABN berniat mengubah Desa Waruken sebagai Desa Wisata. Inilah potret peresmian Desa Waruken.

Acara peresmian Desa Tabalong sebagai Desa Wisata di Kalimantan Selatan dilakukan pada tanggal 12 Mei 2018.
Saat seluruh tamu undangan hadir, semua diberikan salam penghormatan dengan memberikan kain khas Dayak oleh Kapala Adat.
Acara peresmian ini dihadiri oleh Jajaran penting pemerintahan Desa Waruken, pemerintahan Kecamatan Tanta, pemerintahan Kabupaten Tabalong, dan para petinggi dari penyelenggara.
Pada acara peresmian ini juga dilakukan tanda tangan kerjasama antara Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) dengan PT Propan Raya,dan PT Kamadjaja Logistocs.
Pada acara Perayaan Pesona Budaya Desa Waruken disuguhkan berbagai tarian lokal dan ritual 'Nahur Lajar' sebagai proses peletakan batu pertama sekaligus permohonan ijin kepada yang punya tanah.
Para undangan foto bersama di depan dinding mural yang menggunakan cat PT propan raya. Dinding ini menceritakan Legenda Nauhara.
Kepala Desa Waruken Dedy Unjang menceritakan tentang legenda Nauhara dan proses awal terbentuknya Desa Waruken.
Foto tim PT propan Raya dengan Ibu Bupati dan para penari di akhir acara.

Foto Pilihan

Melihat Serunya Acara Indonesia Architect Creative Forum (IACF) 2019

Propan Raya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar dan Badan Kreatif (Bkraf) Kota Denpasar menyelenggarakan acara Indonesia Architecture Creative Forum (IACF) 2019. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, Triawan Munaf; Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M.; Deputi Infrastruktur Bekraf, Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, M.H.; Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si.; Ketua IAI Provinsi Bali, I Kadek Pranajaya, ST., MT., IAI., AA; Presiden Direktur PT Propan Raya, Hendra Adidarma, CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, para pejabat tinggi lainnya, arsitek, pebisnis, dan masih banyak lagi. Selain para tamu undangan yang datang luar biasa, acaranya pun tak kalah hebat. Inilah keseruan yang terangkum oleh lensa Propan News.

Foto Lainnya