Foto
Menengok Rangkaian Acara ICCN 2018 di Padang
Oleh: M Irfan Hidayatullah | 2018-05-07 16:21:49

Indonesia Creative Cities Network (ICCN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Padang, Sumatera Barat. Acara ini bertujuan mengangkat berbagai pendalaman strategi kota kreatif dalam beragam perspektif, melalui sesi diskusi panel dengan narasumber yang ahli di bidangnya. Selain itu, acara Rakornas ICCN kali ini merupakan pertemuan persiapan Indonesia Creative Cities Conference ke-4 (ICCC4) dan Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2018 yang akan dilangsungkan di Yogyakarta, 15-20 Oktober 2018. Acara yang diselenggarakan pada 4-6 Mei 2018 ini bertempat di Kyriad Hotel Bumiminang Padang. Selain didukung Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), acara ini didukung oleh perusahaan cat asli Indonesia, PT Propan Raya.

Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik dalam sambutannya sangat mendukung apa yang dilakukan ICCN. Apalagi, program ICCN sejalan dengan program Bekraf.
Acaranya mengusung tema kolaborasi dalam pengembangan ekonomi kreatif yang terbuka bagi umum dan pemerintah daerah, serta dikemas dalam seminar Nasional dengan tema Ekosistem Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Ruang Kota
Selain ibeberapa program di atas, acara Rakornas ini ditujukan sebagai ajang silaturahmi sesama anggota ICCN dan berbagi pengalaman dari para stakeholders kota kreatif se-Indonesia
Direktur PT propan Raya Yuwono Imanto menjelaskan beberapa program kreatif yang telah dilakukan perusahaan, dari mulai Sayembara Desain Arsitektur Nusantara, program beautifikasi kampung, pengecatan mural, revitalisasi kota tua (heritage building) dan masih banyak lagi.
Bagi PT Propan Raya ada banyak alasan kenapa perusahaan mensukung ICCN. Salah satunya karena dunia kreatif sangat melekat dan sudah mendarah daging. Bahkan, Propan dinobatkan sebagai Indonesia Most Creative Companiy pada tahun 2015 dan 2018 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA
Acara ICCCN 2018 ini juga dirangkai pula dengan berbagai program lokal. Salah satunya mendatangi objek wisata Mandeh (Raja Ampatnya Padang) dan kampung Batik di Pesisir Selatan.
Acara ICCN 2018 ditutup dengan kunjungan ke rumah Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni. Acara ini berlangsung dengan penuh keakraban dan kekeluargaan.

Foto Pilihan

Propan turut serta mewarnai acara JHUB Art Festival

Jhub Art Festival merupakan sebuah acara yang diadakan oleh Jimbaran Hub, sebuah tempat dimana semua insan berkumpul untuk menuangkan sisi kreatifnya. Acara ini berlangsung selama 8-29 Mei 2021 di Jimbaran Hub, Badung, Bali. Konsep yang diusung oleh kegiatan ini adalah art exhibition, workshop, dan ditutup oleh pembuatan mural oleh beberapa artist. Mural yang dibuat bertemakan bumi dengan mengkolaborasikan kreatifitas tiap artist. Pada acara kali ini Propan Raya turut berkolaborasi dengan memberikan cat terbaiknya untuk keperluan mural.

Foto Lainnya