Foto
Pelatihan Pengecatan Bareng Masyarakat Dayak di Desa Warukin
Oleh: M Irfan Hidayatullah | 2018-03-27 14:02:17

PT Propan Raya dan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) melakukan pelatihan pengecatan di Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Desa ini direncanakan akan menjadi destinasi budaya di Kalimantan Selatan. Salah satu potensi positif yang dapat membuat desa ini menjadi desa budaya karena Desa Warukin merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Tabalong yang dihuni oleh Suku Dayak Maanyan. Inilah potret keseruan selama proses pelatihan pengecatan dengan masyarakat sekitar.

Untuk terus melestarikan budaya Suku Dayak Maanyan, salah satu yang dilakukan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) dan PT Propan Raya adalah menjadikan Desa Warukin sebagai desa tujuan wisata.
Program revitalisasi desa dengan mempercantik dan menambahkan ornamen-ornamen motif khas Dayak Warukin di bangunan-bangunan publik pun menjadi target utama.
Tujuannya dari acara ini adalah agar budaya Dayak Maanyan semakin dikenal semua orang, terutama masyarakat setempat. Apalagi, daerah ini memiliki latar belakang suku dan adat istiadat yang masih kental, serta lokasi yang cukup strategis dari Ibu Kota Kabupaten (12 km).
Apalagi, di desa ini terkenal dengan legenda seorang tokoh bernama Naworaha yang menjadi cikal bakal lahirnya Desa Warukin. Untuk mengenang sejarah ini, rencananya akan digambar di satu dinding, yakni sebuah gambar mural yang menceritakan sang Tokoh Nawohara. Lokasinya berada di depan Balai Adat.
Agar tak terjadi kesalahan pengecatan baik pada area Balai Adat, dinding mural, maupun fasilitas umum lainnya, PT Propan Raya juga menerjunkan tenaga ahli pengecatan untuk memberikan pelatihan dasar pengecatan. Adalah Product Marketing Officer Hendrikus Yanuar, yang memberikan materi presentasi pelatihan.
“Saya atas nama warga mengucapkan terima kasih. Semoga, ini menjadi langkah awal untuk membuat Desa Warukin menjadi salah satu desa tujuan wisata dan masuk ke dalam agenda wisata Kementrian Pariwisata,” tutup Kepala Desa, Dedi Unjang.

Foto Pilihan

Melihat Serunya Acara Indonesia Architect Creative Forum (IACF) 2019

Propan Raya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar dan Badan Kreatif (Bkraf) Kota Denpasar menyelenggarakan acara Indonesia Architecture Creative Forum (IACF) 2019. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, Triawan Munaf; Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M.; Deputi Infrastruktur Bekraf, Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, M.H.; Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si.; Ketua IAI Provinsi Bali, I Kadek Pranajaya, ST., MT., IAI., AA; Presiden Direktur PT Propan Raya, Hendra Adidarma, CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, para pejabat tinggi lainnya, arsitek, pebisnis, dan masih banyak lagi. Selain para tamu undangan yang datang luar biasa, acaranya pun tak kalah hebat. Inilah keseruan yang terangkum oleh lensa Propan News.

Foto Lainnya